Khasiat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Khasiat Kumis Kucing – Selamat datang dan jumpa lagi bersama kami di www.jamuobat.com seperti biasa kami akan menyajikan beberapa informasi menarik mengenai tanaman herbal. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas khasiat kumis kucing. Kumis kucing atau dengan nama lain Orthosiphon aristatus, tanaman ini banyak tumbuh d negara Asia Tenggara diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Tanaman ini memiliki banyak manfaat dan khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman kumis kucing ini mudah tumbuh di tempat tempat yang teduh dan tidak terlalu kering dan bisa juga tumbuh liar di tepi jalan, hutan bambu, hutan jati dan tempat tempat lainnya yang kurang terurus.

Khasiat kumis kucing

Ciri khusus dari tumbuhan kumis kucing ialah daunnya lonjong berwarna ungu keputih-putihan, bunganya tersusun seperti pucuk cemara dan pada bagian pangkalnya menyerupai kumis kucing dengan benang-benang halus menjulur. Kumis kucing ini memiliki ciri ciri sebagai berikut :

  • Ruas tulang daunnya bercabang cabang
  • Batangnya tegak dan agak basah
  • Daunnya menempel langsung pada batang dan berposisi berselang seling
  • Daunnya mimiliki bentuk bundar dan agak lonjong memiliki panjang sekitar 1-10 cm.
  • Ruas tulang taunnya bercabang cabang
  • Akar ya berjenis akar tunggang sehingga tanaman ini sangat kokoh
  • Kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang
  • Tumbuh di tanah yang subur

Khasiat Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat yang berguna bagi tubuh. Hal ini dikarenakan tanaman kumis kucing mengandung beberapa senyawa aktif diantarang senyawa flavonoid, alkaloid, zat samak, minyak atsiri, myoinositol, saponin, dan juga orthosipon glikosida. Selain itu tanaman kumis kucing juga mengandung kalium dan juga mineral. Senyawa tersebut dapat menyembuhkan seseorang dari berbagai penyakit.

  • Menghilangkan keputihan

Keputihan sangatlah mengganggu bagi kaum wanita hal seperti ini dapat disebabkan karena infeksi jamur dan bakteri. Keputihan ini akan bertambah parah jiga tidak segera diatasi.

  • Mengobati reumatik

rematik merupakan penyakit yang menyerang persendian, otot dan juga asam urat. Pengobatan kumis kucing ini dapat berfungsi sebagai menghilangkan peradangan, mengurangi rasa sakit, dan masik banyak lagi. Cara yang dapat dolakukan untuk mengolah kumis kucing pada penderita reumatik yaitu rebus 5 helai daun kumis kucing dan daun meniran dengan 3 gelas air. Kemudian diamkan ramuan tersebut hingga dinggin, setelah dingin anda dapat meminumnya sehari 3 kali setengah gelas.

  • Mengobati asam urat

Asan urat adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan gejala gejala seperti pembengkakan dan rasa panas pada persendian. Asam urat sering kali menyerang jari tangan, pergelangan kaki, lutut, dan juga jari kaki. Adapun cara yag dapat anda lakukan untuk mengolah kumis kucing yaitu dengan menyiapkan 4-5 lembar daun kumis kucing dan meniran yang masih segar, kemudian rebus dengan satu gelas air. Minumlah ramuan kumis kucing secara teratur 3 kali sehari.

  • Mengobati darah tinggi(hipertensi)

Penyakit seperti ini bisa saja terjadi pada orang yang memiliki kadar gula yang tinggi, kadar garam yang tinggi dan kadar lemak yang tinggi. Maka dari itu sebaiknya anda mengurangi makan makanan yang dapat menyebabkan penyakit darah tinggi. Jika anda ingin sembuh dari darah tinggi salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi ramuan kumis kucng. Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan meminum ramuan kumis kucing setidaknya 1 kali sehari.

  • Menurunkan berat badan

Jika anda ingin melakukan diet dengan bahan tradisional. Anda dapat menggunakan kumis kucing sebagai ramuan penurun berat badan. Dari beberapa penelitian yang menunjukan bahwa “Khasiat Kumis Kucing” mampu menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

  • Mengobati berbagai masalah kulit

Kumis kucing memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit seperti infeksi pada kulit, kulit yang kering, dan juga berbagai infeksi kulit lainnya. Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengoleskan minyak daun kumis kucing ke area kulit yang bermasalah .Lakukanlah pemijatan agar kandungan yang terdapat pada minyak tersebut dapat menyerap ke dalam kulit.

Sekian pembahasan kali ini mengenai “Khasiat Kumis Kucing” semoga bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih