Khasiat Semanggi Gunung Untuk Kesehatan

Khasiat Semanggi Gunung – Kembali lagi bersama kami di jamu obat . Salah satu situs web resmi yang selalu hadir menyajikan layanan informasi kesehatan untuk anda. Seperti biasanya, kini saya kembali untuk menambah wawasan anda mengenai khasiat tanaman herbal yang ada di sekitar kita. Yang akan jadi pembahasan kita kali ini yakni khasiat semanggi gunung. Tahukah anda apa itu semanggi gunung?  simak ulasannya berikut ini:

khasiat semanggi gunung

Khasiat Semanggi Gunung untuk Kesehatan

Semanggi gunung merupakan salah satu jenis tanaman paku air yang serng tumbuh di daerah lembab seperti pesawahan, atau tepi sungai. Daun semanggi gunung sendiri memiliki bentuk yang khas seperti payung. Bahkan di beberapa daerah, semanggi gunung ini di jadikan lalap atau bahan pecel. Namun, selain untuk di konsumsi ternyata daun semanggi gunung ini juga memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan. Daun semanggi gunung memiliki kandungan senyawa saponin, zat samak, dan minyak atsiri. Beberapa kandungan tersebut telah dibuktikan mampu menyembuhkan berbagai penyakit. maka tidak heran jika daun semanggi gunung ini banyak di cari untuk dijadikan bahan baku obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Semanggi gunung atau Hydrrocotyle sibthorpioides ini biasanya di budi dayakan di daerah lembab dan terbuka dengan cara di tanam bijinya atau dengan cara d lakukan penyetekan.

  • Untuk Sakit Pengecilan hati

Daun semanggi gunung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi pengecilan hati. tanaman ini memiliki anti-biotik dan anti-inflamasi yang baik sehingga efektif untuk mengatasi pengecilan hati. Cara mengolah semanggi gunung cukuplah mudah hanya dengan cara berikut ini:

– Siapkan daun semanggi gunung sebanyak 1 genggam
– Cuci hingga bersih
– Rebus daun tersebut dengan air 3 gelas hingga mendidih dan tersisa 1 gelas
– Minum ramuan daun semanggi gunung tersebut secara teratur. lakukan dengan rutin hingga pengecilan hati bisa terobati.

  • Mengobati Infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing atau infeksi saluran kemih merupakan satu gejala peradangan yang di sebabkan oleh bakteri yang masuk ke kantung kemih. Pada wanita biasanya lebih meningkat resiko terkena infeksi saluran kemih ini, hingga saat ini ahli kesehatan belum bisa menyebutkan dengan jelas apa penyebabnya. Namun, dapat di pastikan bahwa penyebab utamanya ialah bakteri dari anus. Daun semanggi gunung yang sedang kita bahas kali ini, ternyata memiliki kandungan yang baik untuk menyembuhkan infeksi pada saluran kemih dengan cara, membuat ramuan daun semanggi gunung yang harus habis dalam sekali minum. Cara membuat ramuan tersebut cukuplah mudah, hanya perlu menyiapkan 2 genggam daun semanggi gunung, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga menyusut menjadi 1 gelas. kemudian dinginkan, setelah dingin minumlah ramuan tersebut sampai habis. lakukan hal ini dengan rutin 2 kali dalam sehari.

  • Untuk mengobati sesak nafas

Sesak nafas merupakan satu kondisi dimana pernapasan kita terganggu, terganggunya pernapasan tentunya akan membuat kita menjadi khawatir akan adanya hal serius yang terjadi pada tubuh kuta. Namun saat ini, ahli kesehatan telah membuktikan bahwa kandungan yang terdapat pada daun semanggi gunung mampu menyembuhkan sesak nafas. Cara membuat nya sama dengan cara membuat ramuan daun semanggi lainnya, hanya saja yang membedakannya. Ramuan daun semanggi untuk mengobati sesak nafas harus di diamkan hingga dingin selama 15-20 menit sebelum di minum.

  • Daun Semanggi Gunung untuk obati Amandel

khasiat semanggi gunung selanjutnya yaitu untuk mengobati amandel yang mengganggu. Cara penggunaanya adalah dengan cara siapkan 2 genggam daun semanggi, kemudian cuci hingga bersih, setelah bersih tumbu daun semanggi hingga halus lalu tambahkan sedikit air dan peras ambil airnya saja. Air perasan daun semanggi itu secara rutin konsumsi hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Efek samping Daun Semanggi Gunung

Selain khasiat semanggi gunung , ternyata tanaman ini mempunyai efek samping tertentu jika mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Maka dari itu, kami selalu menyarankan untuk mengkonsumsi daun semanggi gunung sesuai dengan dosisnya.. Sebab jika kita tidak memperhatikan dosisnya, daun semanggi gunung ini juga akan menimbulkan efek samping seperti leucopenia atau  penurunan sel darah putih.

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Khasiat Semanggi gunung untuk kesehatan. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga.. Salam Sehat..!!