Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Sirih .. Hallo Sobat..?? ketemu lagi bersama saya Admin nya Jamu Obat , seperti biasanya saya kembali untuk memberikan Informasi menarik dari dunia kesehatan. Kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Khasiat Daun Sirih Untuk kesehatan, Sepertinya sudah tidak asing lagi ya mendengar apa itu daun sirih.  Daun sirih memang sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai salah satu tanaman obat. Bahkan nenek moyang kita jaman dulu menggunakan daun sirih untuk mengobati berbagai penyakit, Berikut informasi selengkapnya:

khasiat daun sirih

Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun Sirih (Piper betle)Merupakan salah satu tumbuhan yang banyak tumbuh subur di Indonesia, Daunnya berbentuk seperti jantung batang nya berwarna cokelat, tanaman ini tumbuh merambat hingga setinggi 15 meter. Daun sirih sejak dulu dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal itu dikarenakan Daun sirih memiliki kandungan senyawa seperti tanin, saponin, eugenol, dan minyak essential. Selain itu, Daun sirih juga memiliki sifat anti-septik, anti-inflamasi, serta pendingin kulit. Sejak dahulu Khasiat daun sirih yang lebih dikenal yaitu untuk mengatasi berbagai masalah kewanitaan, namun selain untuk mengatasi masalah kewanitaan ternyata kandungan senyawa yang terdapat pada daun sirih mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Tidak hanya jaman dahulu saja, bahkan hingga saat ini daun sirih masih dijadikan sebagai alternatif pengobatan. Di jaman modern seperti saat ini, tidak sedikit produk kesehatan berbasis herbal menggunakan daun sirih sebagai bahan utama pembuatannya.

Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Berikut khasiat daun sirih yang harus anda ketahui:

  • Menyembuhkan Batuk

Batuk merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi, biasanya akan menyembabkan tenggorokan gatal dan sedikit gangguan pada pernapasan. Namun kandungan yang terdapat pada daun sirih dipercaya mampu menyembuhkan batuk dan melegakan pernapasan, kandungan daun sirih tersebut bekerja membunuh virus penyebab batuk dalam tubuh.

  • Menghentikan Mimisan

Mimisan satu gejala panas dalam yang di tandai dengan keluarnya darah dari hidung, biasanya sebagian orang akan panik jika mengalami mimisan. Namun mimisan dapat di hentikan menggunakan daun sirih, hal itu dikarenakan daun sirih memiliki kandungan Fenil poppies dan terpene. Kandungan seperti itu akan membantu menghentikan pendarahan di hidung. Cara Pemakaian daun sirih untuk mimisan sangatlah mudah, cukup gulung 1 lembar daun sirih kemudian masukan kedalam hidung yang mimisan.

  • Mengatasi Masalah Kewanitaan

Daun sirih sudah sejak jaman dahulu dikenal ampuh mengatasi berbagai masalah kewanitaan seperti gatal, bau, keputihan pada vagina bahkan daun sirih juga mampu melancarkan menstruasi pada wanita, Hal itu dikarenakan daun sirih memiliki kandungan senyawa seperti anti-septik yang baik. Rebus 3-5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air,  Untuk mengobati masalah menstruasi bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirih secara teratur 1-2 kali dalam sehari. Untuk mengobati gatal dan keputihan, air rebusan daun sirih dapat di basuhkan ke langsung ke vagina.

  • Mengobati Demam Berdarah

Study kesehatan menyebutkan bahwa, kandungan yang terdapat pada daun sirih ternyata memiliki kemampuan dapat menyembuhkan demam berdarah. Bahkan sejak jaman dahulu, daun sirih digunakan oleh para orang tua untuk menurunkan demam pada anak. Daun sirih memiliki senyawa antiseptik dan antiinflamasi yang di percaya mampu menurunkan serta menyembuhkan demam berdarah.

  • Mengobati sakit Dan Iritasi Mata

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan terjadi iritasi dan peradangan, namun daun sirih menjadi alternatif pengobatan terbaik untukn menyembuhkan mata sakit dan iritasi. Air Rebusan daun sirih ternyata menjadi alternatif terbaik dijadikan alternatif terbaik.