Khasiat Lada Untuk Kesehatan

Khasiat Lada Untuk Kesehatan – Selamat datang dan jumpa lagi bersama kami di www.jamuobat.com seperti biasanya kami akan menampilkan beberapa informasi menarik seputar kesehatan. Kali ini kita akan membahas khasiat lada untuk kesehatan. Lada atau bisa disebut sebagai (merica/sahang) mempunyai nama latin piper albi linn yang merupakan sejenis rempah rempah yang dapat berkembang secara subur dinegara tropis dan juga lembab. Tanaman ini biasa dijumpai di China dan Asia Tenggara. Lada ini sangatlah kaya akan kandungan kimia seperti minyak lemak, minyak lada, juga pati. Lada ini memiliki rasa yang menjadi ciri khasnya yaitu sedikit pahit, hangat, pedas dan antipiretik.

Khasiat Lada Untuk Kesehatan

Khasiat Lada Untuk Kesehatan – Beberapa jenis lada

Rempah rempah ini telah ditemukan dalam beberapa abad yang lalu yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Lada ini mempunyai sebutan The King Of Spice (raja rempah rempah) yang dikenal oleh dunia pada tahun 2000 beratnya mencapai 280.000 ton. Rempah rempah ini juga memiliki 2 jenis yaitu :

Lada Hitam

Lada hitam merupakan sejenis rempah rempah yang terkenal sejak zaman kuno. Lada hitam merupakan rempah rempah asli dari hutan hujan tropis di negara India Selatan, Kerala dan menyebar ke seluruh dunia. Lada hitam termasuk ke dalam tanaman yang memiliki kandungan senyawa kimia yang sangat mengesankan sehingga memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan menjaga kesehata tubuh. Lada hitam ini memiliki beberapa khasiat diantaranya :

  • Sumber vitamin B kompleks

Lada hitam ini sangat kaya akan vitamin B kompleks seperti riboflavin, thiamin, piridoksin dan niacin.

  • Sumber mineral

Lada hitam memiliki sumber mineral yang baik untuk tubuh seperti seng, mangan, kalsium, kalium dan juga magnesium. Kalium ini memiliki senyawa penting yang berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah dan juga detak jantung. Zat besi sangatlah penting untuk respirasi sel dan produksi sel darah.

  • Lada hitam sebagai sumber antioksidan

Lada hitam ini mempunyai kandungan antioksidan seperti vitamin A dan juga vitamin C. Bukan hanya itu ternyata lada hitam kaya akan antioksidan polifenol flavonoid, seperti likopen, karoten dan crytoxanthin.

Lada Putih

Lada putih merupakan rempah rempah yang memiliki rasa pedas dan berwarna putih. Lada putih ini biasa dijual dalam bentuk butiran maupun yang sudah ditumbuk. Lada putih ini biasa digunakan sebagai bumbu masakan dan dapat digunakan sebagai tanaman obat keluarga TOGA untuk menyembuhkan beberapa penyakit ringan. Lada putih ini bersifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri pada persendian akibat arthritis.

  • Lada putih untuk menurunkan berat badan

Lada putih memiliki khasiat untuk membakar lemak, hal ini dikarenakan lada putih mempunyai kandungan capsaicin sehingga dapat menurunkan berat bada seseorang.

  • Untuk kesehatan jantung

Dengan mengkonsumsi lada putih dapat mengeluarkan banyak cairan. Dari pernyataan tersebut ada hubungannya dengan jantung, jiga dalam tubuh atau disekitar jantung memiliki terlalu banyak cairan dan dapat membuat beban terhadap jantung dan fungsi dari jantung menjadi terganggu. Serta berakibat pada kesulitan untuk bernafas karena tekanan yang berlebihan pada paru paru. Oleh karena itu kesehatan jantung akan lebih maksimal dengan mengkonsumsi lada putih.

  • Untuk mengontrol tekanan darah

Lada putih sangatlah kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A dan flavonoid yang akan membantu mengontrol tekanan darah. Maka dari itu orang yang memiliki masalah pada tekanan darah akan mengonsumsi lada putih untuk diet mereka.

  • Membantu mengurangi arthritis

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa lada putih mengandung capsaicin yang juga dimiliki oleh cabai, kandungan ini memiliki sifat antiinflamasi. Maka dari itu lada putih dapat membantu pembengkakan otot dan juga nyeri.

Khasiat Lada Untuk Kesehatan

  • Untuk menjaga kulit agar tetap lembab
  • Sebagai antibakteri
  • Mencegah penuaan dini
  • Menurunkan demam
  • Menghilangkan depresi
  • Meningkatkan sistem pencernaan pada usus
  • Membantu sistem pernapasan
  • Mengurangi resiko kanker

Masih banyak lagi khasiat lada untuk kesehatan tubuh yang baik digunakan karena lada merupakan bahan rempah rempah alami yang yang kaya akan kandungan didalamnya. Sekian pembahasan kali ini mengenai khasiat lada untuk kesehatan semoga bermanfaat dan menjadi solusi beberapa penyakit anda.

Terima kasih