Khasiat Kemuning Bagi Kesehatan dan Pengobatan

Khasiat Kemuning Bagi Kesehatan dan Pengobatan – Hallo sobat??? Gabung kembali bersama saya admin dari jamuobat.com. Nah, sebelum mengulas pembahasannya, saya mau tanya terlebih dahulu. Apa di antara sobat ada yang tahu kalau tanaman kemuning memiliki kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh? Nah, jangan khawatir bagi sobat yang penasaran dengan khasiat kemuning ini. Karena pada pertemuan kita kali ini saya akan berbagi informasi mengenai khasiat kemuning yang telah banyak diketahui dapat membantu mengobati berbagai macam penyakit. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya bersama!!!

Kemuning yang memiliki bahasa ilmiah Murraya Paniculata merupakan tanaman yang diketahui berasal dari daratan India, yaitu kawasan Asia Selatan. Di Indonesia sendiri hampir di setiap daerah tanaman ini memiliki nama yang berbeda. Beberapa naman lain dari kemuning berdasarkan daerah nya yaitu :

  • Di daerah jawa kemuning dikenal dengan beberapa nama, diantaranya kamuning (Sunda), jenar, kumuning (Jawa), kemuning, tajuman dan kamoneng (Madura)
  • Di pulau sumatera, kemuning lebih dikenal dengan nama kamunieng (Minangkabau)
  • Sedangkan di Maluku kemuning dikenal dengan nama fanasa, kamone (Buru), dan kamone (ambon)
  • Di Sulawesi, lebih dikenal dengan sebutan kemuning (Manado), kamuni, kayu gading, kamuning (Makasar), waring, kai garing, garing, dinggota, palopo (Bugis), kamoni (Gorontalo), kayu pondo, dan kayu charing (Sulawesi Utara)
  • Dan sedangkan di Nusa Tenggara, tanaman kemuning lebih dikenal dengan nama kemuning, kamuni (Bima), kajeni, kemoning (Bali), kahabar, kamuning, dan karizi (sumba).

Ternyata nama lain dari tanaman kemuning ini sangat banyak ya sobat. Oh ya sobat apa di antara kalian ada yang tahu bagaiamana bentuk dari tanaman kemuning ini? Nah, bagi yang belum tahu dan penasaran dari sosok tanaman ini, yuk kita simak kembali pembahasannya!!!

Khasiat Kemuning Bagi Kesehatan dan Pengobatan

Ciri-ciri Kemuning

Kemuning sendiri merupakan jenis tanaman perdu yang dapat tumbuh hingga mencapai tinggi kurang lebih 8 meter, dan dapat tumbuh liar di tepi hutan, semak belukar, pagar pembatas kebun atau juga dapat ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Kemuning juga dapat tumbuh di dataran rendah dan juga dataran tinggi dengan ketinggian hingga mencapai 400 meter di atas permukaan laut.

Tanaman kemuning ini masih tergolong ke dalam familia rutaceae yaitu salah satu suku anggota tanaman berbunga dan termasuk ke dalam suku jeruk-jerukan. Kemuning ini termasuk ke dalam tanaman semak dengan pohon kecil yang bercabang dan beranting banyak. Tinggi dari tanaman kemuning ini bisa mencapai 3-8 meter. Memiliki batang yang keras, beralur, dan tidak berduri.

Daunnya mejemuk dan bersirip ganjil dengan jumlah anak daun antara 3-9 helai dan letaknya berselingan. Helaian dari daun kemuning bertangkai, dan memiliki bentuk oval atau bulat telur, sungsang, dan ujung pangkalnya runcing serta tepinya rata dan sedikit bergerigi. Panjang daunnya sekitas 2-7 cm dan lebar antara 1-3 cm. Permukaan daunnya licin, mengkilap, dan berwarna hijau dengan sifat pedas, pahit, dan hangat, jika dikonsumsi.

Sama halnya dengan daun kemuning, bunga dari tanaman kemuning juga majemuk, dan berbentuk tandan yang terdiri dari 1-8 bunga berwarna putih dan memiliki aroma khas yang harum. Bunga dari tanaman kemuning ini muncul dari ketiak daun atau ujung ranting. Selain itu tanaman ini juga memiliki buah yang berbentuk oval/bulat telur dan memanjang dengan panjang 8-12 mm. Jika masih muda buahnya berwarna hijau, dan jika sudah masak buahnya ini berwarna merah.

Kandungan Kemuning

Tanaman kemuning ini merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh di mana saja, sehingga dapat dengan mudah untuk dikembang biakan. Teknik pengembangannya pun cenderung mudah, yaitu dengan cara dicangkok, disetek atau dengan menanam bijinya.

Namun, dari yang diketahui selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias, ternyata tanaman kemuning juga dapat dijadikan sebagai ramuan herbal obat berbagai macam penyakit. Tanaman kemuning ini diketahui memiliki sejumlah kandungan yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit ringan dan berat. Khasiat kemuning sangat beragam, biasanya bagian tanaman kemuning yang digunakan adalah akar, daun, ranting dan kulit batang kemuning.

Berikut merupakan beberapa kandungan yang dimiliki tanaman kemuning :

  • Kandungan dari daun kemuning methyl antranilat, caryophyllen, geramol, carene-3, eugenol, citrinellol, methyl saUcy/ate, s-quaiazulena, osthol, peniculatin, ourniurrayin, bisabolene, cedinene.
  • Bunga Kemuning mengandung scopeletin.
  • Buahnya mengandung semi-alfa-carotenon.
  • Kandungan kulit batang kemuning yaitu 5-7 dimenthoxy-8-(2,3-dihydroxyisopentyl) coumarin dan mexotionin.

Semua kandungan yang dimiliki tanaman kemuning ini diketahui memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit. Nah, tanaman kemuning ini bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan herbal yang dapat Anda gunakan sendiri. Karena dari yang diketahui kandungan kemuning ini mampu membantu mengobati penyakit dengan aman tanpa menimbulkan efek samping yang dapat merugikan kesehatan tubuh.

Khasiat Kemuning

Nah, semua kandungan yang dimiliki tanaman kemuning sangat berkhasiat untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit di antaranya :

  • Menghaluskan Kulit

Nah, untuk mendapatkan khasiat kemuning yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan daun dari tanaman kemuning sebagai ramuan herbal yang dapat diracik sendiri di rumah. Untuk memanfaatkan khasiat kemuning yang satu ini Anda hanya perlu :

  • menyediakan 30 gram daun kemuning segar yang telah dicuci bersih,
  • kemudan haluskan daun tersebut sampai benar-benar halus,
  • setelah itu tambahkan 1 gelas air bersih, dan aduk sampai merata,
  • gunakan racikan ini dengan cara dioleskan pada kulit,
  • lakukan terapi ini sebelum tidur.

Anda dapat menggunakan racikan ini setiap hari sebelum tidur. Hal ini sangat baik dilakukan sebelum tidur karena ketika akan tidur kandungan yang dimiliki daun kemuning akan membantu untuk meregenarasi kulit. Sehingga ketika bangun tidur kulit akan terasa segar dan halus.

  • Melancarkan Haid

Khasiat kemuning yang lainnya adalah membantu melancarkan haid. Untuk mendapatkan khasiat kemuning untuk melancarkan haid, caranya cukup mudah. Berikut merupakan cara pengolahan tanaman kemuning untuk membantu melancarkan haid :

  • siapkan ½ genggam daun kemuning dan ½ genggam daun pacar kuku yang masih segar , 1 jari rimpang temulawak,
  • kemudian cuci sampai bersih, setelah itu potong” secukupnya,
  • lalu rebus dengan 3 gelas air, tunggu hingga mendidih sampai airnya tersisa ± 1 gelas.
  • Setelah matang diamkan sebentar sampai dingin, kemudian saring dan minum airnya.

Untuk hasil yang lebih optimal, konsumsilah air rebusan tersebut 2 x ½ gelas/hari. Air rebusan dari perpaduan ramuan daun kemuning dan bahan herbal lainnya ini diketahui sangat efektif untuk membantu mengatasi haid yang tidak teratur dan membantu melancarkannya.

  • Infeksi Saluran Kencing

Nah, untuk membantu mengobati infeksi saluran kencing, Anda juga dapat menggunakan daun kemuning. Untuk mendapatkan khasiat kemuning ini Anda hanya perlu :

  • siapkan 35 gram daun kemuning yang masih segar yang telah di cuci bersih,
  • Kemudian rebus dengan 3 gelas air, tunggu hingga mendidih sampai airnya tersisa setengahnya,
  • Setelah itu angkat dan dinginkan, saring dan minum airnya.

Ramuan ini diketahui sangat efektif untuk membantu mengobati infeksi saluran kencing secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa menimbulkan efek samping.

  • Melangsingkan Badan

Khasiat kemuning yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas ini juga telah diketahui secara luas. Nah, untuk mendapatkan khasiat kemuning yang satu ini, cara cukup mudah yaitu dengan :

  • menyiapkan 1 genggam daun kemuning segar, 1 genggam daun mengkudu, ½ jari temu giring yang telah di cuci bersih,
  • Lalu haluskan bahan herbal tersebut dan tambahkan 1 gelas air,
  • kemudian rebus ramuan tersebut sambil di aduk hingga merata,
  • setelah itu saring dan minum airnya selagi hangat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal konsumsilah ramuan ini di pagi hari sebelum sarapan. Hal ini dapat membantu tubuh untuk kenyang lebih lama, sehingga dengan begitu mampu membantu mengontrol pola makan Anda.

  • Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan suatu kondisi yang disebabkan akibat gigi berlubang. Terkadang sakit yang ditimbulkannya pun terasa amat menyiksa sehingga membuat orang yang menderitanya merasa tidak nyaman. Nah, untuk membantu mengatasi masalah ini, ternyata bagian tanaman kemuning juga diketahui memiliki kemampuan untuk membantu mengobati sakit gigi. Untuk mendapatkan khasiat dari kemuning ini, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut :

  • sediakan kulit batang kemuning secukupnya,
  • kemudian bakar kulit batang tersebut hingga layu sampai minyak yang terkandung di dalamnya keluar,
  • setelah itu gunakan minyak tersebut untuk dioleskan pada bagian gigi yang berlubang dengan menggunakan kapas/korek kuping.

Minyak yang terkandung dalam kulit batang kemuning ini diketahui memiliki sifat analgesik yang dapat membantu mengobati rasa nyeri pada gigi yang disebabkan gigi berlubang. Selain itu juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

  • Mengobati Rematik dan Memar Akibat Terpukul

Khasiat kemuning yang lainnya adalah membantu mengobati rematik dan memar yang disebabkan akibat pukulan dan sebagainya. Untuk mendapatkan khasiat dari kemuning ini, Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut :

  • siapkan 15-30 gram akar kemuning, 15 gram jahe merah yang telah dicuci bersih,
  • kemudian rebus dengan 600 cc air, tunggu hingga mendidih sampai airnya tersisa 200 cc,
  • setelah itu saring dan minum air rebusannya selagi hangat.

Kandungan yang dimiliki akar kemangi dan jahe ini memiliki sifat analgesik dan anti inflamasi yang dapat mengobati rasa nyeri dan peradangan yang terjadi akibat rematik atau pukulan yang menyebabkan memar.

  • Mengobati Bisul

Selain dapat mengobati berbagai kondisi di atas ternyat kemuning juga diketahui memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Salah satunya khasiat kemuning ini adalah membantu mengobati bisul. Khasiat kemuning untuk mengobati bisul bisa didapatkan dengan cara berikut :

  • sediakan 30 gram akar kemuning yang telah kering,
  • setelah itu cuci sampai bersih dan potong-potong secukupnya,
  • kemudian rebus dengan 3 gelas air, tunggu hingga mendidih sampai airnya tersisa 1 gelas,
  • setelah itu tiriskan, saring dan minum air rebusannya.

Untuk membantu mengobati bisul, gunakan pengobatan ini 2 x ½ gelas/hari.

  • Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan salah satu kondisi yang paling umum dan banyak di alami oleh masyarakat. Nah, bagi Anda yang ingin mengobati tukak lambung yang Anda derita secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa menimbulkan efek samping. Anda dapat memanfaatkan tanaman kemuining sebagai obatnya. Dari yang diketahui salah satu khasiat kemuning yang cukup efektif adalah membantu mengobati tukak lambung. Untuk mendapatkan khasiat kemuning yang satu ini, caranya cukup mudah, yaitu dengan :

  • menyiapkan 15 gram daun kemuning yang telah dicuci bersih, 5 gram jahe yang sudah kering, dan 80 gram lidah buaya yang telah dikupas kulitnya,
  • kemudian rebus bahan herbal tersebut dengan 400 cc air, tunggu hingga mendidih sampai airnya tersisa setengahnya.
  • setelah itu saring dan minum air rebusannya selagi hangat.

Kandungan yang dimiliki perpaduan bahan herbal tersebut diketahui sangat baik untuk menyembuhkan tukak lambung secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa menimbulkan efek samping.

  • Sakit Pinggang (Lumbago)

Khasiat kemuning yang dapat mengobati sakit pinggang bisa Anda dapatkan dari bagian akarnya. Untuk cara pengolahannya pun cukup mudah, yaitu dengan cara berikut :

  • siapkan 30 gram akar kemuning dan 10 gram jahe merah yang telah dicuci bersih,
  • setelah itu rebus semua bahan herbal tersebut dengan 400 cc air,
  • tunggu hingga mendidih sampai airnya berkurang setengahnya,
  • setelah itu saring dan minum air rebusannya selagi hangat.

Kandungan yang dimiliki jahe merah dikenal akan sifatnya sebagai analgesik dan anti inflamasi yang dapat meredakan rasa nyeri dan peradangan yang terjadi pada pinggang. Di samping itu akar kemuning diketahui memiliki keefektifan dalam membantu memproses penyembuhan sakit pinggang secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa menimbulkan efek samping.

  • Radang Otak

Nah, untuk mendapatkan khasiat kemuning yang dapat membantu mengobati radang otak, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut, di antaranya :

  • sediakan 30-60 gram daun kemuning yang telah dicuci bersih,
  • lalu rebus daun tersebut dengan 600 cc air, tunggu hingga mendidih sampai airnya berkurang setengahnya,
  • setelah itu saring dan minum air rebusan tersebut selagi hangat.

Kandungan yang dimiliki daun kemuning ini diketahui memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai peradangan yang salah satunya adalah membantu mengobobti radang otak secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan tubuh.

  • Keputihan

Selain dapat membantu melancarkan haid, ternyata kemuning juga memiliki kemampuan untuk membantu mengobati keputihan secara alami dengan aman tanpa menimbulkan efek samping. Dari yang diketahui beberpaa bagian tanaman kemuning memiliki senyawa alami yang bersifat sebagai anti bakteri, anti virus dan juga anti jamur. Di mana hal ini sangat baik untuk membantu mengobati keputihan yang dapat disebabkan baik oleh virus, bakteri ataupun jamur. Nah, untuk mendapatkan khasiat kemuning yang satu ini, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut yang di antaranya :

  • siapkan 30 gram daun kemuning yang telah dicuci bersih, 50 gram lidah buaya yang sudah dibersihkan dan dikupas kulitnya, gula aren secukupnya,
  • kemudian rebus semua bahan tersebut ke dala 600 cc air,
  • tunggu hingga mendidih sampai airnya tersisa 300 cc,
  • setelah itu saring dan minum air rebusannya selagi hangat.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, konsumsilah air rebusa tersebut 3 x 100 cc air rebusan tersebut setiap hari.

  • Eksim

Penyakit kulit lain yang dapat di atasi oleh tanaman kemuning ini yaitu eksim. Kandunga kemuning juga diketahui sangat efektif untuk membantu mengobati eksim. Nah, untuk penggunaan tanaman kemuning sebagai obat eksim alami, Anda dapat meraciknya sendiri di rumah. Berikut merupakan cara meracik tanaman kemuning untuk mendapatkan khasiat kemuning yang dapat menyembuhkan eksim :

  • sediakan batang dan daun kemuning yang telah dicuci bersih,
  • kemudian rebus dengan air secukupnya,
  • setelah itu saring dan gunakan air rebusannya untuk mencuci bagian tubuh yang terkena eksim,

Dari yang diketahui kandungan yang terdapat dalam daun dan batang kemuning ini memiliki kemampuan yang dapat mengatasi penyebab dari eksim secara menyeluruh dengan aman tanpa menimbulkan efek samping.

  • Batu Ginjal dan Batu Kandung Kemih

Kemuning juga diketahui memiliki senyawa yang berperan sebagai diuretik yang dapat membantu meluruhkan batu ginjal ataupun batu kandung kemih. Nah, bagi Anda yang ingin memanfaatkan khasiat kemuning ini, caranya sangatlah mudah yakni dengan beberapa langkah berikut ini :

  • siapkan 30 gram daun kemuning yang masih segar,
  • cuci bersih sampai kotoran yang menempel terbuang,
  • kemudian blender daun tersebut dengan 150 cc air,
  • setelah itu saring dan minum air dari jus dan kemangi tersebut.

Sifat diuretiknya ini diketahui memiliki keefektifan yang sangat baik untuk meluruhkan batu ginjal dan batu kandung kemih yang nantinya akan dibuang bersamaan dengan urine.

Itu hanya sebagian dari khasiat kemuning yang telah banyak diketahui dan banyak dimanfaat oleh masyarakat Indonesia sebagai alternatif pengobatan herbal yang dapat dilakukan sendiri di rumah.

Nah, pada pembahasan kita kali ini mengenai khasiat kemuning cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang telah menyimaknya sampai akhir. Cukup sekian dan terimakasih atas kunjungan sobat sekalian.