Khasiat Nampu Hijau Yang Baik Untuk Tubuh

Khasiat Nampu Hijau Yang Baik Untuk Tubuh – Hallo guys??? Jumpa lagi kita di situs jamuobat.com. Yang mana merupakan situs yang menyediakan ragam macam informasi kesehatan, manfaat tanaman dan juga berbagai macam rekomendasi obat herbal yang terbukti efektif dan aman tanpa efek samping serta telah berstandar BPOM RI. Nah, sobat herbal sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi seputar khasiat nampu hijau yang diketahui baik untuk tubuh. Apa kalian tahu apa itu nampu hijau??? Ok jangan lama-lama, yuk langsung aja kita simak ulasan berikut ini!!!

Tanaman Nampu Hijau ” Tanaman Liar Nan Berkhasiat “

Nampu hijau dikenal sebagai tanaman terna dengan nama latin Alocasia cucculata dari famili Araceae. Di mana tanaman ini diketahui sebagai tanaman liar yang banyak tumbuh di tepi sungai, gunung dan bahkan sekarang tanaman liar yang satu ini juga telah banyak ditanam sebagai tanaman hias dan obat.

Yup, walaupun dikenal sebagai tanaman liar. Namun akhir-akhir ini tanaman nampu hijau juga dikenal sebagai tanaman yang memiliki khasiat baik untuk tubuh. Tanaman nampu hijau juga dikenal sebagai tanaman menahun yang masa hidupnya cukup lama.

Khasiat Nampu Hijau Yang Baik Untuk Tubuh

Morfologi Tanaman Nampu Hijau

Tanaman nampu hijau ini diketahui memiliki tinggi antara 50 hingga 100 cm. Batang dari tanaman nampu hijau diketahui berbentuk bulat, tidak berkayu, warnanya ungu kecoklatan dan membentuk rimpang yang memanjang.

Memiliki daun tunggal dengan tangkai yang panjangnya sekitar 50-60 cm dan bentuknya bulat berdaging. Selain itu, bentuk helaian daunnya diketahui membentuk bangun jantung dengan ujung yang runcing dan pangkal rompang, serta memiliki tepi yang rata. Kedua permukaannya licin dan pertulangan dari daunnya menyirip dengan panjang sekitar 70-90 cm dan lebar antara 20-35 cm berwarna hijau tua.

Bunga dari tanaman nampu diketahui majemuk berbentuk bongkol dan berwarna ungu, yang tumbuh di ketiak daun berkelamin dua. Memiliki panjang sekitar 15 – 30 cm dengan tangkai berwarna ungu.

Selain itu, tanaman nampu hijau juga diketahui memiliki buah buni yang berbentuk bulat kecil dan berwarna merah. Bijinya panjang kecil dan berwarna cokelat. Akar dari tanaman ini diketahui berserabut dengan warna putih kecoklatan serta memiliki umbi bulat berwarna kehitaman. Satu hal lagi, dari yang diketahui tanaman nampu hijau dapat hidup baik di dataran rendah maupun tinggi.

Kandungan dan efek farmokologis Nampu Hijau

Nah, dari yang diketahui tanaman liar yang satu ini ternyata memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga tidak heran jika tanaman ini juga sering dijadikan sebagai tanaman obat yang efektif dan aman untuk menyembuhkan sejumlah gangguan kesehatan tubuh.

Nampu hijau ini dikenal sebagai salah satu jenis tanaman liar yang kaya akan kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Daun dari tanaman nampu hijau diketahui memiliki kandungan saponin dan flavonid. Sedangkan akar dari tanaman ini diketahui memiliki kandungan berupa saponin, flavonoid, tanin dan polifenol. Efek dari tanaman nampu hijau ini diketahui memiliki efek antiradang dan penurun panas.

Khasiat Nampu Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat nampu hijau sendiri diketahui telah banyak dibuktikan oleh masyarakat secara turun temurun sebagai obat afinitas pada meridian hati dan ginjal. Selain itu, nampu hijau juga diketahui memiliki kemampuan untuk membantu menghilangkan angin-lembab juga berkhasiat untuk membantu memperkuat tendon dan tulang. Khasiat nampu hijau bisa sobat dapatkan dengan memanfaatkan beberapa bagian tanaman tersebut. Beberapa bagian tanaman nampu hijau yang biasa digunakan untuk obat di antaranya yaitu bagian rimpang dan daunnya. Bahkan juga diketahui seluruh bagian tanaman dari nampu hijau dapat sobat manfaatkan sebagai obat baik dalam keadaan segar ataupun kering.

Beberapa khasiat nampu hijau lainnya yaitu :

  • Khasiat nampu hijau untuk obati demam

    Demam sendiri dikenal sebagai gangguan kesehatan tubuh yang sangat umum terjadi. Banyak hal yang dapat mempengaruhi tubuh untuk mengalami demam, mulai dari reaksi tubuh terhadap alergi, iritasi, infeksi ataupun sejumlah penyakit. Demam sendiri terjadi akibat dari sistem imun tubuh yang lemah dalam melawan sejumlah serangan penyakit. Yang mana hal ini menyebabkan penyakit tersebut mudah menimbulkan peradangan pada tubuh yang akhirnya mengakibatkan suhu tubuh meningkat. Nah, untuk membantu menurunkan demam dengan mudah secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Sobat bisa memanfaatkan tanaman nampu hijau sebagai obatnya.

    Khasiat nampu hijau selain baik untuk tendon dan tulang juga diketahui sangat efektif untuk menurunkan demam yang tinggi akibat sejumlah kondisi. Untuk memanfaatkan khasiat nampu hijau ini sangatlah mudah yakni sobat hanya perlu menyiapkan 60 gram tanaman nampu hijau segar yang telah dicuci bersih. Setelah itu rebus tanaman nampu hijau tersebut dengan 400 ml air selama 30 menit. Jika telah selesai saring dan minum airnya sehari 2 kali di pagi dan sore hari. Jika ramuan herbal ini menimbulkan reaksi alergi, seperti tenggorokan yang terasa panas maka sobat disarankan untuk menghentikan pengonsumsian ramuan herbal tersebut.

  • Khasiat Nampu Hijau Untuk Mengobati Luka

    Khasiat nampu hijau lainnya yaitu mampu membantu mengobati luka secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Luka sendiri bisa terjadi akibat sejumlah kondisi baik akibat terjatuh ataupun akibat sayatan benda tajam. Nah, kandungan dari nampu hijau juga diketahui dapat berperan sebagai antiseptik alami yang dapat membantu mengobati luka secara alami tanpa efek samping. Untuk mendapatkan khasiat nampu hijau yang satu ini, diketahui sangatlah mudah yakni sobat hanya membutuhkan 5-10 nampu hijau segar yang telah dicuci bersih. Kemudian rebus nampu hijau tersebut dengan 200 ml air. Setelah itu, giling nampu hijau yang telah direbus tadi hingga halus. Jika telah halus kemudian bubuhkan atau oleskan pada kulit yang luka. Usahakan untuk tidak terkena kulit yang sehat.

  • Khasiat Nampu Hijau Sebagai Afrodisiak

    Selain khasiat nampu hijau di atas, ternyata tanaman ini juga diketahui sangat efektif sebagai afrodisiak yang mana hal ini diketahui sangat baik untuk membantu merangsang stamina pria. Untuk memanfaatkan khasiat nampui hijau yang satu ini juga terbilang sangatlah mudah yakni sobat hanya perlu menyiapkan sejumlah akar dari nampu hijau yang kemudian parut dan tambahkan garam dapur serta parutan kelapa secukupnya. Setelah itu, kukus bahan herbal tersebut, kemudian makan hasil kukusan tersebut.

  • Khasiat Nampu Hijau Untuk Mengatasi Sindroma Sumbatan Angin Lembab

    Sindroma sumbatan angin lembab sendiri diketahui sebagai kondisi yang menimbulkan sejumlah gejala berupa perasaan dingin, sakit di pinggang bawah dan lutut serta rasa kerang dan kebas di tungkai bawah. Nah, salah satu cara alternatif yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan memanfaatkan tanaman nampu hijau. Yup, khasiat nampu hijau lainnya diketahui sangat efektif untuk membantu mengatasi sindroma sumbatan angin lembab secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Khasiat nampu hijau yang satu ini bisa sobat dapatkan dengan memanfaatkan rimpang dari tanaman nampu hijau.

  • Khasiat Nampu Hijau Untuk Mengatasi Pegal Linu Setelah Melahirkan

    Nah, selain baik untuk mengatasi sindroma sumbatan angin lembab, kandungan dari nampu hijau juga diketahui dapat mengatasi pegal linu yang terjadi pada ibu yang telah melahirkan. Kebanyakan orang memanfaatkan khasiat nampu hijau yang satu ini dengan cara mengukus tanaman nampu hijau untuk dijadikan sebagai makanan atau cemilan yang dapat menyehatkan tubuh.

Nah, itulah dia beberapa khasiat nampu hijau yang dapat saya sampaikan di ulasan kali ini. Sekian dari saya, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Terikasih telah berkunjung dan menyimak ulasan ini sampai akhir. 🙂