Khasiat Sambiloto

Khasiat daun Sambiloto – Hallo Sobat Sehat Indonesia ..?? kembali lagi bersama saya admin nya jamu obat yang hadir kembali untuk memberikan informasi kesehatan yang menarik hanya untuk anda. Seperti biasanya, kali ini kita akan membahas menganai Khasiat tanaman herbal. Salah satu yang akan jadi pembahasan kita kali ini yakni Khasiat daun sambiloto. Apa kalian tahu apa itu Sambiloto? Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai sambiloto , Langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

khasiat daun sambiloto

Khasiat Daun Sambiloto – Si Pahit Yang menyehatkan

Tahukah kalian bahwa negara kita, Negara Indonesia menjadi salah satu negara yang di juluki sebagai paru-paru dunia. Mengapa? karena Indonesia memiliki tanah yang subur untuk di tanami berbagai macam jenis tanaman. Salah satunya tanaman obat yang akan kita bahas kali ini. Sambiloto merupakan salah satu tanaman yang sering di jadikan alternatif dalam pengobatan. Sambiloto atau dalam bahasa latin yang dikenal dengan nama Andrographis paniculata ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki rasa sangat pahit. Namun di balik rasa pahit itu, sambiloto ini juga memiliki kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sambiloto memiliki kandungan seperti saponin, flavonoid, alkaloid dan tanin. Sera memiliki kandungan kimia lainnya seperti laktone, panikuline, kalmigen, dan hablur kuning yang menjadi penyebab rasa pahit dalam sambiloto.

Mengingat banyaknya kandungan senyawa dalam daun sambiloto, membuat para ahli kesehatan melakukan penelitian terhadap khasiat nya. Dan benar, jika sambiloto yang telah di jadikan bahan obat pada jaman dahulu ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti hepatitis, infeksi saluran empedu, disentri basiler, tifoid, diare, influenza, radang amandel, abses paru, malaria, radang paru dan lain sebagainya.

Khasiat Dan Cara Mengolah Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Di balik rasanya yang pahit, dan banyak orang yang tidak suka dengan ciri khas nya yang pahit. Namun, daun sambiloto ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti di berikut ini:

  • Daun Sambiloto untuk Mengobati Diabetes

Khasiat daun sambiloto yang pertama ialah untuk mengobat Diabetes atau kencing manis, yang merupakan satu penyakit yang di tandai dengan naiknya kadar gula dalam darah hingga melebihi batas normal. Oleh karena itu pafa tahun 2004 Fakultas Farmasi GGM melakukan penelitian terhadap khasiat sambiloto ini pada tikus jantan. Dan benar, ternyata kandungan senyawa andrographolide terbukti mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah se ekor tikus jantan.
untuk meracik sambiloto sebagai bahan pengobatan diabetes, dapat di racik dengan cara berikut ini :
Ambil 5-6 helai daun sambiloto, cuci hingga bersih <=> Siapkan 1 gelas air panas <=> Seduh daun sambiloto dalam gelas berisi air panas <=> Dinginkan, kemudian saring <=> Setelah dingin, air rebusan daun sambiloto tersebut dapat segera di minum. Lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari, hingga kadar gula dalam darah bisa menurun.

  • Daun Sambiloto Untuk Menurunkan Tekanan Darah

khasiat daun sambiloto berikutnya yaitu untuk menurunkan tekanan darah. Normal tekanan darah dalam tubuh yaitu sekitar 140/80, jika tubuh mengalami tekanan darah lebih dari itu maka tubuh mengalami tekanan darah yang tinggi atau hipertensi. Namun dalam sambiloto mengandung senyawa lengkap seperti zat andrographolide, alakloid dan kalium yang telah di buktikan mampu mengatasi dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, dalam sambiloto juga mengandung kalium tinggi yang bermanfaat untuk mengeluarkan air dan garam dari dalam tubuh dengan perbandingan jika sambiloto 15,9 gram kering maka dalam sambiloto kering itu mengandung sekitar 417 mg kalium dan 26 mg natrium. Cara menggunakan daun sambiloto untuk menurunkan kadar tekanan dalam darah sangat mudah, cukup dengan ambil 5-7 lembar daun sambiloto yang segar <=> cuci hingga bersih <=> rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menjadi 3/4 gelas <=> kemudian saring dan dinginkan, setelah dingin minum air rebusan sambiloto tersebut.

  • Membantu Dalam Pengobatan Kanker

khasiat daun sambiloto berikut nya ialah untuk mengobati kanker. Banyak para ahli kesehatan dunia berlomba-lomba untuk menemukan sebuah penemuan obat yang mampu membasmi kanker. Namun, salah satu dari mereka menyebutkan bahwa kandungan andrographolide dalam daun sambiloto ini dapat membantu dalam proses pengobatan kanker. Selain itu, daun sambiloto memiliki sifat anti-kanker yang terbukti mampu melawaan dan membasmi sel kanker dalam tubuh tanpa merusak sel sehat yang lainnya. untuk pengobatan kanker menggunakan daun sambiloto ini sangatlah mudah, cukup dengan menyiapkan 6-8 lembar daun sambiloto yang masih segar <=> rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih, diamkan hingga menjadi 1 gelas <=> kemudian dinginkan, setelah dingin air rebusan sambiloto dapat langsung di minum. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Selain khasiat yang telah kita sebutkan tadi, ternyata khasiat daun sambiloto lainnya yaitu untuk mengobati HIV/AIDS. Namun, para ahli kesehatan belum bisa memastikan dan masih perlu penelitian khusus.

Efek Samping Penggunaan Sambiloto

Selain memiliki khasiat yang sangat luar biasa, namun penggunaan daun sambiloto yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti mual, pusing, muntah, ruam dan kelelahan. Kami sarankan untuk anda yang ingin menjadikan sambiloto sebagai alternatif pengobatan di rumah, untuk memperhatikan dosis konsumsi nya agar meminimalisir efek samping yang terjadi

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai khasiat daun sambiloto untuk kesehatan. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda.. Salam Sehat..!!