Khasiat Daun Sembung

Khasiat Daun Sembung – Bertemu kambali bersama saya adminnya jamu obat herbal  yang selalu hadir memberikan informasi kesehatan. Seperti biasanya, saya akan memberikan informasi mengenai khasiat tanaman herbal untuk kesehatan. Yang akan kita bahas kali ini yakni mengenai khasiat daun sembung. Sebelumnya apakah kalian semua sudah mengenal apa itu daun sembung? Untuk anda yang ingin mengenal lebih jauh  mengenai khasiat daun sembung, Jangan sampai lewatkan Informasi berikut ini ya..!

Khasiat Daun Sembung Untuk Kesehatan

Negara Indonesia terkenal sebagai Negara Agraris dimana Indonesia memiliki tanah subur yang sering di tanami berbagai tumbuhan, salah satunya tanaman sembung ini. daun sembung tergolong kedalam tanaman liar yang banyak tumbuh di ladang atau pekarangan rumah ini ternyata memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan salah satunya untuk mengobati maag dan asam lambung. Daun Sembung mengandung banyak zat kimia seperti limonene, tanin, cineole, borneol, glikosida, asam palmitin, sesquiterpen, minyak atsiri, dan flavanol. Flavanol yang terkandung dalam daun sembung ternyata mengandung sifat anti-inflamasi dan diuretik yang befungsi untuk melawan kuman, melancarkan peredaran darah, mencairkan dahak dan meluruhkan keringat. Karena kandungannya, beberapa penyakit seperti diare, sakit perut, kolera, maag, lambung, asam lambung, masuk anging bahkan bisa menjaga kesehatan jantung.

Karena kandungan nya yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, daun sembung banyak dicari untuk dijadikan sebagai bahan obat herbal. Banyak produsen obat mencari daun sembung untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatannya, salah satunya obat untuk mengobati maag dan lambung. Namun, selain untuk menyembuhkan maag dan lambung berikut beberapa khasiat daun sembung lainnya untuk kesehatan.

Khasiat Daun Sembung untuk kesehatan.

  • Daun Sembung Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia, hal itu karena jantung memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung mengalami gangguan, maka peredaran darah akan terhambat dan akan menimbulkan berbagai masalah pada anggota tubuh. Maka Dari itu, Sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah Study kesehatan telah membuktikan bahwa kandungan senyawa yang terdapat pada daun sembung mampu menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh. Hal itu karena jantung mengandung senyawa seperti minyak atsiri berupa sineol, borneol serta flavaol dan tanin. Kandungan seperti itu memiliki sifat antiperadangan dan mampu membunuh kuman untuk menghambat pertumbuhannya di jantung. Cara mengkonsumsi Daun sembung untuk menjaga kesehatan jantung ini terbilang sangat mudah, cukup siapkan 3-5 lembar daun sembung. Kemudian cuci daun sembung hingga bersih, setelah itu rebus daun sembung dengan 2 gelas air hingga mendidih dan menjadi 1 gelas. Dinginkan dan godokan daun sembung siap untuk di minum.

  • Untuk Mengobati Maag

Maag menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling umum terjadi di masyarakat, Munculnya penyakit maag ini karena pola makan. Pola makan yang tidak teratur akan membuat asam lambung menjadi naik dan lambung terasa perih. Penyakit maag ini bisa terjadi pada siapa saja tanpa batasan usia , dari mulai anak-anak, dewasa hingga lansia. Namun kini, banyak orang membuktikan mampu menyembuhkan maag dan asam lambung dengan mengkonsumsi godokan daun sembung. Hal itu di benarkan oleh pakar kesehatan dunia, karena kandungan senyawa atsiri, glikosida, tanin, asam palmitin, kholorasetofeton, sineol dan flavanol yang memberikan sensai hangat, agak pedas dan harum pada daun sembung ini mampu mengatasi peradangan dan nyeri pada lambung. Sehingga Dari jaman dahulu hingga saat ini, banyak orang menggunakan daun sembung sebagai obat alami untuk mengobati maag.

  • Daun Sembung Untuk Mengobati Ambeien

Ambeien merupakan satu gejala gangguan kesehatan yang harus segera di sembuhkan. Karena akan menyebabkan pendarahan berlebihan. Maka dari itu, banyak orang telah membuktikan mampu mengurangi gejala ambeyen dengan mengkonsumsi godokan daun sembung. Daun sembung memiliki sifat flavanol dan senyawa lainnya yang mampu mengatasi peradangan di anus tersebut. Cara Mengkonsumsi daun sembung untuk mengobati ambeien cukuplah mudah, hanya dengan menyiapkan 10-15 lembar daun sembung, 1 1/2 sendok makan adar, 1 sendok makan kapur sirih dan 3 gelas air bersih. Campurkan semua bahan, rebus hingga mendidih dan menjadi 2 gelas. kemudian, setelah dingin  minum air rebusan daun sembung tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari.

Nah itulah deretan khasiat daun sembung untuk kesehatan. Selain untuk mengobati penyakit yang telah kota bahas tadi, daun sembung juga memiliki khaist yang baik untuk menyembuhkan batu, dlu, melancarkan haid, meningkatkan nafsu makan serta menjaga kesehatan tubuh. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima Kasih..!!