Khasiat Turi Untuk Kesehatan

Khasiat turi untuk kesehatan -, Selamat bergabung kembali bersama kami di halaman Jamu Obat Herbal. Pada halam kali ini admin akan berbagi informasi terkait khasiat dan manfaat tanaman herbal turi. Meski tanaman ini telah sejak lama di konsumsi, namun sudahkan Anda mengetahui apa saja kandungan dan khasiat yang terkandung didalamnya? Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, jangan sampai lewatkan untuk menyimak ulasan singkat berikut ya!

khasiat turi

Turi adalah salah satu jenis tumbuhan yang banyak tersebar di Benua Asia dan umumnya memiliki bunga dengan 3 warna, yaitu merah, putih dan kombinasi merah-putih. Tumbuhan yang memiliki nama latin Sesbania Grandiflora ini, pada dasarnya telah dimanfaatkan sejak dulu sebagai obat herbal yang berkhasiat. Hal tersebut dikatenakan seluruh bagian dari tanaman ini mengandungan kandungan nutrisi khususnya kulit batang, akar, biji, daun hingga bunganya bisa dimanfaatkan. Hanya saja bagian daun dan kembang turi lebih sering kali dimanfaatkan.

Bahkan sebagian masyarakat tak jarang memanfaatkan bunga turi sebagai sayuran untuk di masak karena rasanya yang lezat. Kembang turi ini biasanya diolah menjadi salah satu tambahan sayur dalam olahan pecel atau urap. Hanya saja bunga turi merah lebih banyak di gunakan dalam santapan urap, dibandingkan bunga turi putih atau kombinasi. Namun tenang saja, ketiga warna tersebut sebenarnya aman untuk dikonsumsi.

Adapun berbagai kandungan zat alami yang terkandung dalam bunga turi adalah etanol, magnesium, postassium, vitamin C, zat besi dan lainnya. Sedangkan dalam daun turi diketahui mengandung vitamin A, kalsium, serat, saponin, protein, kalisum, besi, fosfor, sodium, riboflavin, niacin, vitamin C dan tannin. Nah, karena kandungan nutrisinya yang cukup banyak, maka tak heran jika khasiat turi merah maupun putih ini juga beragam. Baik itu sebagai sayur yang baik untuk kesehatan maupun menjadi obat herbal yang baik untuk pengobatan alternatif.

Manfaat dan khasiat turi untuk kesehatan mulai dari daun hingga bunganya

Berikut adalah berbagai khasiat tanaman turi selengkapnya yang patut untuk Anda ketahui.

1. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Study yang dilakukan oleh International Journal of Pharma Tech Research pada tahun 2100 telah berhasil membuktikan bahwasannya kandungan etanol yang terdapat dalam khasiat kembang turi mampu mempercepat penyembuhan luka secara potensial. Hal ini juga bahkan melebihi efek penyembuhan luka dengan menggunakan nitrofurazon.

2. Mengobati sariawan

Kadar vitamin C yangh terdapat didalam bunga turi merah maupun putih mencapai 75 mg/gr. Sehingga khasiat turi ini sangat cocok bagi mereka yangh mengalami sariawan dan bibir pecah-pecah. Caranya cukup dengan berkumur menggunakan air yang di campur dengan remasan bunga turi. Ataupun Anda juga bisa langsung menempelkan remasan bunganya pada bagian yang terkena sariawan.

3. Mencegah penyakir kardiovaskular

Didalam kembang turi juga memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Adapun manfaat dari minral ini sangatlah banyak. Diantaranya dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Sehingga dengan mengonsumsi bunga turi ini Anda bisa terbebas dari resiko terkena stroke, penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya.

4. Detoksifikasi tubuh

Paparan zat kimia dan juga logam berat mampu membuat tubuh keracunan. Dan salah satu khasiat bungan turi ini bisa menjadi alternatifnya. Lantaran kandungan senyawa alami yang terdapat didalamnya mampu mengeluarkan berbagai zat racun didalam tubuh atau yang disebut dengan proses detoksifikasi.

5. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

khasiat turi lainnya yang bisa Anda dapatkan dari bagian daunnya yakni mampu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Hal tersebut karena daun turi sendiri memiliki kandungan vitamin dan juga kalsium yang cukup tinggi. Sehingga secara otomatis tumbuhan ini bisa mampu mencegah osteoporosis juga arthritis khususnya pada orang tua.

6. Menyehatkan dan mencerahkan kulit

Beberapa masalah pada kulit seperti halnya kulit yang pucat dan adanya lingkaran hhitam di bawah mata, umumnya sering kali dialami oleh banyak orang. Biasanya hal tersebut dikarenakan kurangnya zat besi yang menyebabkan produksi hemoglobin dan sel darah merah menjadi berkurang. Untuk solusi alternatifnya, Anda bisa mengonsumsi daun turi yang mana diketahui memiliki kandungan zat besi yang tinggi didalamnya.

Nah, itulah sederet manfaat dan khasiat turi untuk kesehatan tubuh. Tak jarang turi juga sering dijadikan sebagai pengobatan alternatif, diantaranya seperti penambah nafsu makan, penghilang jerawat, meringankan gejala PMS, mengobati rabun senja, mengobati radang tenggorokan, mengatasi gangguan disentri, menagatasi keputihan dan masih banyak lagi. Selain itu, bunga turi diketahui baik untuk kecantikan wajah, ibu hamil, ibu menysui dan perawatan payudara. Semoga bermanfaat.