Khasiat Tradisional Kunyit Untuk Kesehatan

Khasiat Tradisional Kunyit – Selamat datang dan selamat berkunjung di website kami www.jamuobat.com yang akan menampilkan beberapa informasi menarik seputar kesehatan. Kali ini kita akan membahas khasiat tradisional kunyit, sebelum ke pokok pembicaraan alangkah baiknya kita mengetahui apa itu kunyit? Kunyit atau bisa disebut sebagai kunir memiliki nama latin curcuma longa merupakan tanaman rempah rempah yang memiliki banyak sekali khasiatnya bagi tubuh. Kunyit ini berasal dari wilayah Asia Tenggara dan mengalami penyebaran ke daerah indonesia, malaysia, australia dan afrika.

Khasiat Tradisional Kunyit

Kunyit ini tergolong kedalam kelompok jahe jahean dan juga termasuk kedalam zingiberaceae. Kunyit ini memiliki beberapa kandungan diantaranya :

  • Minyak Atsiri

Minyak atsiri merupakan minyak dari tanaman yang komponennya secara umum mudah menguap sehingga banyak yang menyebut minyak atsiri sebagai minyak terbang. Minyak atsiri ini terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (Aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), atlanton, bisabolen, kurlon kurkumol, seskuifellandren, aril kurkumen, zingiberin, dan humulen.

  • Zat warna Kurkuminoid

Zat warna kurkuminoid merupakan salah satu senyawa diarilheptanoid yang terdiri dari curcumin, desmetoksikurkumin, dihidrokurkumin dan bisdesmetoksi kurkumin.

  • Mineral

Mineral terdiri dari zat, magnesium, kalium, mangan, kalsium dan juga natrium.
Selain itu terdapat beberapa zat lainnya seperti tanin, glukosa, pati, fruktosa,arabinosa dan juga dammar.

Ciri ciri kunyit

Setiap tanaman tanaman berdaun 3-8 helai, panjang daun beserta pelepahnya sampai 70 cm, tanpa lidah daun, berambut halus jarang-jarang, helainan daun berbentuk lanset lebar, ujung daun lancip, panjangnya 28-85 cm, lebar 10-25 cm, tepi daun rata, tulang daun menyirip, rimpang terbentuk denag sempurna bercabang-cabang, berwarna jingga, bau aromatis. Morfologi akar kunyit yakni bentuk rimpangnya bulat dan panjang dengan diameter 1-2 cm serta panjang 3-6 cm. dari ruas-ruasnya dapat tumbuh tunas baru yang akan berkembang menjadi tanaman baru. Akar kunyit memiliki aromatik yang khas dan rasanya yang sedikit agak pedas dan agak pahit.

Khasiat tradisional kunyit

  • Untuk mengatasi peradangan

Peradangan atau inflamasi merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat reaksi terhadap infeksi ataupun gangguan pada sel jaringan pada tubuh. Inflamasi atau peradangan biasanya diakibatkan oleh infeksi bakteri dan radikal bebas yang memicu pelepasan senyawa sitokin. Curcumin yang ada pada kunyit dapat meningkatkan kekebalan sel imun dan juga menghambat produksi sitokin serta prostaglandin sehingga peradangan dalam tubuh dapat teratasi.

  • Menyembuhkan gangguan pencernaan

Kandungan curcumin dalam kunyit mampu merangsang kantung empedu untuk menghasilkan empedu. Empedu adalah zat yang dihasilkan organ hati untuk membantu mencerna lemak pada tubuh manusia dan juga membantu mengendalikan beratbadan. Selain curcumin terdapat kandungan minyak atsiri yang dapat membantu mengurangi gerakan usus yang kuat. Hal tersebut dapat melancarkan pencernaan dan mengurang resiko diare.

  • Menghambat kerusakan kromosom

Kunyit mengandung antioksidan dan kurkumin yang dapat menghambat kromosom. Kerusakan kromosom dapat mengakibatkan terjadinya kelainan atau abnormal pada manusia.

  • Menjaga gula pada penderita diabetes

Diabetes membutuhkan insulin dan juga gliserol yang dapat menaikan gula darah. Anda dapat mengkonsumsi kunyit untuk mengontrol gula darah anda. Tetapi anda harus hati hati jangan sampai anda memadukan obat dengan kunyit, hal ini dapat membahayakan kesehatan anda karena gula darah anda akan turun secara drastis.

  • Menghilangkan jerawat

Kandungan kurkumin dan mineral dapat berkhasiat untuk menghilangkan noda pada jerawat. Bahan produk penghilang jerawat juga banyak yang menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya. Anda dapat menggunakan kunyit ini dengan cara parut kunyit sampai halus kemudian oleskan pada wajah yang dan tutupi noda jerawat pada wajah. Lakukan cara ini secara rutin sampai jerawat anda sembuh.

  • Meningkatkan fungsi hati

Kunyit memiliki kemampuan pada hati untuk mendetoksifikasi xenobiotik (beracun) bahan kimia. Para peneliti juga memberikan kesimpulan bahwa kunyit dapat meningkatkan sistem detoksifikasi selain sifat anti-oksidan.

  • Mengurang resiko leukimia

Menurut sebuah penelitian mengenai leukimia yang diselenggarakan di London, membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan dengan dibumbui kunyit dapat mengurang resiko terkena leukemia.

Selain itu kunyit juga dapat mengatasi beberapa penyakit kanker seperti kanker hati, kanker usus besar, kanker darah dan kanker prostat. Sekian pembahasan kali ini mengenai khasiat tradisional kunyit untuk kesehatan semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih