Khasiat Tomat Untuk Kesehatan

Khasiat tomat untuk kesehatan -, Selamat datang di portal kesehatan online Jamu Obat Herbal. Disini Anda akan menemukan berbagai informasi seputar kesehatan dan pengobatan yang terus di update setiap harinya. Dan Seperti biasanya, kini admin kembali akan berbagai informasi menarik yang mana pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar manfaat tomat secara umum. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Bagi Anda yang ingin mengetahi informasi selengkapnya, jangan sampai lewatkan untuk menyimak informasi berikut ya!

khasiat tomat

Tentunya kita tak asing lagi dengan buah tomat. Buah yang sering dikreaksikan dalam beberapa olahan ini, tanpa kita sadari ternyata memiliki kebaikan yang luar biasa bagi tubuh. Hal tersebut dikarenakan buah yang memiliki warna merah keorenan ini memiliki segudang kandungan berkhasiat didalamnya.

Adapun salah satu kandungan yang paling terkenal dalam buah tomat sendiri adalah likopen (lycopene). Kandungan ini sendiri merupakan jenis antioksidan alami palingh kuat yang mana dapat membantu mencegah radikal bebas, yang mana merupakan salah satu penyebab kanker. Selain dari pada itu, didalamnya juga terkandung berbagai kandungan gizi dan nutrisi alami lainnya. Seperti alfa-karoten, beta-karoten, lutein, kalori, gula, vitamin A, dan vitamin C. Sehingga tak heran, jika manfaat dari buah tomat ini cukup melimpah ruah.

Manfaat dan khasiat tomat untuk kesehatan hingga kecantikan kulit wajah

Tak hanya baik untuk kesehatan, berbagai kandungan alami didalam tomat juga ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk wajah, kecantikan, kulit dan rambut. Dan berikut adalah rincian khasiat tomat secara menyeluruh.

1. Khasiat tomat untuk kesehatan

  • Mencegah kanker. Kandungan likopen yang terdapat didalam buah ini diduga mampu mencegah berbagai jenis kanker berbahaya, seperti kanker serviks (leher rahim), usus besar, rektum, perut, paru-paru, ovarium, pankreas, prostat, payudara dan kandung kemih. Hal tersebut dikarenakan tomat diyakini mampu membantu menjaga DNA dari keruksakan yang dapat menybabkan kanker.
  • Membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Penelitian menujukkan bahwasannya ekstrak tomat diduga mampu mengurangi tekanan darah pada tekanan darahh tinggi yang ringan. Hal tersebut dikarenakan tomat mengandung kalium yang mana berfungsi untuk menurunkan dan menormalkan tekanan darah.
  • Menyehatkan jantung. Kandungan tomat berupa serat, kalium, vitamin C dan kolat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Bahkan dengan meningkatkan asuupan kalium juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), stroke dan penyakit kronis lainnya.
  • Mengurangi gejala asma. Menuirut beberapa hasil penelitian menujukkan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak tomat dipercaya mampu mengurangi gejala asma terutama setelah atau selama berolahraga.
  • Mencegah katarak. Dengan rajin mengonsumsi apel atau tmat anggur juga diyakini mampu mencgah penyakit mata katarak.
  • Mengatasi depresi. Asam folat yang terkandung didalam tomat juga diketahui dapat membantu mengatasi depresi. Caranya, yakni dengan mencegah kelebihan hormon homosistein dalam tubuh. Kelebihan hormon ini bisa mengganggui produksi hormon serotonin, dopamin dan juga norepinefrin yang bertugas untuk mengatur suasana hati, tidur dan nafsu makan.
  • Mengatasi diabetes. Satu mangkuk tomat ceri mengandung 2 gr serat. Dan menurut hasil penelitian menunjukan bahwasannya mengonsumsi makanan berserat mampu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes 1, serta memperbaiki gula darah, lipid dan juga kadar insulin bagi penderita diabetes 2.
  • Mengatasi sembelit. Kandungan serat yang cukup tinggi didalam tomat dapat membantu melancarkan buang air besar, meminimalkan sembelit dan juga mencegah dehidrasi.

2. Manfaat tomat untuk kecantikan, kulit, wajah dan rambut

  • Menjadikan kulit sehat dan nampak awet muda. Hal tersebut karena kandungan likopen mampu meningkatlan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari sinar Ultraviolet (UV) yang berbahaya. Dan kandungan kolagen dan vitamin C didalam tomat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mencegah keruksakan kulit juga memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.
  • Mengatasi kulit berminyak. Masalah pada wajah yang satu ini merupakan pemicu masalah pada wajah lainnya seperti komedo dan jerawat. Untuk mengatasinya, Anda bisa memnafaatkan tomat untuk dijadikan masker wajah yang dikombinasikn dengan alpukat.
  • Mencegah jerawat. Diodalam buah tomat ini juga mengandung vitamin E, yang mana dapat digunakan sebagai pencegah jerawat datang kembali di wajah. Penggunaannya cukup dengan menjadikannya masker.
  • Mencegah komedo. Komedo adalah masalah kulit wajah lainnya selain jerawat. Adapun dengan menjadikan tomat sebagai masker akan sangat efektif dalam mencegah dan menghilangkan komedo.
  • Mengatasi kerontokan rambut. Kandungan vitamin A yang terdapat didalam tomat sangat baik untuk menjaga kekilauan dan kekuatan rambut. Dan selain itu, nyatanya hyga baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Dengan mengonsumsi tomat, maka rambut akan terlebihat menjadi lebih sehat.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat tomat lainnya yang bisa didapatkan wanita maupun pria. Mulai untuk ibu hamil, bayi, diet, lambung dan masih banyak lagi. Adapun untuk menjaga kesehatan dan pengobatan alternatif, Anda bisa mengonsumsi secara langsung atau mengolahnya menjadi jus tomat segar tanpa gula setiap hari. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait khasiat tomat dapat bermanfaat. Salam sehat!