Khasiat Nona Makan Sirih Sebagai Alternatif Pengobatan Herbal

Khasiat Nona Makan Sirih Sebagai Alternatif Pengobatan Herbal – Halo guys??? Selamat datang dan salam kenal, saya admin dari situs jamuobat.com, yakni situs yang menyediakan ragam macam informasi kesehatan, manfaat tanaman dan rekomendasi obat herbal unggulan yang telah berlegalitas BPOM RI. Nah, mungkin dari judul artikel ini masih ada sobat herbal yang masih bertanya mengenai nona makan sirih. Mungkin masih ada yang bertanyatanya, apa yang dimaksud nona makan sirih, apa itu sebuah julukan bagi seseorang dan lain sebagainya. Bagi sobat yang penasaran dengan si nona makan sirih ini, tenang karena pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai khasiat nona makan sirih nih. Untuk informasi selengkapnya tetap di situs kami ini dan simak sampai selesai ya guys.

Mungkin bagi mereka pecinta tanaman hias sudah tidak asing lagi dengan nama nona makan sirih. Yup, nona makan sirih bukanlah julukan atau semacamnya ya guys. Nona makan sirih merupakan tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Dan bahkan banyak orang yang membudidayakan tanaman hias yang satu ini.

Khasiat Nona Makan Sirih Sebagai Alternatif Pengobatan Herbal

Nona Makan Sirih Si Tanaman Hias Yang Menarik

Nona makan sirih (clerodendrum thimsoniae) dikenal sebagai salah satu jenis tanaman hias merambat dari anggota suku Lamiaceae (suku tanaman berbunga). Walaupun tanaman hias yang satu ini cukup populer di kalangan pecinta tanaman hias di Indonesia, namun tanaman ini bukan asli dari Indonesia nih guys. Dari yang diketahui tabnaman hias yang satu ini merupakan tanaman yang berasal dari Afrika Barat tropis yang telah tersebar di hampir seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Tanaman hias yang satu ini diketahui populer karena tanaman ini merupakan tanaman hias penaung yang memiliki rupa yang unik dan cantik. Sehingga tidak heran banyak pecinta tanaman hias yang membudidayakannya.

Selain itu, tanaman nona makan sirih juga dikenal sebagai tanaman hias yang rajin berbunga. Dari yang diketahui jika kita rajin merawatnya dengan memangkas batang tua dan membuang bunga yang layu, tanaman ini diketahui akan lebih rajin berbunga lagi.

Morfologi Tanaman Nona Makan Sirih

Tanaman nona makan sirih ini memiliki bunga yang unik, menarik dan indah. Bunga dari tanaman nona makan sirih ini memiliki ukuran yang kecil-kecil berwarna putih yang mana daru bunga putihnya ini juga muncul bunga mungil berwarna merah. Namun dari yang diketahui, sebenarnya bagian yang berwana putih bukanlah bunga yang sebenarnya melainkan bagian dari kelopak daun, dan bunga yang sebenarnya adalah yang berwarna merah yang muncul di tengah kelopak daun tersebut.

Nona makan sirih ini biasanya ditanam sebagai tanaman hias di halaman rumat atau di taman-taman. Tanaman hias yang satu ini diketahui dapart tumbuh hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan air laut. Nona makan sirih ini bisa ditaman di dalam pot atau di tanah secara langsung. Selain itu dari yang diketahui tanaman ini menyukai lokasi yang sedikit terlindungi atau terkena matahari penuh untuk berbunga bagus.

Tanaman hias yang satu ini diketahui memiliki daun tunggal, bertangkai 1-3 cm, bentuknya bulat telur memanjang (5-14 cm x 2-7 cm). Memiliki tekstur seperti kertas ujung runcing, tepi rata, seperti daun sirih namun warnanya lebih gelap dan berbulu halus.

Bunganya majemuk tandan, keluar dari ujung ranting atau ketiak daun. Kelopaknya putih, berbulu, panjang 1-3 cm, mahkota merah, panjang ± 2 cm. Memiliki buah yang berbentuk bulat, warnanya hijau dengan biji 2-4 buah. Jika sudah masak akan berubah warna menjadi cokelat kehitaman.

Tanaman nona makan sirih ini lebih suka di tanam di tempat yang terlindungi dan mendapatkan sinar matahari langsung. Selain itu, tanaman hias yang satu ini juga diketahui memerlukan penyiraman yang cukup. Di samping itu juga sesekali dapat diberi pupuk NPK, misalnya tiga bulan sekali diberi tiga sendok makan NPK (15-30-15). Cara memperbanyak tanaman hias yang satu ini juga cukup mudah yaitu dengan melakukan penyetekan batang, penyemaian biji-bijinya atau dengan memisahkan akarnya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis Nona Makan Sirih

Nah, selain dikenal akan keindahan dan keunikannya. Ternyata tanaman hias nona makan sirih juga dikenal sebagai tanaman herbal yang berkhasiat untuk pengobatan sejumlah penyakit loh. Tanaman nona makan sirih ini diketahui memiliki sejumlah senyawa yang sangat bekhasiat untuk tubuh.

Namun dari sejumlah sumber menyebutkan, bahwa senyawa kimia yang terkandung dalam tanaman nona makan sirih masih belum banyak diketahui secara pasti. Walaupun demikian sejumlah hasil riset penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menyebutkan, bahwa nona makan sirih ini memiliki efek farmakologis yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu sebagai penghilang panas dan racun (toksin) dalam tubuh.

Khasiat Nona Makan Sirih Sebagai Obat Herbal

Terdapat banyak khasiat nona makan sirih yang dapat kita manfaatkan sebagai altenatif pengobatan herbal untuk sejumlah penyakit. Beberapa khasiat nona makan sirih yang telah banyak diketahui diantaranya :

  • Khasiat Nona Makan Sirih Untuk Radang Selaput Gendang Telinga

    Walaupun penyakit peradangan yang terjadi pada telinga ini cukup umum dialami oleh dewasa ataupun anak-anak. Namun, khasiat nona makan sirih ini diketahui lebih efektif untuk menyembuhkan radang selaput gendang telinga yang dialami oleh anak-anak. Senyawa yang dimiliki nona makan sirih akan dapat membantu meredakan dan meringankan rasa sakit yang terjadi akibat efek dari peradangan yang terjadi. Di samping itu juga akan dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping.

    Nah, untuk mendapatkan khasiat nona makan sirih ini terbilang cukup mudah. Sobat hanya perlu menyiapkan 10-15 gram daun nona makan sirih yang telah dicuci bersih. Kemudian merebusnya dengan 3 gelas air. Tunggu hingga mendidih sampai airnya tersisa satu gelas. Setelah itu saring air hasil rebusannya, lalu minumlah air rebusa tersebut 2 kali sehari masing-masing setengah gelas. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, konsumislah ramuan herbal tersebut secara rutin hingga radang selapun gendang telinga yang anak sobat alami sembuh.

  • Khasiat Nona Makan Sirih Sebagai Obat Peluruh Kencing Batu dan Melancarkan Air Seni

    Khasiat nona makan sirih yang tak kalah populernya lagi yakni mampu membantu meluruhkan kencing batu, dan melancarkan pembuangan air seni. Kemungkinan khasiat nona daun sirih yang satu ini didapat dari sifat diuretik yang biasa didapat dari senyawa bahan herbal lainnya. Di mana senyawa ini diketahui mampu meluruhkan kencing batu dan melancarkan pembuanan urin secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping.

    Nah, untuk mendapatkan khasiat nona makan sirih yang satu ini juga terbilang sangatlah mudah. Sobat hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini yakni menyiapkan 15 gram daun nona makan sirih yang masih segar yang telah dicuci sampai bersih. Kemudian rebus daun nona makan sirih tersebut dengan 3 gelas air selama ± 15 menit. Setelah itu angkat dan biarkan hingga dingin. Kemudian saring air rebusan tersebut dan bagi dua untuk diminum 2 kali seari di pagi dan sore hari. Untuk mendapakan khaisat nona makan sirih ini secara maksimal. Lakukanlah penghobatan herbal yang satu ini secara teratur dan rutin setiap hari hingga keadaan sobat pulih seperti sediakala.

Nah, itulah dia beberapa khasiat nona makan sirih yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian…. Terimakasih telah berkunjung dan menyimak ulasan yang telah saya sampaikn sampai selesai… Salah sehat herbal untuk sobat herbalku… 🙂 Sampai jumpa di ulasan berikutnya ya guys ^^