Khasiat Dan Manfaat Daun Saga Rambat Untuk Pengobatan Alami

Khasiat Dan Manfaat Daun Saga Rambat Untuk Pengobatan Alami– Salam sehat dan Selamat datang kembali di situs resmi kami www.jamuobat.com . Situs resmi yang selalu memberikan informasi dan pembahasan-pembahasan tentang artikel kesehatan. Untuk kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas dan memberi informasi tentang Khasiat Dan Manfaat Daun Saga Rambat Untuk Pengobatan Alami. Mungkin anda sudah tau apa itu daun saga rambat?

Khasiat Dan Manfaat Daun Saga Rambat Untuk Pengobatan Alami

Daun saga rambat adalah salah satu tumbuhan liar yang dapat ditemukan di pinggir jalan atau perkarangan rumah. Daun saga rambat memliki nama ilmiah (Abrus Percatoruis). Biasanya daun saga rabat ini bagi berbagai orang diangap menganggu perkarangan atau halaman rumah sehingga sering dipotong habis.

Namun ternyata daun saga rambat memiliki kandungan senyawa yang bisa memberikan manfaat dan khasiat bagi kesehatan kita. Selain itu daun saga rambat ini bisa menjadi pengobatan alami.

Daun saga rabat jika dikonsumsi rasanya juga tidak pahit, namun sedikit manis. Walaupun daunya kecil, namun khasiat untuk kesehatan dan pengobatan tidak bisa diangap remeh. Karena daun saga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh seperti:

  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B6
  • Alkaloid yang berperan dalam meredakan nyeri rematik
  • Kalsium oksalat
  • Glisirizin
  • Polygalacturomic acid
  • Flisirizinat
  • Pentosan

Dengan segudang kandungan yang dimiliki oleh daun saga rabat ini, maka tak heran daun saga juga memliki segudang khasiat. Beberapa fakta terbukti daun saga rabat ini sering dimanfaatkan sebagai ramuan obat alami untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan seperti berikut ini:

Berikut Khasiat Dan Manfaat Daun Saga Rambat Untuk Pengobatan Alami

Mengobati Sariawan Dan Mejaga kesehatan Mulut

Sariwan biasanya membuat kita menjadi tidak enak untuk makan, dan juga berbicara. Karena itu menjaga kesehatan mulut merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Namun jangan terlalu bingung untuk menangani kesehatan mulut, sekarang anda bisa gunakan daun saga untuk dijadikan obat sariwan dan bisa menjaga kesehatan mulut, karena kandungan vitamin C yang ada didalam daun saga rabat ini dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasinya.

Mengobati Amandel

Kandungan senyawa anti inflasi pada tanaman ini ternyata mamapu mengoabti meredakan pembengkakan amandel. Untuk cara pengobatanya cukup mudah, cukup dengan rutin mengkonsumsi rebusan daun saga rabat, bisa untuk meredakan pembengkakan amandel dan berperan dalam mengecilakan amandel.

Mengobati Peradangan Mata

Peradangan mata biasanya dirasakan dan ditandai dengan rasa gatal, pedih dan pegal do area mata kemudian disusul dengan pembengkakan. Ternyata daun saga rabat ini efektif untuk mengatasi peradangan mata. Cara pengobatanya cukup mudah, cukup ambil beberapa helai daun saga dan giling hingga halus. Setelah itu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan beruap. Kemudian kumpulkan uapnya dan gunakan sebagai obat tetes mata.

Mengobati Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Daun saga juga bisa efektif untuk menurunkan tekana darah tinggi. Untuk cara pengobatanya sangat mudah, sediakan bahan-bahan seperti 10 helai daun saga rabat, daun selamagi, daun kejibeling, daun pegagan dan buah waluh putih. Lalau potong-potong buah waluh putih menjadi ukuran yang lebih kecil, stelah itu masukan empat gelas ari dan rebusan semua bahan yang telah disiapkan hingga air hanya tersisia sekitar 2 gelas. Lanjut minum dan ulangi terus pemaikanya hingga tekanan darah anda benar-benar turun.

Mengobati Bronchitis

Daun saga rabat juga bisa mengobati bronchitis. Cara mengobatinya cukup mengambil 15 belas tnagkai daun saga yang masih segar lalu cuci sampai bersih. Setelah itu rebus daun saga rabat ini dengan dua gelas air hingga menyusut sampai satu gelas air saja. Lalu dinginkan, saring air rebusan tersebut. Kemudian minumlah ramuan ini dengan ketentuan satu gelas satu hari.

Mengobati Sakit Kuning

Penyakit kuning ini disebabkan karena kegagalan fungsi hati dalam memproses sel darah merah. Akibatnya terjadi penumpukan zat bilirubin di darah,zat memiliki warna kekuningan. Hal itu yang membuat penderita sakit kuning mengalami perubahan warna kulit menjadi kekuningan. Namun anda bisa mengoabti sakit kuning ini dengan mengunakan ramuan alami dari daun saga rabat ini. Caranyapun cukup mudah dibuat, cukup siapkan beberapa helai daun saga rabat, lalau rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah itu saring air hasil rebusan dan minum di waktu pagi dan sore hari. Karen kandungan glukosa dalam daun saga akan memeberikan nutrisi tmabahan untuk menormalkan kembali fungsi hati.

Mengobati Batuk Kering

Untuk mengobati batuk kering anda cukup ambil beberapa tangkai daun saga rabat dan cuci daun tersebut hingga bersih. Lalu siapkan juga kayu manis kemuidan rebus semua bahan dengan 2 gelas air hingga mendidih dan sisakan air rebusan sebanyak setengah gelas. Kemudian ramuan itu minum 2 kali sehari dengan takaran sekali munim setengah gelas.

Nah, mungkin itu sedikit pembahasan tentang Khasiat Dan Manfaat Daun Saga Rambat Untuk Pengobatan Alami. Ternyata tanaman saga rambat yang kita kenal sebagai tanaman yang menggangu pekarangan rumah dan sering kita buang memiliki berbagai khasiat untuk berbagai pengobatan. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan sesuatu yang berasal dari alam, karena terkadang sesuatu yang terlihat tidak berguna ternyata memiliki berbagai manfaat yang sangat besar seperti daun saga rabat ini.

Semoga dengan adanya artikel Khasiat Dan Manfaat Daun Saga Rambat Untuk Pengobatan Alami ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat daun rabat. Selain itu pola hidup sehat akan lebih menguntungkan untuk anda nantinya di masa depan. Selamat mencoba dan Terimakasih. Salam Sehat.