Khasiat Sereh “Bumbu Dapur Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan”

Khasiat sereh untuk kesehatan, Bertemu lagi bersama saya adminnya Jamu Obat Seperti biasanya, saya kembali hadir membawa Informasi menarik. Yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yakni mengenai sereh dan Khasiat sereh untuk kesehatan. Tanaman sereh lebih banyak dikenal semua orang sebagai bahan dan bumbu dapur yang kerap kali dijadikan sebagai bumbu dalam masakan. Namun, di balik semua itu sereh memiliki kandungan senyawa yang baik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Untuk lebih jelas nya, mari kita simak ulasan nya berikut ini:

khasiat sereh

Sereh atau serai merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak tumbuh di Indonesia, bahkan selama ini sereh sering kali kita gunakan sebagai bahan bumbu masakan. Hampir setiap orang tahu apa itu sereh, namun tidak semua orang tahu apa manfaat sereh. Selain untuk bahan tambahan dalam masakan, sereh juga mengandung senyawa anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-mikroba yang terbukti mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sereh merupakan salah satu tanman herbal yang kaya akan Vitamin seperti Vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin) B5 (asam pantotenat), B6 (pyridoxine), folat dan Vitamin C. Sehingga banyak para ahli kesehatan yang melakukan penelitian mengenai manfaat dan khasiat sereh untuk kesehatan. Terbukti bahwa kandungan yang dimiliki sereh mampu menyembuhkan penyakit seperti Insomnia, pernapasan, demam, infeksi dan penyakit lainnya.

Khasiat Sereh Untuk Kesehatan

Sereh memiliki senyawa utama seperti lemonal dan citral yang memiliki sifat anti-jamur dan snti-mikroba, oleh sebab itu menurut penelitian sereh memiliki khasiat sebagai berikut:

  • Meningkatkan Lemak Sehat (HDL)

Anti-hiperlipidemia dan hiperkolesterolemia yang terdapat pada sereh dapat meningkatkan kolesterol sehat dalam tubuh, kolesterol sehat sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga dapat membantu dalam mengeluarkan kolesterol jahat (LDL) yang kerap kali menghambat aliran darah. Kandungan anti-hiperlipidemia dan hiperkolesterolemia bekerja untuk mencegah akumulasi lipid dan meningkatkan aliran darah sehingga dapat mencegah aterosklerosis.

  • Detoksifikasi

Khasiat Sereh yang kedua ialah untuk menetralkan Paparan zat kimia dan logam mampu membuat tubuh mengalami keracunan. Hal itu yang membuat organ dalam tubuh seringkali tidak berfungsi secara normal. Salah satu manfaat sereh yang luar biasa ini mampu mendetoksifikasi dan membuang racun dalam tubuh sehingga mampu membuat organ tubuh kembali berfungsi secara normal.

  • Anti Kanker

Pakar kesehatan membuktikan bahwa kandungan yang terdapat pada sereh mampu menyembuhkan kanker tanpa mempengaruhi sel tubuh yang sehat. Selain itu, peneliti lainnya membuktikan bahwa sereh mengandung senyawa yang sangat menjanjikan untuk mencegah kanker kulit. Kandungan senyawa yang terdapat pada sereh memiliki sifat anti kanker yang baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubih.

  • Infeksi

Sereh memiliki sifat anti-mikroba dan anti-jamur yang di buktikan mampu menyembuhkan berbagai luka dan infeksi pada kulit seperti kurap, luka, kudis, dan infeksi saluran kemih.

  • Membantu Menyembuhkan Insomnia

Insomnia merupakan satu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur, Namun gangguan insomnia dapat diatasi menggunakan sereh. Karena sereh memiliki banyak manfaat, salah satunya sereh mampu menenangkan otot dan saraf sehingga membantu dan mendorong seseorang untuk tidur dengan nyenyak

  • Sereh Mengatasi Gangguan Pernapasan

Vitamin C dalam sereh bermanfaat untuk mengobati batuk dan pilek yang menjadi salah satu penyebab utama pernapasan terganggu. Vitamin C tersebut bekerja dengan cara mengatasi penyumbatan saluran pernapasan karena flu dan gangguan pernapasan lainnya seperti asma bronkial.