Khasiat Nanas Kerang Yang Dikenal Baik Untuk Tubuh

Khasiat Nanas Kerang Yang Dikenal Baik Untuk Tubuh – Hallo guys??? Eh ketemu lagi nih dengan adminya jamuobat.com nih. Yup, yang pastinya situs kami ini akan memberikan sobat berbagai informasi kesehatan, manfaat tanaman dan juga rekomendasi obat herbal yang terbukti efektif dan aman dan pastinya telah terdaptar di BPOM RI dong. Nah, namun untuk kesempatan saya kali ini saya akan memberikan sobat sebuah ulasan mengenai manfaat tanaman nih guys, yang pastinya akan nyesel deh kalau gak tau. Yup, untuk ulasan kali ini saya akan mengambil tema tentang manfaat tanaman herbal yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman herbal yang akan saya ulas kali ini yaitu, nanas kerang.

Up, emang ada ya tanaman yang bernama nanas kerang??? Ya ada dong guys, kalau gak ada gak akan saya bahas. Mungkin sebagian dari sobat masih ada yang bingung dan penasaran kaya apa sih tanaman nanas kerang. Namanya aja udah unik, apa bentuknya juga unik??? Eits kalau yang itu, tergantung penelian kalian ya. Tapi menurut saya unik ko. Dari namanya yang diambil dari salah satu buah asli daerah tropis dan nama jenis hewan yang enak dimakan, yang pasti tanaman ini juga memiliki bentuk yang cukup unik. Namun dibalik keunikan nama dan bentuk dari tanaman yang satu ini. Ternyata eh ternyata tanaman ini kaya akan manfaat loh guys. Wiihh, makin kompleks aja ya si tanaman nanas kerang ini. Ok yang penasaran atau yang ingin tahu lebih dalam mengenai tanaman nanas kerang ini, mari yuk mari kita simak ulasannya.

Khasiat Nanas Kerang Yang Dikenal Baik Untuk Tubuh

Nanas Kerang ” Tanaman Hias Berkhasiat “

Mungkin bagi mereka pecinta tanaman hias akan mengenal yang namanya tanaman nanas kerang. Yup, nanas kerang dengan nama latinnya Tradescantia Spathacea ini diketahui lebih dikenal sebagai tanaman hias yang banyak ditanam di pekarangan rumah. Tanaman hias yang satu ini diketahui dapat tumbuh dengan mudah diwilayah yang beriklim tropis, salah satunya di Indonesia. Namun sejatinya tanaman nanas kerang ini berasal dari Meksiko dan Hindia Barat loh guys. Wah jauh juga ya.. hehe.

Morfologis Tanaman Nanas Kerang

Nanas kerang diketahui lebih menyukai daerah tanam yang lembab sebagai tempat tumbuhnya. Nanas kerang diketahui dapat tumbuh dengan tinggi pohon yang berkisaran antara 40 – 60 cm. Memiliki batang kasar, pendek, lurus dan tidak bercabang. Serta memiliki daun lebar dan panjang, mudah patah dengan warna daun di bagian permukaanya hijau dan bagian bawahnya berwarna merah tengguli. Daun dari nanas kerang ini diketahui bisa tumbuh lebih dari 30 cm dengan lebar daun antara 2.5 – 6 cm. Memiliki bunga berwarna putih yang diketahui hampir menyerupai kerang. Sehingga tidak heran jika tanaman hias yang satu ini diberi nama nanas kerang, karena daunya yang hampir mirip dengan daun nanas dan bunganya yang hampir mirip dengan kerang. Wah cukup kreatif juga ya…

Namun dari keunikannya sebagai tanaman hias pekarangan rumah, ternyata masih banyak orang yang belum tahu jika tanaman hias yang satu ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh loh. Yup, selain unik karena nama dan bantuknya, ternyata tanaman hias yang satu ini diketahui mengandung sejumlah senyawa yang berkhasiat untuk membantu merawat dan mengobati sejumlah penyakit. Penasaran khasiat nanas kerang yang dapat dimanfaatkan oleh kita??? Ok, langsung di simak aja ya guys khasiat nanas kerang ini!!!

Kandungan dan Efek Farmakologis Nanas Kerang Yang Baik Untuk Tubuh

Dari yang di ketahui nanas kerang memiliki rasa manis yang menyejukan. Namun mengenai kandungan yang dimiliki nanas kerang sampai saat ini masih belum banyak yang diketahui. Walaupun demikian tanaman nanas kerang telah banyak digunakan untuk membantu mengatasi sejumlah penyakit secara alami dan menyeluruh. Sementara itu, efek farmokologis dari nanas kerang ini di antaranya dikenal sebagai antiradang, memelihara paru-paru, mencairkan dahak, antibatuk, antidiare dan membersihkan darah.

Bagian tanaman nanas kerang yang sering digunakan sebagai obat adalah bagian bunga dan daunnya baik yang masih segar ataupun yang sudah dikeringkan. Nah, dari yang diketahui kedua bagian dari nanas kerang tersebut dapat sobat manfaatkan untuk dijadikan sebagai ramuan herbal untuk mengobati sejumlah gangguan kesehatan tubuh.

Khasiat Nanas Kerang Untuk Tubuh

Dengan adanya pembuktian melalui efek farmokologi tersebut nanas kerang menjadi dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat dalam mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Beberapa khasiat nanas kerang yang telah banyak diketahui di antaranya :

  • Khasiat Nanas Kerang Sebagai Obat Batuk dan Masalah Tenggorokan

    Khasiat nanas kerang yang pertama adalah membantu mengobati batuk, baik batuk rejan atau batuk berdahak. Selain itu, nanas kerang juga diketahui sangat berkhasiat untuk membantu mengatasi bronkitis, flu serta disentri. Nah, bagian nanas kerang yang biasa digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan tersebut yaitu bagian bunganya. Dengan meminum air rebusan bunga nanas kerang diketahui dapat membantu mengatasi penyakit bronkitis, batuk, flu dan juga disentri secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Selain itu, jika sobat menambahkan daun nanas kerang dan gula jawa pada air rebusan bunga nanas kerang diketahui dapat sobat gunakan untuk mengatasi muntah darah.

  • Khasiat Nanas Kerang Untuk Mengatasi Bagian Tubuh Yang Terkilir

    Nah, disamping baik untuk pengobatan dalam. Nanas kerang juga diketahui sering dijadikan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi masalah tubuh luar seperti terkilir. Yup, senyawa dari nanas kerang dipercara dapat membantu meredakan rasa sakit yang terjadi akibat terkilir secara alami. Bagian tanaman yang digunakan untuk mengatasi bagian tubuh yang terkilir yaitu bagian dari daunnya. Daun nanas kerang diyakini memiliki efek antiradang yang dapat mengatasi peradangan yang terjadi akibat terkilir. Di samping itu, kandungan dari daun nanas kerang juga dipercara dapat meredakan rasa sakit yang dirasakan akibat terkilir.

    Untuk mendapatkan khasiat nanas kerang yang satu diketahui cukuplah mudah yaitu dengan cara menghaluskan beberapa helai daun nanas kerang, yang kemudian dibalurkan pada bagian tubuh yang terkilir. Dengan cara ini dikatahui bagian tubuh yang terkilir dapat diatasi dengan beberapa kali membalurkan daun nanas kerang yang telah dihaluskan.

  • Khasiat Nanas Kerang Untuk Mengatasi Memar dan Bengkak Akibat Benturan

    Khasiat nanas kerang lainnya yaitu dapat membantu mengatasi memar dan bengkak yang terjadi akibat sejumlah benturan dan sebagainya. Nah, untuk memanfaatkan khasiat nanas kerang yang satu ini diketahui hampir sama dengan penggunaanya untuk mengatasi bagian tubuh yang terkilir. Yaitu dengan menghaluskan beberapa daun nanas kerang yang telah dicuci bersih. Kemudian balurkan pada bagian tubuh yang memar dan bengkak. Lakukanlah pengobatan herbal ini beberapa kali hingga bagian tubuh yang memar atau bengkak sembuh.

  • Khasiat Nanas Kerang Sebagai Obat Berak Darah

    Nah, di samping sangat berkhasiat untuk mengatasi bagian tubuh yang terkilir, memar dan bengkak. Ternyata nanas kerang juga diketahui memiliki khasiat untuk membantu mengobati berak darah. Untuk mendapatkan khasiat nanas kerang yang satu ini, sobat hanya perlu merebus bunga dan daun nanas kerang dengan menambahkan gula enau secara bersamaan. Tunggu hingga mendidih sempurna, setelah itu saring dan minumlah airnya. Ramuan herbal ini diyakini sangat berkhasiat untuk membantu mengatasi berak darah secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping.

    Untuk mendapatkan khasiat nanas kerang secara maksimal dalam mengobati berak darah. Lakukanlah pengobatan herbal dengan mengkonsumsi ramuan herbal dari rebusan nanas kerang dua gelas dalam sehari untuk mempercepat penyembuhan berak darah.

  • Khasiat Nanas Kerang Untuk Meringakan TBC dan Mimisan

    Khasiat nanas kerang berikutnya yaitu sangat bermanfaat untuk meringakan penyakit TBC dan mimisan. Yup, senyawa dari tanaman nanas kerang ini dipercaya memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi tbc dan mimisan. Hal ini juga telah banyak dibuktikan oleh sejumlah masyarakat yang telah merasakan khasiat nanas kerang yang satu ini. TBC sendiri dikenal sebagai salah satu penyakit pernapasan yang umum terjadi. Penyakit yang satu ini umumnya terjadi akibat infeksi bakteri.

    Nah, dari efek farmokologi sendiri telah disebutkan sebelumnya bahwa tanaman nanas kerang ini memiliki efek yang dapat membantu melindungi paru-paru, yang mana hal ini juga sangat baik untuk penderita TBC. Untuk mendapatkan khasiat nanas kerang yang satu ini, sobat hanya perlu meminum air rebusan dari beberapa helas daun nanas kerang secara teratur sampai TBC yang dialami dirasa telah sembuh.

Nah, itulah dia khasiat nanas kerang yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya, semoga ulasan ini dapat bemanfaat untuk sobat sekalian. Terimakasih telah berkunjung dan menyimak ulasan yang telah saya sampaika… 🙂