Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh Dan Untuk Pengobatan – Selamat datang kembali disitus resmi kami www.jamuobat.com. Situs resmi yang selalu setia memberikan berbagai informasi-informasi kesehatan. Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi dan sedikit membahas tentang Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh. Mungkin kita pernah mengkonsumsi kangkung, karena tanaman ini tentunya biasa digemari oleh masyarakat luas untuk dijadikan santapan makanan pendamping nasi. Selain mudah di dapatkan, tanaman ini bisa kita beli dengan harga yang sangat murah dan sangat terjangkau oleh semua kalangan. Ternyata kangkung tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumi, kangkung juga sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh, malahan bisa untuk dijadikan obat dan pencegah berbagai penyakit.

Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh Dan Untuk Pengobatan

Kangkung memang jenis tanaman yang sudah banyak dibudidayakan oleh petani di indonesia sejak dahulu. Tanaman kangkung merupakan salah satu tanaman yang termasuk ke dalam bangsa sayur-sayuran yang mempunyai nama latin Convolvulaceae.  Tanaman ini mudah ditemui hampir di seluruh wilayah indonesia, terutaman di daerah yang memiliki aliran air dengan baik, selain mudah ditemui di pedesaan, kangkung juga banyak ditemui di pasar tradisonal maupun supermarket. Pada zaman dahulu sayuran ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai olahan untuk bahan baku masakan yang ada di dapur. Yang sering kita ketahui sayuran ini suka di sajikan berbagai macam masakan seperti, tumis kangung, cah, dan sebagai lalapan.

Selain itu ternyata kangkung mengandung berbagi zat gizi yang pastinya baik untuk kesehatan tubuh seperti mengandung:

  • Vitamin C 120 mg
  • Vitamin K 817 mcg
  • Vitamin B 0,1 mg (Thiamin)
  • Vitamin B2 0,1 mg (Riboflavin)
  • Vitamin B3 2,0 mg (Niasin/potasium)
  • Vitamin B5 0,1 mg (Asam pantotenat)
  • Vitamin B6 0,3 mg (Piridoksin)
  • Vitamin B8 29 mcg (Inositol)

Seperti data nutrisi diatas, sangat terbukti kalau sayur kangkung mempunyai Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh.

Berikut Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh

Sebagai Obat Sulit Tidur (Insomnia)

Kangkung sangat terkenal sebagai pemicu kantuk. Bagi yang suka kesulitan untuk tidur atau mempunyai insomnia, sangat di saranakan untu mengkonsumsi kangkung. Caranyapun mudah hanya tumis kangkung layaknya sebagai makanan pelengkap nasi.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi seringkali orang tersebut diakitkan dengan resiko gejala penyakit jantung. Ternyata hal tersebut memang benar, karena dimana seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka saluran pembuluh arteri yang menyalurkan antra jantung ke sulurh tubuh dapat mengecil atau tersumbat oleh tumpukan plak lemak jahat tersebut. Bagi anda yang memliki kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh sebagiknya segera untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cara alami taitu dengan sering mengkonsumsi kangkung secara rutin.

Mencegah Diabetes

Pada tahun 2013 para peneliti berhasil menemukan khasiat rutin makan kangkung untuk mencegah diabetes pada ibu hamil dan bayinya. Pada penelitan dalam Journal of Diabetes ini mencatat kangkung bisa bekerja sebagai antioksidan. Karena antioksidan tersebut mampu menangkal oksidasi penyebab diabetes pada sel-sel tubuh ibu hamil dan janin.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sangat disarankan bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan jantung, karena jantung merupakan salah satu komponen di dalam tubuh kita yang mempunyai fungsi utama yang sangat vital. 80% seseorang meninggal dunia disebabkan oleh resiko efek samping penyakit jantung, salah satunya diakibatkan oleh rokok. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kita bisa segera berhenti merokok dan imbangi dengan mengkonsusmi daun kangkung sebagai masakan sehari hari. Karena sayuran kangkung terdapat vitamin C dan Betakaroten sangat tinggi. Dengan itu manfaat dari mengkonsumsi sayuran kangkung akan bisa membantu memulihkan gangguan kesehatan jantung.

Menjaga Kesehatan Mata

Ternyata kangkung juga bisa untuk menjaga kesehatan mata, karena sayuran kangkung ini terdapat kandungan vitamin A, karotenoid, dan lutin. Ketika kandungan vitamin dan mineral ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu dapat membantu mencegah katarak.

Sebagai Antioksidan

Pada sayuran kangkung terdapat kandungan vitamin C dan Betakaroten manfaat dari kedua senyawa tersebut ternyata sebagai penangkal virus atau bakteri jahat yang dapat masuk ke dalam tubuh kita melalui udara ataupun makan. Dengan kandungan tersebut tentunya sayur kangkung sangat penting untuk kita butuhkan. Selain untuk bisa menjaga kesehatan mata, ternyata kangkung juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai antioksidan.

Mencegah Dehidrasi

Kandungan berbagai jenis mineral dalam kangkung ternyata bisa membuat mencegah dehidrasi. Karena mineral seperti kalium dan natrium yang ada dalam kangkung bertangung jawab untuk menjaga kesimbangan cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh. Maka dari itu kangkung bisa mencegah kehilangan terlau banyak cairan atau kita sering dikenal dehidrasi.

Mengatasi Susah Buang Air Besar

Khasiat dari sayur kangkung ini bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasai susah biang air besar atau sembelit. Karena kandungan serat tinggi di dalam kangkung sangat baik untuk di manfaatkan untuk mengatsi susah baunga air besar.

Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid

Mungkin sering kali dirasakan oleh kaum hawa merasakan nyeri pada saat haid. Kangkung ini ternyata juga bisa mengurangi rasa nyeri yang tak tertahankan pada saat haid. Untuk caranya cukup menumbuk daun kangkung lalu tambahakan air hangat, setelah itu saring dan tambahkkan madu agar ada rasa manis saat di minum. Lalukan hal ini apabila disaat haid anda merasakn sakit.

Mencegah Sariawan

Kangkung juga mampu mencegah penyakit sariawan. Karean kangkung mengandung Vitamin C, yang pastinya vitamin C dapat mencegah sariawan dan gusi berdarah. Apabila anda sedang sakit gigi, kangkung bisa diajadikan obat sakit gigi, caranya cukup mudah anda cukup mengunah daun kangkungnya saja. Karena daun kangkung mengangung antisepetik alami yang dapat membunuh kuman pada gigi.

Ternyata begitu banyak Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh. Setelah membahas berbagai khasiat dan kandungan kangkung, kita dapat menyimpulkan bhwa makanan yang murah dan mudah didapatkan ternyata sangat baik untuk kesehatan. Namun dibalik kesempurnaanya itu pasati ada efek sampingnya atau kelemahanya. Efek samping dari kangkung ialah dampaknya bagi tubuh yang bisa dibuat lemas, selain itu kangkung bisa menyebabkan kantuk.

Mungkin itu pembahasan dan informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa terbantu untu menjadikan tubuh anda lebih sehat dengan mengkonsumsi sayur kangkung. Terimakasih