Khasiat Wijaya Kusuma Si Bunga Mistis Yang Kaya Manfaat

Khasiat Wijaya Kusuma Si Bunga Mistis Yang Kaya Manfaat – Hai sobat herbal??? Eh ketemu lagi nih, selamat datang dan jumpa kembali dengan saya di situs yang menyediakan ragam macam informasi kesehatan, manfaat tanaman dan rekomendasi obat herbal yang efektif dan berlegalitas BPOM RI. Nah, untuk pembahasan saya kali ini bertemakan manfaat tanaman nih guys. Di kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah informasi mengenai khasiat wijaya kusuma. Eits jangan salah ya ini bukan nama orang atau hotel ternama Indonesia.

Mungkin sobat herbal sudah tidak asing lagi dengan nama wijaya kusuma. Walupun banyak yang menggunakan nama ini sebagai nama orang atau nama perusahaan. Namun yang pastinya nama wijaya kusuma ini dimiliki oleh salah satu jenis bunga mistis loh. Oupss masa sih??? Iya, wijaya kusuma dia si bunga yang konon dikaitkan dalam sejumlah mitos dan misteri.

Wijaya Kusuma Si Bunga Mistis

Yup, wijaya kusuma (Epiphyllum Anguliger) yaitu bunga dengan julukan The Queen of Night atau ratu malam merupakan bunga yang dikenal akan hal mistis yang menyelimutinya. Terdapat banyak mitos yang mengatakan bahwa bunga wijaya kusuma ini merupakan bunga pembawa keberentungan. Banyak ahli sejarah yang menyebutkan konon di jaman kerajaan Indonesia dulu, seorang raja yang ingin naik tahta harus memetik atau memiliki satu kuntum bunga wijaya kusuma. Yang mana bunga wijaya kusuma sendiri diketahui hanya mekar satu tahun sekali. Selain itu, bunga wijaya juga memiliki fakta yang sering dikaitkan dengan hal mistis. Fakta tersebut yaitu bahwa bunga wijaya kusuma hanya akan mekar pada malam hari sekita pkl. 09.00 atau 10.00 saja dan akan mekar sempurna pkl. 00.00. Nah, pada pagi harinya bunga ini diketahui akan ditemukan pada keadaan sudah layu.

Oleh karena itu banyak orang yang menganggap bahwa bunga ini menyimpan sejumlah hal mistis yang dapat memberikan keberuntungan bagi mereka yang melihatnya mekar sempurna di malam hari. Bunga wijaya kusuma ini memiliki aroma yang sangat harum semerbak ketika mekar. Yang mana aromanya ini diketahui akan dapat memikat serangga yang berkeliaran di malam hari yang akan membantunya dalam proses penyerbukan.

Khasiat Wijaya Kusuma Si Bunga Mistis Yang Kaya Manfaat

Morfologi Tanaman Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma atau The Queen of Nigt (Epiphyllum Anguliger) diketahui masih tergolong ke dalam keluarga kaktus yang berasal dari negara Amerika dan Venezuela yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah salah satunya Indonesia ini. Tanaman wijaya kusuma ini diketahui dapat hidup pada daerah yang beriklim sedang sampai tropis.

Sama halnya dengan tanaman kaktus lainnya, bunga wijaya juga memiliki batang yang terbentuk dengan helaian daun yang mengeras. Tinggi batang dari bunga wijaya kusuma ini bisa mencapai 2-3 meter. Sedangkan lebar daunnya berkisar antara 13-15 cm. Helaian daun dari bunga wijaya kusuma ini berbentuk pipih berwarna hijau dengan permukaan halus tanpa duri. Selain itu, tepi daun dari bunga wijaya ini memiliki lekukan yang ditumbuhi tunas daun ataupun kembang. Sedangkan bentuk dari bunga wijaya kusuma sendiri yaitu terbentuk dari beberapa kelopak bunga yang tertata rapi berwarna putih yang hanya mekar di malam hari dengan diameter yang dimilikiny yaitu 10 cm.

Biji dari bunga wijaya kusuma diketahui menyerupai biji kaktus berbentuk bulat dengan warna merah dan mempunyai biji kecil berwarna hitam. Nah, untuk mengembangbiakan bunga yang satu ini yaitu dapat dilakukan dengan cara penyetekan atau penyemaian biji bunga tersebut.

Nah, walau dikenal akan sejarah kuno dan hal mistisnya. Ternyata bunga wijaya kusuma ini juga diketahui memiliki sejumlah kandungan yang sangat berkhasiat untuk tubuh manusia. Kandungan senyawa aktif dari bunga wijaya kusuma ini diketahui mampu membantu merawat kesehatan dan bahkan juga diketahui sangat baik untuk kecantikan kulit. Bahkan senyawa yang dimiliki bunga wijaya kusuma juga dikenal sangat baik untuk membantu mengobai berbagai jenis penyakit yang bersarang di dalam tubuh manusia. Wahhh.. suguh menakjubkan bukan si ratu malam ini.

Kandungan Tanaman Wijaya Kusuma

Berikut merupakan sejumlah kandungan yang diketahui dimiliki oleh tanaman wijaya kusuma, di antaranya yaitu :

  • Glukosa, kandungan ini diketahui sebagai kandungan yang memberikan rasa manis pada bunga wijaya kusuma.
  • Asam nitrat, berbalik dari glukosa, kandungan ini dikenal sebagai kandungan yang dapat memberikan rasa masam pada bunga wijaya kusuma.
  • Mengandung mint yang dapat membuat bunga wijaya kusuma memiliki efek menyejukan.
  • Memiliki pH yang netral.

Nah, bagian dari tanaman wijaya kusuma yang dapat dijadikan sebagai obat diketahui hanya bagian bunga dan daunya saja.

Khasiat Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan Tubuh

Kedua bagian dari tanaman tersebut dikenal memiliki sejumlah kandungan yang lebih berkhasiat untuk membantu mengobati sejumlah penyakit yang bersarang di dalam tubuh. Beberapa khasiat wijaya kusuma yang telah dikenal luas adalah :

  • Khasiat wijaya kusuma sebagai obat batuk berdahak (TBC)

TBC sendiri dikenal sebagai salah satu penyakit menular yang cukup berbahaya jika tidak segera ditangani. Nah, ciri dari penyakit ini yaitu batuk berdahak yang tak henti-henti. Penyebab dari penyakit TBC adalah infeksi virus ataupun bakteri yang menempel di tenggorokan dan menginfeksi paru-paru. Nah, bagi sobat yang ingin mengobati TBC secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping, bunga wijaya kusuma bisa menjadi altenatif pengobatan herbalnya. Kandungan senyawa aktif dan nutrisinya ini diketahui dapat membantu menghilangkan virus dan bakteri penyebab TBC.

Nah, untuk mendapatkan khasiat wijaya kusuma yang satu ini caranya sangatlah mudah yakni dengan mengkonsumsi air rebusan bunga wijaya kusuma. Cara untuk mendapatkan air rebusan tersebut juga sangatlah mudah yakni dengan langkah berikut ini :

  • Siapkan 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma.
  • Rebus bunga tersebut dengan air secukupnya kemudia tambahkan gula aren sebanyak 15 gram.
  • Tunggu hingga mendidih sampai kandunga bunganya terekstrak keluar.
  • Jika telah mendidih dengan sempurna dinginkan dan kemudian minumlah air rebusan tersebut.

Untuk mendapatkan khasiat wijaya kusuma secara maksimal dalam mengobati batuk TBC, lakukanlah pengobatan herbal ini sebanyak 2 kali sehari sampai tbc yang sobat alami dinyatakan sembuh.

  • Khasiat Wijaya Kusuma Sebagai Obat Asma

Nah, khasiat wijaya kusuma lainnya yaitu dapat membantu mengobati asam secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Kandungan yang memberikan efek menyejukan dari bunga wijaya kusuma ini diketahui akan mampu membantu melegakan pernapasan sehingga pernapasan menjadi lebih normal. Di samping itu, kandungan dari wijaya kusuma ini juga dikenal sangat efektif untuk mencegah serangan asma kembali. Dengan kata lain selain dapat mengobati asma juga dapat membantu mencegah asma muncul kembali.

Cara untuk mendapatkan khasiat wijaya kusuma sendiri juga diketahui sangatlah mudah yaitu dengan cara berikut ini :

  • Siapkan 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma yang telah dicuci bersih.
  • Kemudian potong-potong kecil, setelah itu masukan potongan bunga wijaya kusuma tersebut ke dalam wadah yang berisi air yang telah dicampur dengan gula batu, lalu tim.
  • Tunggu hingga kandungan bunga wijaya kusuma tersebut terekstrak keluar.
  • Setelah itu angkat dan dinginkan, kemudian minumlah air tim dari ekstrak bunga wijaya kusuma dan gula batu tersebut.

Untuk mendapatkan khasiat wijaya kusuma secara maksimal sobat bisa melakukan langkah tersebut sebanyak dua kali sehari untuk mengatasi asma yang sobat alami.

  • Khasiat Wijaya Kusuma Untuk Obat Nyeri Lambung (Gastritis)

Nah, selain dapat digunakan untuk membantu mengobati gangguan pernapasan. Bunga wijaya kusuma juga diketahui sangat berkhasiat untuk membantu mengobati lambung yang bermasalah. Salah satunya nyeri lambung akibat asam lambung meningkat. Nah, kandungan yang dimiliki bunga wijaya kusuma ini akan dapat membantu menetralkan jumlah asam yang ada pada lambung sehingga dengan begitu asam lambung tinggi yang sobat alami dapat kembali normal. Cara untuk mendapakan khasiat dari wijaya kusuma dalam mengatasi nyeri lambung juga sangatlah mudah.

Berikut merupakan beberapa langkah yang dapat sobat lakukan untuk mendapatkan khasiat wijaya kusuma dalam mengobati nyeri lambung :

  • Siapkan 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma yang telah dicuci bersih.
  • Kemudian rebus bunga tersebut dengan air secukupnya.
  • Sobat bisa menambahkan gula aren atau madu murni sebagai tambahan pemanis alami dari ramuan herbal bunga wijaya kusuma tersebut.
  • Tunggu hingga airnya mendidih dengan sempurna.
  • Setelah itu angkat dan saring, lalu dinginkan dan minumlah rebusan herbal tersebut.

Agar hasil yang didapatkan maksimal, lakukanlah pengobatan herbal ini sebanyak 3 kali sehari secara rutin dan teratur.

  • Khasiat wijaya kusuma sebagai obat radang tenggorokan

Karena bunga wijaya kusuma ini memiliki kandungan mint maka tidak heran jika bunga wijaya kusuma ini juga dapat dijadikan sebagai obat radang tenggorokan. Kandungan mint yang dimiliki bunga wijaya kusuma ini akan dapat membantu untuk meredakan tenggorokan yang sakit dan gatal akibat radang tenggorokan yang dialami. Untuk mendapatkan khasiat wijaya kusuma yang satu ini sobat bisa memanfaatkan air rebusan dari bunga wijaya kusuma.

Cara untuk mendapatkan air rebusan yang sempurna dari bunga wijaya kusuma juga sangatlah mudah yakni dengan langkah berikut ini :

  • Siapkan 3-4 kuntum bunga wijaya kusuma.
  • Rebuslah bunga tersebut dengan air secukupnya, dan tunggu hingga air mendidih sempurna hingga kandungan bunga wijaya kusuma terekstrak keluar.
  • Setelah itu angkat dan dinginkan, lalu minumlah ramuan herbal tersebut.
  • Tunggu dan biarkan kandungan dari bunga wijaya kusuma bekerja untuk meredakan radang tenggorokan yang sobat alami.

Agar khasiat wijaya kusuma ini bisa didapatkan dengan maksimal. Sobat bisa melakukan langkah pengobatan herbal ini secara rutin sampai radang tenggorokan yang sobat alami benar-benar sembuh sempurna.

  • Khasiat Wijaya Kusuma Dalam Mencegah Stroke

Selain berkhasiat untuk sistem pernapasan, ternyata bunga wijaya juga dikenal sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya stroke. Yup, sejumah kandungan yang dimiliki bunga wijaya kusuma diketahui sangat efektif untuk membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah dalam tubuh. Nah, jika darah menggumpal pada bagian tertentu maka hal ini dapat mempengaruhi organ tubuh yang membutuhkan darah untuk bekerja. Salah satunya akan berimbas pada kemampuan otak. Yang mana hal ini juga menjadi salah satu penyebab stroker jika tidak segera ditangani. Nah, dengan ramuan dari bunga wijaya kusuma maka sobat akan memperoleh manfaat yang sangat baik untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah di otak sehingga sobat dapat terhindar dari serangan stroke.

Untuk mendapatkan khasiat wijaya kusuma dalam membantu mencegah terjadinya stroke sangatlah mudah yakni dengan cara mengkonsumsi air rebusan dari bunga wijaya kusuma secara rutin dan teratur setiap harinya.

  • Khasiat Wijaya Kusuma Dalam Mengatasi Muntah Darah

Di samping dapat membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah yang menjadi penyebab stroke. Kandungan dari bunga wijaya kusuma juga dikenal sangat baik untuk membantu mengatasi muntah darah yang tejadi akibat suatu kondisi tertentu. Nah, kandungan dari bunga wijaya kusuma akan dapat membantu meredakan pendarahan yang terjadi secara alami dan menyeluruh dengana aman tanpa efek samping yang akan merugikan kesehatan tubuh.

Sama halnya dengan mencegah penyakit stroke, untuk mendapatkan khasiat wijaya kusuma dalam mengatasi muntah darah pun sobat hanya perlu meminum air rebusan dari bunga wijaya kusuma dengan takaran yang benar. Untuk mendapatkan takaran yang benar, sobat bisa mengikuti langkah berikut ini :

  • Siapkan 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma yang telah dicuci bersih.
  • Kemudian rebus bunga tersebut dengan air secukupnya.
  • Tunggu hingga mendidih sempurna sampai kandungan dari bunga wijaya kusuma terekstrak keluar dan menyatu dengan air.
  • Jika dirasa selesai, angkat dan saring airnya.
  • Kemudian minum air rebusan tersebut selagi hangat atau sobat juga dapat meminumnya dalam keadaan dingin.

Untuk mendapatkan khasiat wijaya kusuma secara maksimal sobat bisa menambahkan daun dari bunga wijaya kusuma sekaligus ke dalam rebusan. Lakukanlah pengobatan herbal ini secara teratur dan rutin sampai muntah darah yang sobat alami terhenti dan benar-benar sembuh.

  • Khasiat Wijaya Kusuma Dalam Mengobati Pendarahan Rahim

Khasiat wijaya kusuma lainnya yakni dapat membantu sobat wanita dalam mengatasi pendarahan rahim yang biasa dialami pada masa mentruasi atau pasca melahirkan. Yup, kandungan dari bunga wijaya kusuma diketahui memiliki sifat hemostatis yang berfungsi untuk menghentikan pendarahan secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Nah, bagi sobat wanita yang ingin mengatasi pendarahan berlebih yang terjadi saat menstruasi atau pasca melahirkan, bunga wijaya kusuma ini bisa sobat manfaatkan untuk mengatasinya.

Khasiat wijaya kusuma yang satu ini bisa sobat dapatkan dengan mengkonsumsi air rebusan dari bunga wijaya kusuma. Untuk mendapatkan air rebusan wijaya kusuma dalam membantu mengatasi pendarahan rahim, sobat hanya perlu :

  • Menyiapkan 2-3 kuntum bunga wijaya kusuma yang telah dicuci bersih.
  • Kemudian rebus bunga tersebut dengan air yang cukup.
  • Tunggu hingga mendidih sampai kandungan dari bunga wijaya kusuma terekstrak semua dan menyatu dengan air.
  • Setelah itu angkat dan saring, lalu minumlah air rebusan bunga wijaya kusuma tersebut selagi hangat.

atau untuk mengatasi pendarahan rahim, sobat juga bisa menggunakan 2-3 kuntum bunga wijaya kusuma untuk dimasak dengan cara di tim bersama daging tanpa lemak. Yang kemudian dimakan sebagai pengganti lauk.

  • Khasiat Wijaya Kusuma Dalam Mengobati Luka

Tak hanya baik untuk membantu menghentikan pendarahan berlebih saat menstruasi. Ternyata bunga wijaya kusuma juga dikenal sangat ampuh untuk mengobati luka baik yang disebabkan akibat terjatuh, cedera ataupun tergores benda tajam. Nah, kandungan dari bunga wijaya kusuma diketahui dapat membuat luka menjadi lebih cepat kering dan membersihkannya dari bakteri sehingga dengan begitu luka yang terjadi akan cepat pulih.

Untuk mendapatkan khasiat bunga wijaya kusuma dalam mengobati luka diketahui sangatlah mudah. Sobat hanya perlu memanfaatkan tumbukan halus dari bunga wijaya kusum yang telah dicuci bersih, yang nantinya dioleskan pada luka. Kemudian biarkan kandungan yang dimiliki bunga wijaya kusuma meresap pada bagian luka.

  • Khasiat Bunga Wijaya Kusuma Dalam Mengobati Bisul

Khasiatnya yang dapat mengobati luka juga sangat berpengaruh untuk mengobati bisul. Yup, selain mampu mengobati luka akibat terjatuh ataupun cedera, kandungan dari bunga wijaya kusuma juga dikenal dapat membantu mengobati bisul secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Di mana kandungannya ini akan dapat membantu mengatasi dan membasmi bakteri penyebab bisul yang terjadi pada sobat. Di samping itu, kandungannya juga akan dapat membantu menyembuhkan luka yang terjadi akibat bisul tersebut dengan cepat. Maka dengan kata lain pengobatan dengan menggunakan bunga wijaya kusuma ini juga dapat dikatakan sangat efektif.

Cara untuk mengobati bisul dengan menggunakan bunga wijaya kusuma juga sangatlah mudah. Sobat hanya perlu menghaluskan ± 20 gram bunga wijaya kusuma yang telah dicuci bersih. kemudian tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta. Setelah itu oleskanlah langsug ramuan herbal bunga wijaya kusuma ini pada bisul yang diderita.

  • Khasiat Wijaya Kusuma Dalam Mengobati Nyeri

Selain memiliki sifat hemostatis, kandungan dari bunga wijaya kusuma juga diketahui memiliki sifat analgesik. Yang mana sifat ini mampu membantu meredakan rasa nyeri yang dapat tejadi akibat sejumlah penyakit dan kondisi lainnya. Salah satu menfaat dari sifat analgesik yang dimiliki kandungan bunga wijaya kusuma ini yaitu dapat membantu mengatasi nyeri sendi, sakit kepala dan lain sebagainya.

  • Khasiat Wijaya Kusuma Untuk Jerawat

Selain baik untuk mengobati sejumlah penyakit di atas, ternyata kandungan dari bunga wijaya juga dikenal sangat baik untuk kecantikan loh. Yup, salah satu kemampuannya yaitu dapat membantu mengatasi jerawat. Sifat anti-inflamsi yang dimiliki bunga wijaya kusuma ini juga diketahui akan dapat membantu peradangan pada wajah yang terjadi akibat jerawat. Senyawa aktif dan nutrisi yang terkandung dalam bunga wijaya kusuma akan dapat membantu menutrisi kulit dan menghilangkan jerawat secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping yang akan merugikan kesehatan tubuh. Dengan begitu kulit akan terlihat lebih bersih dan halus.

Nah, untuk mendapatkan khasiat kandungan yang dimiliki bunga wijaya kusuma. sobat dapat menggunakan air rebusan dari bunga wijaya kusuma untuk membasuh wajah secara teratur dan rutin. Di samping itu sobat juga dapat menggunakan bunga wijaya kusuma ini sebagai penambah masakan seperti sayur, tumis atau daging kukus.

Itulah dia sejumlah khasiat wijaya kusuma yang dapat saya sampaikan. Sekain dari saya, terimakasih telah menyimaknya sampai akhir. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian, terutama bagi sobat yang membutuhkan. Dan terimakasih juga atas kunjungan sobat herbal sekalian… salam sehat herbal ya guys.. sampai jumpa di ulasan berikutnya ya guys 🙂 ^^