Khasiat Urang Aring Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Khasiat Urang Aring Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan – Hallo sobat jamuobat.com??? Jumpa lagi nih dengan saya admin dari situs yang menyediakan ragam macam informasi kesehatan, manfaat tanaman dan juga rekomendasi obat herbal unggulan yang terbukti efektif dan aman serta berstandar BPOM RI. Nah, sobat herbal, untuk ulasan yang akan disampaikan kali ini, saya akan memebahas khasiat urang aring. Mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing dengan nama urang aring ini. Atau mungkin ada sobat herbal yang tidak asing dengan nama ini namun tidak tahu apa itu urang aring. OK tidak usah khawatir karena ulasan kali ini saya akan memberikan secara keseluruhan mengenai urang aring.

Khasiat Urang Aring Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Urang Aring Si Gulma Berkhasiat

Urang aring, spesies dari Eclipta Alba ini merupakan salah satu jenis tanaman yang dikenal sebagai gulma atau hama tanaman yang juga termasuk ke dalam tanaman liar. Walaupun dianggap sebagai gulma, namun ternyata urang aring ini sangat populer di hampir seluruh negara di dunia loh. Mereka mengenal urang aring ini sebagai tanaman yang kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Secara umum, urang aring memang lebih dominan dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat untuk menyuburkan rambut. Namun, selain sangat berkhasiat untuk membantu menumbuhkan rambut. Urang aring juga diketahui memiliki khasiat lain yang baik untuk membantu merawat dan menyembuhkan sejumlah penyakit secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping.

Urang aring dapat dengan mudah untuk ditemukan. Kebanyakan urang aring bisa kita temukan di pinggiran sawah, ladang dan tempat-tempat terbuka lainnya yang cukup akan cahaya dan kebutuhan air. Dari yang diketahui habitat asli dari urang aring masih belum diketahui secara pasti. Namun tanaman liar ini diketahui banyak ditemukan di daratan Asia Tenggara seperti India, China, Thailand, Malaysia dan juga Indonesia. Walaupun demikian nyatanya tanaman yang satu ini diketahui sangat populer di kalangan masyarakat dunia. Mengenai penyebaran tanaman ini diketahui sangatlah luas, sehingga tanaman urang aring sendiri diketahui memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah dan negara. Nama-nama lain dari tanaman urang aring ini di antaranya orang aring (Jawa), te-lenteyan (Madura), daun tinta (Banda), daun sipat, keremak jantan (Malaysia), dan false daisy (Inggris).

Morfologi Tanaman Urang Aring

Tanaman urang aring ini merupakan tanaman terna semusim yang memiliki batang tegak atau berbaring dan bercabang-cabang dengan ukuran sekitar 0.8 m. Batang dari tanaman urang aring ini diketahui memiliki bentuk bulat pejal berwarna keunguan dan berbulu halus putih. Daun dari urang aring diketahui saling berhadapan, duduk, lanset memanjang hingga bundar telur memanjang dengan ukuran 2-12.5 x 0.5-3.5 cm. Pangkalnya diketahui menyempit dengan ujung yang runcing. Tepi daunnya bergerigi atau hampir rata, kedua permukaanya diketahui memiliki bulu halus.

Tanaman urang aring diketahui memiliki bunga yang tergantung dalam bongkol, bunganya majemuk bertangkai panjang. Memiliki 2-3 bongkol yang dapat berkumpul di ujung atau di ketiak daun. Selain itu, bongkolnya ini dibalut dengan daun dalam 2 lingkaran dengan ukuran panjanganya 5 mm, yang dapat membentuk mangkuk. Bunganya memiliki tepi dengan mahkota bentuk pita sempit, bergigi dua. Bunga cakramnya membentuk tabung berwarna putih. Buahnya keras memanjang hingga serupa baji pendek, 2 mm dan berbintil-bintil.

Kandungan Berkhasiat Dari Tanaman Urang Aring

Walau dikenal sebagai gulma yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman para petani. Namun, urang aring diketahui memiliki sejumlah kandungan yang sangat bekhasiat untuk kesehatan tubuh. Sehingga tidak heran jika tanaman urang aring disebut sebagai tanaman yang kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh. Terdapat sejumlah kandungan senyawa aktif yang dimiliki urang aring. Di mana kandungannya ini diketahui sangat berkhasiat untuk membantu merawat kesehatan tubuh dan juga berkhasiat untuk membantu mengobati sejumlah penyakit yang bersarang dalam tubuh. Beberapa kandungan yang dimiliki urang aring ini, di antaranya :

  • Ecliptine,
  • Alfa Terthienylmethanol,
  • Thiophene,
  • Tanin
  • Wedelolactone
  • Phytosterol
  • Isoflavonoids
  • Triterpenoid
  • Saponin
  • Dan lain sebagainya

Nah, dengan adanya kandungan tersebut membuat urang aring dikenal secara luas sebagai salah satu tanaman herbal yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

Khasiat Urang Aring Untuk Kesehatan

Kandungan dari urang aring diketahui memiliki khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh. Beberapa khasiat urang aring yang telah banyak diketahui, di antaranya :

  • Khasiat Urang Aring Untuk Menyuburkan Rambut

    Mungkin khasiat urang aring yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi sobat. Yup, urang aring sendiri sudah sangat populer akan khasiatnya yang dapat membantu menyuburkan rambut dengan baik dan cepat. Nah, bagi sobat yang memiliki masalah dengan kondisi rambut seperti rambut rontok dan mudah patah atau bagi sobat yang memiliki pertumbuhan rambut yang lama. Sobat bisa memanfaatkan khasiat urang aring yang satu ini. Kandungan yang dimiliki urang aring akan membantu menyuburkan rambut secara alami dan menghasilkan rambut yang sehat hitam berkilau.

    Untuk mendapatkan khasiat urang aring yang satu ini caranya sangatlah mudah. Sobat hanya perlu memanfaatkan beberapa lembar daun urang aring. Kemudian rendam daun urang aring tersebut ke dalam air. Setelah itu remas-remas daun urang aring tersebut, sehingga air rendaman urang aring tersebut berubah warna menjadi hitam. Lalu, oleskan hasil rendaman daun urang aring tersebut ke kepala dan bagian rambut sobat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sobat dapat menjadikan ramuan urang aring ini sebagai perawatan rambut sobat secara teratur.

  • Khasiat Urang Aring Untuk Menghilangkan Ketombe

    Selain berkhasiat untuk menyuburkan rambut, ternyata kandungan urang aring juga dikenal sangat efektif untuk membantu menghilangkan ketombe. Yup, daun urang aring yang diolah menjadi ekstrak atau minyak urang aring diketahui dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi dan menghilangkan ketombe yang sering muncul pada bagian rambut dan kulit kepala. Hal ini dikarenakan, dengan memijat kulit kepala dengan urang aring diketahui dapat membuat kulit kepala menjadi lembab dan tidak kering. Yang mana hal ini akan membuat ketombe menjadi sulit untuk muncul dan mengganggu penampilan.

  • Khasiat Urang Aring Untuk Menghitamkan Rambut

    Masih seputar khasiat urang aring untuk rambut nih guys. Yup, satu khasiat urang aring lainnya yang baik untuk rambut yaitu mampu membuat rambut menjadi hitam sehat berkilau. Nah, salah satu kandungan yang dimiliki urang aring yakni senyawa ecliptine dikenal sebagai senyawa alami yang dapat membuat warna rambut menjadi hitam berkilau. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkan tanaman urang aring sebagai penghitam rambut alami.

    Nah, jadi bagi sobat yang ingin memiliki rambut hitam berkilau nan sehat, sobat bisa memanfaatkan tanaman urang aring sebagai solusinya. Untuk mendapatkan khasiat urang aring yang satu ini. Sobat bisa melakukakan dengan mengoleskan dan mencuci rambut sobat dengan minyak urang aring. Dengan rutin mengoleskannya maka rambut akan menjadi tampak lebih hitam berkilau.

  • Khasiat Urang Aring Sebagai Obat Gangguan Hati

    Selain sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut, nyatanya kandungan urang aring juga diketahui sangat berkhasiat untuk membantu mengatasi sejumlah gangguan kesehatan. Salah satunya adalah membantu mengobati gangguan fungsi hati secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Mengenai gangguan fungsi hati sendiri diketahui dapat terjadi akibat sejumlah hal. Salah satunya akibat keracunan atau over dosis dari kandungan bahan kimia tertentu seperti obat-obatan yang menyebabkan hati bekerja lebih berat dan menyebabkan gangguan pada hati.

    Nah, urang aring diketahui memiliki senyawa yang dikenal baik untuk membantu mendetoksifiskasi racun yang terdapat dalam tubuh yang menjadi penyebab gangguan hati tersebut. Kandungan tersebut juga akan membantu fungsi hati untuk mengeluarkan sejumlah zat yang dapat membahayakan kesehatan tubuh secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping.

  • Khasiat Urang Aring Sebagai Obat Gangguan Lambung

    Khasiat urang aring lainnya yaitu dapat membantu mengobati gangguan lambung secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Beberapa gangguan lambung yang sering terjadi di antaranya yaitu maag, asam lambung, diare dan juga radang dan iritasi pada bagian lambung. Nah, senyawa dari urang aring diketahui memiliki efektivitas yang sangat baik untuk mengatasi sejumlah gangguan lambung tersebut secara menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Cara mendapatkan khasiat urang aring yang satu ini juga terbilang sangatlah mudah yaitu sobat hanya perlu meminum air rebusan dari daun urang aring atau juga dapat mengkonsumsi daun urang aring tersebut sebagai lalapan.

  • Khasiat Urang Aring Untuk Mengobati berbagai Penyakit Kulit

    Selain baik untuk organ pencernaan. Urang aring juga dikenal memiliki kemampuan yang sangat baik untuk membantu mengobati sejumlah gangguan kesehatan kulit secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping yang akan merugikan kesehatan. Beberapa penyakit kulit yang dapat disembuhkan dengan bantukan kandungan dari urang aring ini diantaranya yaitu ruam dan iritasi kulit, eksim, kutu air, dan juga bekas luka. Cara mendapatkan khasiat urang aring yang satu ini juga diketahui sangatlah mudah yakni dengan memanfaatkan beberapa lembar daun urang aring yang kemudian diiris dan rajang kasar daun urang aring yang telah disiapkan. Kemudian remas sedikit daun urang aring, lalu tempelkan dan kompres pada bagian kulit yang mengalami gangguan.

  • Khasiat Urang Aring Untuk Mengatasi dan Menyembuhkan Sengatan Hewan Berbisa

    Bukan hanya berkhasiat untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan di atas. Ternyata kandungan dari tanaman urang aring juga diketahui sangat baik untuk membantu mengatasi dan menyembuhkan sengatan dari hewan berbisa. Cara untuk memanfaatkan khasiat urang aring yang satu ini juga sangatlah mudah yakni hanya dengan mengompreskan daun urang aring yang telah dihaluskan luka bekas gigitan hewan berbisa, maka racun yang masuk ke dalam tubuh akan dapat segera dinetralisir. Namun, khasiat urang aring yang satu ini hanya berlaku untuk mengatasi bisa hewan yang ringan dan juga berlaku untuk pertolongan pertama. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih efektif lagi sobat bisa menggunakan obat penawar bisa yang lebih ampuh lagi.

  • Khasiat Urang Aring Yang Dapat Mendinginkan Kepala

    Selain dapat menyehatkan rambut, kandungan urang aring juga diketahui memiliki efek yang dapat mendinginkan dan menjaga kelembaban kulit kepala. Khasiat urang aring yang satu ini akan membuat kulit kepala menjadi tetap terasa segar dan juga mencegah munculnya ketombe dan juga kutu pada kulit kepala. Untuk memanfaatkan khasiat urang aring yang satu ini sama halnya dengan penggunaan khasiat urang aring dalam menghilangkan ketombe. Sobat dapat menjadikan minyak hasil eksrasi urang aring menjadi perawatan rambut sobat secara rutin dan teratur untuk mendapatkan khasiat urang aring secara maksimal.

  • Khasiat Urang Aring Sebagai Anti Bakteri

    Urang aring juga diketahui memiliki senyawa yang berkhasiat sebagai antibakteri. Yup, senyawa tersebut diketahui akan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan berbagai jenis bakter yang menyerang tubuh. Selain itu, senyawa tersebut juga akan membantu untuk mengeluarkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh secara alami dan menyeluruh.

  • Khasiat Urang Aring Yang Baik Untuk Kesehatan Sistem Syaraf

    Manfaat lain dari tanaman urang aring adalah membantu menjaga kesehatan sistem syaraf. Yang mana salah satu khasiat urang aring ini diketahui telah teruji manfaatnya, sehingga banyak orang yang sudah tidak meragukan khasiat urang aring yang satu ini. Dari yang diketahui senyawa yang terkandung dalam urang aring akan dapat membantu sistem syaraf menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Sehingga dengan begitu sobat akan terhindar dari stres oksidatif dan juga tubuh sobat akan tetap terjaga kesehatannya.

  • Khasiat Urang Aring Sebagai Antihipertensi

    Daun urang aring juga diketahui memiliki sifat antihipertensi yang dapat membantu untuk mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Di mana senyawa yang terkandung dalam urang aring akan membantu sobat untuk mengontrol tekanan darah sobat agar tidak meningkat. Hal ini juga dipengaruhi karena senyawa dari urang aring juga dikenal sangat berkhasiat untuk membantu melancarkan peredaran darah, sehingga hal ini juga sangat baik untuk penderita hipertensi.

  • Khasiat Urang Aring Untuk Menurunkan Demam

    Selain dapat membantu mengatasi hipertensi, senyawa yang dimiliki urang aring juga diketahui memiliki sifat antipiretik yang bermanfaat untuk membantu menurunkan demam atau panas pada tubuh. Dengan sifatnya urang aring juga sering digunakan sebagai obat demam yang efektif.

  • Khasiat Urang Aring Untuk Menghentikan Pendarahan

    Nah, bagi sobat yang sering mengalami luka atau sobat yang mengalami menstuasi dengan pendarahan yang keluar berlebihan, urang aring ini bisa mejadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang sobat alami ini. Yup, hal ini dikarenakan kandungan yang dimiliki urang aring selain bersifat sebagai antipiretik yang dapat menurunkan demam, juga bersifat sebagai hemostatis. Sifat senyawa urang aring yang satu ini diketahui memiliki peranan yang sangat baik untuk membantu tubuh dalam menghentikan pendarahan berlebih baik yang terjadi akibat luka atau menstruasi pada wanita.

  • Khasiat Urang Aring Yang Baik Untuk Kesehatan Ginjal dan Melancarkan Saluran Kencing

    Ginjal sendiri merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sangat penting. Di mana ginjal sendiri diketahui sebagai salah satu organ ekresi untuk membantu mengolah zat yang dibutuhkan tubuh dan mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Nah, bagi sobat yang ingin menyehatkan ginjal secara alami dan menyeluruh serta membantu agar terhindar dari berbagai serangan penyakit yang biasa menyerang ginjal, sobat dapat memanfaatkan daun urang aring sebagai perawatannya. Yup, senyawa dari daun urang aring ini diketahui memiliki kemampuan yang sangat baik untuk membantu menyehatkan organ ginjal dan juga bersifat diuretik yang akan membantu melancarkan saluran kencing.

  • Khasiat Urang Aring Untuk Mengatasi Keputihan

    Nah, selain dapat membantu masalah menstruasi berlebih. Tenyata daun urang aring juga diketahui dapat sobat wanita manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi keputihan. Di mana senyawa yang terkandungn dalam daun urang aring ini dikenal sebagai antibakteri yang sangat baik untuk membantu mengatasi sejumlah bakteri yang merugikan kesehatan tubuh. Salah satunya membantu mengatasi bakteri yang menjadi penyebab keputihan tidak normal. Dengan senyawa ini juga diketahui dapat membantu meringankan sejumlah gejala keputihan dan mengurangi rasa gatal pada organ kewanitaan. Jadi bagi sobat yang ingin mengatasi keputihan tidak normal secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping, sobat bisa menjadikan daun urang aring sebagai solusi herbalnya.

Nah, itulah dia beberapa khasiat urang aring yang telah banyak diketahui oleh masyarakat dunia. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Terimakasih telah berkunjunga dan menyimak ulasan ini sampai akhir. Salam sehat herbal untuk sobat herbalku semua 🙂 sampai jumpa di ulasan berikutnya ya guys ^^