Khasiat Akar Wangi – Manfaat Akar Wangi Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Akar Wangi – Selamat datang dan selamat berkunjung di situs resmi kami www.jamuobat.com seperti biasa kami akan memberikan beberapa informasi menarik seputar tanaman herbal. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas “Khasiat akar wangi”. Sebelum ke pokok pembahasan kita akan menjeskan apa itu akar wangi ? Akar Wangi atau Naswastu adalah sejenis tumbuhan rumput yang berasal dari India. Tanaman akar wangi ini memiliki nama latin Vetiveria Zizanioides L. Nash. Tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun dan sudah dikenal sejak lama sebagai sumber wangi wangian. Tanaman akar wangi ini merupakan tumbuhan yang hampir menyerupai tanaman padi tumbuh secara tegak dan memiliki tinggi mencapai 1-2,5 meter. Akar wangi ini biasanya tumbuh dipinggir sawah yang berfungsi sebagai tanggul alami untuk menopang tanah.

Khasiat Akar Wangi

Khasiat Akar Wangi – Ciri Akar Wangi

Akar wangi merupakan bagian dari jenis tanaman minyak yang dapat disuling dan menghasilkan minyak atsiri. Akar wangi ini memiliki batang yang lunak, beruas ruas dan juga berwarna putih. Tinggi tanaman akar wangi ini dapat mencapai 2,5 meter dan berdiameter 2-8 mm. Ciri dari daun akar wangiyaitu berbentuk garis, pipih, kaku, dan juga permukaan bawah daun licin. Daunnya bisa mencapai panjang 100 cm, agak kaku tidak lebar dengan warna daun hijau kelabu. Bunganya mengumpul menjadi pucuk lembaga dengan cabang cabang cabang yang memiliki bentuk seperti daun telinga, agak besar dan berwarna hijau ataupun ungu. Akar tanaman wangi ini sangat kuat sehingga tahan terhadap erosi tanah. Cara berkembang biak tanaman akar wangi ini menggunakan biji dan vegetatif. Habitat tanaman akar wangi berada pada dataran rendah dan tinggi yang banyak memiliki sinar matahari dan curah hujan yang cukup.

Kandungan yang terdapat pada akar wangi diantaranya :

  • Minyak atsiri
  • Asam Vetivenil
  • Vetiverol Ester
  • Vetiverol
  • Alpha-vetivone 2,5-6,3 %
  • Vetiveron
  • Beta-vetispirene 1,6–4,5 %
  • Asam Vevitena
  • Vetiselinenol 1,3–7,8 %
  • Khusimol 3,4–13,7 %

Khasiat Akar Wangi

  • Mengobati reumatik

Akar wangi memiliki khasiat untuk mengobati reumatik. Tidak hanya itu akar wangi juga mengobati penyakit asam urat. Cara yang dapat anda lakukan untuk mengolah akar wangi yaitu dengan menggosok gosokan akar wangi pada bagian sendi yang terasa sakitlalu tunggu hingga beberapa saat sampai rasa sakit itu mulai menghilang. Lakukan hal semacam ini pada saat asam urat dan reumatik anda kambuh agar rasa sakit tidak datang lagi. Hal tersebut merupakan salah satu khasiat akar wangi bagi kesehatan tubuh.

  • Mengatasi panas dan demam

Akar wangi merupakan bahan tradisional yang ampuh untuk mengatasi panas dan demam. Demam ini biasanya dialami pada anak anak. Akar wangi sangatlah aman digunakan anak anak berbeda dengan obat berbahan kimia yang tidak dianjurkan untuk anak anak karena sistem metabolisme dalam tubuhnya belum stabil.

  • Menghilangkan bau badan

Akar wangi memiliki khasiat untuk menghilangkan bau badan yang sangat mengganggu. Bau badan ini dapat disebabkan oleh bakteri dan juga keringat yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Maka dari itu gunakan akar wangi sebagai ramuan untuk menghilangkan bau badan, cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan berendam dengan air rebusan akar wangi sambil menggosok gosok kulit dengan lembut.

  • Membunuh serangga parasit

Tidak hanya mengobati berbagai penyakit ternyata akar wangi mampu menuntankan berbagai macam serangga pengganggu. Hal ini dikarenakan akar wangi memiliki kandungan isolasi nootkatone yang dapat mengusir serta membunuh berbagai serangga yang ada didalam rumah. Selain itu rumah anda juga akan beraroma harum yang merupakan efek dari akar wangi tersebut.

  • Menghilangkan ketombe

Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan menumbuk akar wangi ini, kemudian gosok gosokan ke bagian kuli kepala secara menyeluruh. Lakukanlah secara rutin sebelum mandi.

  • Mengobati luka

Akar wangi dapat mengobati luka pendarahan dengan cepat dan membuat luka tersebut menjadi lebih cepat kering. Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan menumbuk akar wangi sampai halus. Kemudian oleskan ke area yang terkena luka. Setelah dioleskan tutupi area tersebut menggunakan perban ataupun kain kasa.

Masih banyak lagi khasiat akar wangi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Sekian penjelasan kali ini mengenai “Khasiat akar wangi” semoga bermanfaat bagi kita semua dan menjadi solusi untuk kesembuhan berbagai penyakit anda.

Terimakasih