Khasiat Mengkudu Dan Kandungannya

Khasiat Mengkudu – Kandungan Serta Manfaat Bagi Tubuh. Selamat datang di www.jamuobat.com seperti biasa kita akan menyajikan beberapa informasi menarik mengenai berbagai bahan alami untuk kesehatan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas khasiat mengkudu. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan buah mengkudu. Buah mengkudu merupakan buah asli yang berasal dari Asia Tenggara. Memiliki ciri bentuknya yang lonjong serta terdapat bintik bintik pada permukaannya dan juga ada salah satu ciri khas lainnya yang tidak disukai oleh banyak orang yaitu aromanya yang bau. Banyak sekali khasiat mengkudu bagi kesehatan tetapi anda harus lebih teliti karena ada berbagai macam jenis dari mengkudu. Terdapat 80 jenis mengkudu tetapi hanya 20 yang dapat dikonsumsi oleh manusia sedangkan 60 jenis lainnya akan membahayakan tubuh. Hal ini dikarenakan ada racun yang terkandung didalamnya. Maka dari itu kita hmengetahui bagaimana ciri dari buah mengkudu yanng layak dikonsumsi.

Khasiat Mengkudu

Ciri Tanaman Mengkudu Yang Aman Dikonsumsi

  • Daun

Ciri yang pertama yaitu memiliki daun yang tebal. Daunnya lebar dan juga besar serta posisinya yang saling berhadap hadapan. Selain itu tepi daunnya juga rata.

  • Pohon

Ciri dari pohon mengkudu yaitu tidak terlalu besar dan tidakk terlalu tinggi. Tingginya berkisar antara 4-6 meter. Memiliki dahan yang kaku, kasar, batang yang bengkok dan juga memiliki akar tunggal yang menancap ke dalam. Kulit batangnya berwarna coklat ke abu abuan atau cokelat kekuning kuningan, berbelah dangkal, dan juga tidak berbulu. Kayu pohon mengkudu ini mudah sekali dibelah setelah dikeringkan.

  • Buah

Ciri dari buah mengkudu adalah buah majemuk, perkembangan buahnya bertahap mengikuti proses pemekarann bunga yang dimulai dari bagian ujung bongkol menuju ke pangkal. Permuakan dari buah mengkudu ini terbagi dalam sekat sekat poligonal (segi banyak) yang memiliki bintik bintik dan juga berkutil. Warna dari buah ini yaitu hijau ketika mengkal menjelang masak warnanya pun akan berubah menjadi putih kekuningan dan berakhir dengan memiliki warna yng pucat.

  • Bunga

Bunga mengkudu ini bertipe bongkol bulat bertangkai 1-4 cm dan tumbuh diantara daun yangsaling berhadapan. Mahkota bunga ini berwarna putih berbentuk corong dan panjangnya dapat mencapai 1,5 cm. Kepala putik ini berputinng. Selain itu bunga dari mengkudu beraroma harum dam berwarna putih.

Kandungan Buah Mengkudu

Setelah kita mengetahui bagaimana jenis mengkudu yang aman dikonsumsi kita akan lebih berhati hati dalam memilih mengkudu. Buah mengkudu ini tidak hanya dikenal sebagai buah yang memiliki aroma yang tidak sedap tetapi kandungan yanga terdapat didalamnya sangatlah beragam. Berbagai khasiat mengkudu sangatlah berguna bagi kesehatan tubuh karena kandungan yang ada didalamnya. Berikut ini andungan yang terdapat pada buah mengkudu yaitu :

  • Zat nutrisi

Buah mengkudu meliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, zat yang terdapat didalamnya seperti protein, vitamin, mineral sangatlah penting yang merupakan antioksidan yang sangat baik. Tidak hanya itu senyawa yang ada pada buah mengkudu sangatlah kaya akan khasiat dan manfaatnya seperti xeronine, alizarin, lycine, plant sterois, sosium, proxeronine, quinines, acid, caprylic, dan masih banyak lagi.

  • Senyawa penting

Terpenoid, berguna untuk proses sintesi organik dan pemulihan sel sel tubuh.

  • Scolopetin

Berfungsi sebagai anti peradangan dan anti alergi yang sangat efektif.

  • Zat asetil

Berperan dalam mematikan kuman

  • Zat anti bakteri

Zat ini sangatlah berguna untuk mematikan sejumlah bakteri penyebar infeksi seperti: Shigella dusenteriae, S.typhi, S.flexneri, Salmonella montivideo, S.pradysenteriae dan staphylococcus aureus.

Khasiat Mengkudu

Masih banyak lagi kandungan lainnya yang ada dalam buah mengkudu, jadi tidak heran lagi jika mengkudu dapat memnyembuhkan berbagai macam penyakit. Tetapi sangatlah disayangkan karena tidak banyak yang tahu bahwa buah mengkudu sangat bermanfaat bagi kesehatan meskipun dari segi aroma dan penampilannya kurang menggoda selera ternyata khasiat mengkudu sangatlah beragam, seperti :

  • Mencegah sel kanker

Menurut dari hasil penelitian ternyata buah mengkudu dapat mengobati rasa sakit pada penderita kanker dan tidak hanya itu ekstrak dari mengkudu dapat menghambat pertumbuhan sel tumor karena mampu merangsang kerja sistem imun tubuh.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol dalam tubuh terbagi menjadi 2 macam yaitu kolesterol baik (HDL) dan juga kolesterol jahat (LDL). seseorang akan mudah terserang penyakit jika kadar LDL lebih tinggi dibanding dengan HDL. Dari bberapa penelitian menunjukan bahwa jus mengkudu dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat.

  • Mengatasi tekanan darah yang tinggi

Dengan mengkonsumsi jus buah mengkudu setiap hari dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi menjadi normal. Khasiat mengkudu ini sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

  • Meredakan rasa sakit pada penderita osteoarthritis

Dengan mengkonsumsi 80 ml jus buah mengkudu diprcaya dapat menghilangkan rasa sakit. Dan sangatlah berguna bagi penderita osteoarthritis.

Sekian pembahasan kali ini mengenai “khasiat mengkudu” semoga bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih