Khasiat Waru Lengis Untuk Pengobatan Sejumlah Penyakit

Khasiat Waru Lengis Untuk Pengobatan Sejumlah Penyakit – Aishh ketemu lagi nih dengan saya si admin jamuobat.com di situs yang menyediakan ragam macam informasi kesehatan, manfaat tanaman dan rekomendasi obat herbal unggulan yang telah berlegalitas BPOM RI. Oh ya gays di sini apa ada yang tahu dengan waru lengis??? Gak tahu tuh, apa ya, nama tempat, atau nama orang??? Eits-eits bukan dong, waru lengis itu dikenal sebagai nama tanaman ya guys. Yang mana dari yang diketahui konon katanya, jika tanaman ini tumbuh miring atau doyong, tanaman ini sering dijadikan sebagai tempat tinggal makhuk halus loh tepatnya kuntilanak nih guys… Masa sih??? Mengenai kebenaran dari katanya tersebut tergantung lagi nih sama kalian. Tapi itu juga masih katanya ya guys, jadi belum tentu juga benar tuh.

Nah, beralih dari katanya tersebut, dari yang diketahui tanaman ini juga dikenal sebagai salah satu tanaman yang sering digunakan untuk pengobatan herbal loh. Penasarann dengan khasiat waru lengis yang katanya dapat mengobati sejumlah penyakit??? Yuk, simak ulasan mengenai khasiat waru lengis ini sampai selesai ya guys!!!

Tanaman Waru Lengis

Waru lengis dikenal sebagai tanama tropis berbatang sedang yang biasanya tumbuh liar di ladang atau hutan. Walaupun demikian akhir-akhir ini tidak jarang orang yang menjadikan tanaman waru lengis sebagai tanaman peneduh di pekarangan rumah. Nah, daun muda dari tanaman waru lengis diketahui dapat dimakan sebagai sayuran loh guys. Selain itu kulit kayunya yang berserat juga dapat digunakan untuk membuat tali nih, dan daun dari tanaman waru lengis juga diketahui sering dijadikan sebagai pembungkus makanan saat ada hajatan loh guys, cukup unik ya guys. Tanaman waru lengis juga diketahui masih tergolong ke dalam jenis kapas-kapasan yang bernama latin Hibiscus Tiliaceus yang masih berkerabat dengan tanaman kembang sepatu.

Khasiat Waru Lengis Untuk Pengobatan Sejumlah Penyakit

Morfologi Tanaman Waru Lengis

Dari yang diketahui tanaman waru lengis dapat tumbuh hingga ketinggian 15 m. Memiliki kulit kayu yang halus, burik-burik, berwarna cokelat keabu-abuan. Dan daun yang agak tipis, berkulit dan permukaan bawah berambut halus dan berwarna agak putih yang tumbuh sederhana dan bersilangan. Dengan bentuk seperti hati dan ujung yang meruncing dengan ukuran 7.5-15 x 7.5-14.5 cm.

Bunga dari tanaman waru lengis berbentuk lonceng. Ketika mekar pada sore hari warna bunganya kuning muda dengan warna jingga/gelap di bagian tengah dasar. Namun, pada keesokan harinya keseluruhan bunganya akan berubah warna menjadi jingga dan akan rontok. Dasar tandang dari gagang tandan bunga yang memanjang ditutupi oleh pinak daun yang kemudian akan jatuh dan menyisakan tonjolan berbentuk cincin. Bunga waru lengis diketahui muncul di ketiak daun, dan tumbuh berkelompok atau soliter (2-5). Daun mahkotanya nya berwarna kuning dengan diameter 5-7 cm dan terdiri dari 5 kelopang bunga yang bergerigi. Serta memiliki 5 tangkai putik namun tidak menyatu dengan kepala putik berwarna kuning serta berwarna ungu kecoklatan.

Buah dari tanaman waru lengis ini diketahui memiliki jenis buah kotak dengan bentuk buah bulat oval dan terbagi menjadi 5 ruang. Setiap ruang dibagi oleh sekat semu menjadi dua bagian. Biji dari setiap buahnya memiliki jumlah yang banyak. Ukuran dari buah waru lengin diketahui berukuran 3 cm.

Nah, dari yang diketahui selain berfungsi sebagai peneduh, ternyata terdapat sejumlah bagian dari tanaman waru lengis yang diketahui memiliki sejumlah senyawa aktif yang berkhasiat untuk dijadikan sebagai obat. Biasanya bagian tanaman waru lengis yang sering digunakan untuk pengobatan herbal yaitu bagian bunga, akar dan daunya. Namun, dari yang diketahui daun dari tanaman waru lengis lebih banyak digunakan sebagai tanaman herbal untuk membantu sejumlah penyakit, dibandingkan bagian tanaman lainnya.

Kandungan Bermanfaat Dari Tanaman Waru Lengis

Selain dikenal sering digunakan sebagai pembungkus makanan saat hajatan. Ternyata daun waru lengis memiliki sejumlah senyawa yang sangat baik untuk tubuh. Di mana senyawanya ini bekhasiat untuk membantu mengobati sejumlah penyakit ringan dan berat secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Berikut merupakan sejumlah kandungan senyawa aktif sangat baik untuk membantu merawat kesehatan tubuh dan membantu mengobati sejumlah penyakit yang bersarang di dalam tubuh. Di antaranya :

  • polifenol
  • tannin
  • saponin
  • flavonoid
  • dan sejumlah senyawa aktif lainnya.

Nah, sejumlah senyawa tersebut diketahui sebagai senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Di mana senyawa tersebut diketahui memiliki peranan penting untuk membantu melindungi tubuh dari sejumlah serangan penyakit. Di samping itu, senyawa ini juga dikenal memiliki kemampuan yang sangat baik untuk membantu mengobati sejumlah penyakit yang telah bersarang di dalam tubuh. Nah, dengan kandungan tersebut maka tidak heran jika tanaman waru lengis ini dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Waru Lengis Sebagai Pengobatan Herbal

Dengan kandungan senyawa aktif yang dimiliki daunya ini, waru lengis menjadi dikenal sebagai tanaman herbal yang kaya manfaat untuk membantu mencegan dan mengobati berbagai penyakit ringan dan berat. Berikut merupakan sejumlah khasiat waru lengis yang telah dikenal oleh masyarakat :

  • Khasiat Waru Lengis Untuk Obati TBC

Khasiat waru lengis yang satu ini merupakan kemampuannya yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Kandungan dari daun waru lengis diketahui mampu membantu meredakan batuk yang terjadi akibat penyakit TBC. Di samping itu juga berkhasiat untuk membantu menghentikan darah keluar saat batuk. Selain itu, kandungannya ini juga diketahui dapat membantu melancarkan sistem pernapasan. Bukan hanya itu kandungannya ini juga berkhasiat untuk membantu meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan saat batuk terjadi. Dengan kata lain kandungan dari daun waru lengis ini akan dapat membantu mengobati TBC secara menyeluruh dengan cepat dan aman tanpa efek samping. Untuk mendapatkan khasiat waru lengis yang satu ini, sobat hanya perlu mengkonsumsi air rebusan dari daun waru lengis ini secara teratur dan rutin sampai TBC yang dialami sembuh.

  • Khasiat Waru Lengis Untuk Obati Sesak Napas

Jika penyakit TBC saja bisa disembuhkan, apalagi sesak napas dong. Yup, sesak napas sendiri diketahui sebagai salah satu gejala yang bisa ditimbulkan oleh penyakit TBC. Nah, secara otomatis disamping dapat mengobati TBC, maka air rebusan dari daun waru lengis juga dapat membantu mengobati sesak napas baik yang disebabkan oleh penyakit TBC ataupun penyakit lainnya. Sama halnya dengan pengobatan TB, untuk mendapatkan khasiat waru lengis dalam membantu mengobati sesak napas, juga dapat dicoba dengan mengkonsumsi air rebusan dari daun waru lengis minimal satu kali sehari secara rutin.

  • Khasiat Waru Lengis Untuk Obati Batuk

Nah, kemampuan ini juga sudah dijelaskan sebulumnya. Bahwa kandungan dari daun waru lengis ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan batuk. Di mana kandungan dari waru lengis akan dapat membantu meluruhkan dahak atau lendir pada tenggorokan dan paru-paru sehingga dapat membantu melegakan tenggorokan gatal dan meredakan sakit pada paru-paru karena efek batuk yang dialami.

  • Khasiat Waru Lengis Untuk Obati Demam

Nah, selain baik untuk membantu mengatasi masalah pernapasan. Ternyata kandungan yang dimiliki daun waru lengis juga diketahui memiliki efektivitasan yang sangat baik untuk menurunkan demam tinggi. Di mana kandungan yang dimilikinya ini akan dapat membantu meminimalisir suhu atau panas tubuh yang terjadi akibat sejumlah penyakit. Demam yang dialami biasanya dapat terjadi akibat sistem imun tubuh melemah. Yang mana kondisi ini menyebabkan sejumlah penyakit yang menjadi penyebab demam mudah untuk menekan suhu tubuh agar meningkat. Dengan begitu suhu tubuh pun akan menjadi panas. Nah, untuk mengatasinya rebusan dari daun waru lengis ini diketahui dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga dengan begitu suhu tubuh akan kembali normal.

  • Khasiat Waru Lengis Untuk Obat Sakit Mata

Khasiat waru lengis lainnya yaitu dapat membantu mengobati sakit mata yang terjadi akibat pembengkakan atau peradangan yang terjadi pada bagian mata. Sejumlah kandungan yang dimiliki daun waru lengis juga diketahui memiliki sifat sebagai analgesik dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan pembengkanan atau peradangan yang terjadi pada mata akibat sejumlah penyakit yang menyerang kesehatan mata. Untuk mendapatkan khasiat waru lengis yang satu ini, sobat hanya perlu mengkonsumsi air rebusan dari daun waru lengis atau menggunakan tumbuhkan dari daun waru lengis yang kemudian di tempelkan pada area mata yang bengkak.

  • Khasiat Waru Lengis Sebagai Obat Melancarkan Haid

Haid sendiri merupakan siklus normal yang dialami oleh setiap wanita. Namun terkadang masa siklus haid yang terjadi pun sering sekali tidak lancar atau tidak teratur. Yang mana hal ini juga diketahui bisa menjadi indikasi terjadinya suatu penyakit yang lebih serius. Namun sobat wanita tidak perlu khawatir nih, karena daun waru lengis diketahui memiliki sejumlah kandungan dapat membantu melancarkan siklus haid yang tidak teratur. Nah, untuk mendapatkan khasiat waru lengis ini, sobat hanya perlu mengkonsumsi air rebusan dari daun waru lengis baik sebelum atau saat menstruasi tiba.

  • Khasiat Waru Lengis Untuk Obati Penyakit Radang Usus

Bagi sobat yang memiliki masalah kesehatan pada pencernaanya seperti radang usus. Nah, daun waru lengis juga diketahui memiliki senyawa yang sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi radang usus. Radang usus sendiri dikenal sebagai salah satu masalah pencernaan yang umum terjadi. Penyakit ini diketahui terjadi akibat adanya luka atau infeksi sehingga menyebabkan peradangan yang dapat mengganggu kelancaran proses pencernaan dan seringkali menyebabkan rasa perih pada bagian perut. Nah, untuk membantu mengatasinnya, sobat dapat mencoba untuk mengkonsumsi kuncup dari daun waru. Senyawa yang terkandung dalam kuncup daun waru lengis diketahui sangat efektif untuk mengatasi infeksi yang menjadi penyebab radang usus. Selain itu sobat juga dapat menjadikan daun waru sebagai lalapan untuk sebagai cara alternatif untuk menyembuhkan radang usus yang dialami.

  • Khasiat Waru Lengis Untuk Obat Amandel atau Pembengkakan

Amandel sendiri merupakan salah satu jenis kelenjar yang di miliki oleh tubuh. Yang mana letaknya ini di sekitar area tenggorokan. Jika kelenjar ini membengkak dan terus membesar, maka hal yang akan terjadi yaity kesulitan dalam menelan makanan. Bahkan jika sudah parah kemungkinan akan menimbulkan rasa sakit atau perih pada bagian tenggorokan. Nah, untuk membantu sobat yang ingin mengobati radang amandel secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Sobat dapat memanfaatkan daun waru lengis sebagai obatnya.

Daun waru lengis diketahui memiliki senyawa yang bersifat sebagai antiinflamasi dan pereda nyeri yang sangat baik untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada tubuh. Nah, sifat antiinflaminya ini juga dapat berperan dalam membantu mengatasi radang amandel yang terjadi, secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Di samping itu, senyawa lain yang dimiliki daun waru lengis juga akan membantu untuk mengatasi penyebab dari radang amandel yang sobat alami. Dengan begitu pengobatannya ini akan berjalan secara optimal. Untuk mendapatkan khasiat waru lengis dalam mengobati radang amandel juga sangatlah mudah. Yakni sobat hanya perlu meminum air rebusan daun waru secara teratur dan rutin sampai radang amandel yang sobat alami sembuh total.

  • Khasiat Waru Lengis Untuk Mengobati Muntah Darah

Selain berkhasiat untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan di atas. Daun waru lengis juga diketahui memiliki efektivitas yang sangat baik untuk membantu mengobati perdarahan. Salah satunya adalah membantu mengobati muntah darah. Yup, senyawa yang dimiliki waru lengis diketahui sangat efektif untuk membantu menghentikan sejumlah perdarahan yang terjadi pada tubuh, termasuk muntah darah secara alami dan aman tanpa efek samping. Untuk mendapatkan khasiat waru lengis dalam menghentikan perdarahan juga terbilang sangatlah mudah. Yakni dengan mencampurkan 7 lembar daun waru lengis yang sudah dipotong-potong dengan air. Setelah itu peras daun waru tersebut, sehingga mendapatkan ekstrak dari daun waru. Jika semuanya dirasa telah selesai, minumlah hasil perasan daun waru tersebut.

  • Khasiat Daun Waru untuk Obat Bisul

Khasiat waru lengis lainnya yaitu mampu mengobati bisul secara alami dan menyeluruh sampai ke akarnya dengan aman tanpa efek samping. Senyawa yang terkandung dalam daun waru lengis ini memiliki sifat antibakteri yang dikenal cukup baik untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan yang terjadi akibat infeksi dari bakteri. Nah, salah satunya adalah infeksi bakteri yang menyebabkan bisul. Kandungan dari daun waru lengis ini akan dapat membantu melawan dan membasmi bakteri penyebab bisul secara menyeluruh. Dengan begitu maka bisul yang terjadi dapat sembuh secara menyeluruh. Untuk memanfaatkan khasiat waru lengis yang satu ini, sobat hanya perlu memanfaatkan daun waru lengis yang telah dicuci bersih. Yang kemudian dihaluskan untuk ditempelkan pada bisul yang dialami. Biarkan senyawa dari daun waru lengis menyerap pada kulit yang terdapat bisul. Sehingga dengan begitu senyawa aktifnya akan dapat bereaksi dengan mudah untuk mengobati bisul yang terjadi.

  • Khasiat Waru Lengis Untuk Kesehatan Rambut

Tak hanya baik untuk pengobatan sejumlah penyakit saja, ternyata senyawa yang terkandung di dalam daun waru lengis juga diketahui sangat baik untuk perawatan kesehatan rambut. Di mana dari yang diketahui senyawa dari daun waru lengis memiliki kemampuan yang dapat menyuburkan rambut. Yang mana hal ini sangat baik untuk membantu mengatasi kerontokan rambut yang sering terjadi. Senyawa yang terkandung di dalam daun waru lengis ini diketahui akan dapat membantu mengatasi kondisi rambut yang rapuh, yang mana hal ini merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut. Nah, di samping itu, senyawa daun waru juga diketahui akan dapat membantu merawat kesehatan rambut dan mengembalikan serta meningkatkan kekuatan rambut sehingga membuatnya agar tidak rontok.

Nah, bagi sobat yang ingin memanfaatkan khasiat waru lengis yang satu ini caranya cukup mudah kok. Sobat hanya perlu mencuri 30 lembar daun waru lengis dan daun randu. Yang kemudian digiling atau dihaluskan secara bersamaan, lalu tambahkan minyak jarak dan perasan jeruk nipis. Setelah itu aduk hingga merata,lalu peras ramuan herbal tersebut dengan menggunakan sehelai kain bersih. Kemudian gosokan air perasan tersebuit ke bagian kulit kepala secara teratur.

Itulah dia sejumlah khasiat waru lengis yang dapat saya sampaikan pada ulasan kali ini. Sekian dari saya, semoga ulasan ini dapat bermafaat bagi sobat sekalian. Terimakasih telah berkujung ke situs kami ini dan terimakasih juga telah menyimaknya sampai akhir. 🙂 Salah sehat herbal untuk sobat herbalku… Sampai jumpa di ulasan berikutnya ya guys… ^^