Khasiat Lengkuas – Mengenal Ciri, Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

Khasiat Lengkuas – Jumpa lagi bersama kami di www.jamuobat.com seperti biasanya kami akan menyajikan informasi menarik seputar khasiat dari berbagai jenis bahan alami.  Apakah kalian sudah mengenal apa itu lengkuas? Negara indonesia sangatlah kaya dengan bahan rempah rempah nya. Maka dari itu tentunya kalian sudah pasti tau apa itu lengkuas. Lengkuas sering sekali dijadikan sebagai bumbu masakan yang mengunggah selera karena aroma nya yang sangat harum jika telah dimasak. Tetapi tidak hanya itu ternyata lengkuas dapat dijadikan obat tradisinal untuk mengobati berbagai penyakit. Lengkuas atau dengan nama lain bisa disebut laos dan kelawas (Alpinia Galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi umbian yang dapat hidup di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian tempat 1.200 m diatas permukaan laut.

Khasiat Lengkuas

Lengkuas ini berasal dari Asia Tenggara, India, Bangladesh hingga cina dan juga telah tersebar luas ke daerah tropis. Kandungan yang terdapat pada lengkuas ini ialah minyak atsiri, tanin dan juga flavonoida saponin. Tidak hanya itu ternyata lengkuas juga mempunyai kandungan lainnya seperti eugenol, basonin, zat aktif galangan, dan galangol. Senyawa yang terkandung didalamnya juga beragam seperti senyawa fenol, terpenoid, flavonoid. Maka tidak heran jika lengkuas ini dapat dijadikan obat bahan tradional. Tanaman lengkuas ini memiliki dua jenis yaitu lengkuas rimpang umbi (akar) berwarna putih dan lengkuas dengan umbi berwarna merah.

Ciri Tanaman Lengkuas

Selain itu tanaman lengkuas memiliki ciri ciri sebagai berikut :

  • Bunga akan tumbuh pada ujun pangkal tanaman.
  • Berwarna putih dan banyak.
  • Rimpang berwarna putih dan harum.
  • Tingginya kurang lebih 2 meter.
  • Tanaman lengkuas tidak tahan pada tanah yang mengandung banyak air atau dalam keadaan tergenang.
  • Tekstur kulit lengkuas lebih kasar.
  • Dagingnya cenderung keras dan berserat.

Khasiat Lengkuas Bagi Kesehatan

  • Meringankan Asma

Lengkuas sangan brmanfaat bagi sistem pernapasan. Lengkuas ini mempunyai efek antipasmodik yang berfungsi untuk mengurangi dahak serta melebarkan saluran bronkiolus untuk meredakan asma.

  • Menyembuhkan luka bakar

Cara yang dapat anda lakukan untuk mengolah lengkuas yaitu dengan menumbuk halus irisan lengkuas dan menempelkannya pada luka bakar. Selain itu anda juga dapat menggosok beberapa irisan lengkuas segar pada kulit 2-3 kali setiap harinya untuk mengurangi bekas luka bakar.

  • Menurunkan demam

Lengkuas memiliki kandungan analgesik yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit seperti demam, serta dapat mengurangi infeksi akibat bakteri dan juga jamur.

  • Megurangi resiko kanker

Lengkuas mengandung flavonoid galangin yang terbukti memiliki anti oksidatif yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu zat ini dapat memodulasi enzim kegiatan dan menekan genotoxity bahan kimia.

  • Mengeluarkan racun

Pada tubuh manusia terdapat racun yang dapat menggannggu keshatan tubuh yang cukup serius. Maka dari itu lengkuas dapat digunakan untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh dari bahan makanan yang menyehatkan dan kaya akan nutrisi. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan nutrisi pada lengkuas yang dapat bekerja untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh.

  • Mengatasi masalah pencernaan

Kandungan serat makanan dan fitokimia dalam lengkuas dapat memmbantu meningkatkan proses pencampuan makanan di dalam perut. Hal tersebut juga dapat mengurangi ludah dan asam penceraan yang menjadi masalah pada penderita maag.

  • Membersihkan bekas jerawat

Kandungan yang terdapat pada lengkuas ini dapat menghambat pembentukan jerawat dan membersihkan bakteri pada kulit. Lengkuas ini dapat bekerja sebagai antiseptik yang dapat membantu meremajakan kulit dan menjadikan kulit terlihat lebih cerah dan bersih. Selain itu ramuan lengkuas berfungsi untuk merevitalisasi kulit.