Obat Kutu Kemaluan – Gejala Yang Ditimbulkan dan Pencegahannya

Obat Kutu Kemaluan – Gejala Yang Ditimbulkan dan Pencegahannya – Hai sobat herbal setiaku??? Ketemu lagi nih dengan saya adminnya situs jamuobat.com. Disini kami menyediakan segudang informasi mengenai kesehatan yang akurat. Nah, untuk kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa infomasi kesehatan mengenai obat kutu kemaluan.  Apa kalian sudah pernah dengar apa itu kutu kemaluan? Awas jangan pada ngeres nih. Bagi yang belum tahu atau udah ada yang tahu mari merapat kembali untuk membahasnya bersama!!!

Hmmm, kutu kemaluan ya??? Nah, mungkin diantara kalian pasti ada yang menyangka kutu kemaluan itu sama dengan kutu kulit kepala. Eitss jangan salah lho, ternyata kutu kemaluan itu berbeda dengan kutu pada kulit kepala.

Obat Kutu Kemaluan – Apa Itu Kutu Kemaluan???

Kutu kemaluan (pthirus pubis) merupakan sejenis serangga parasit berukuran kecil yang hidup di area berambut pada tubuh manusia. Berbeda dengan kutu kulit kepala, kutu kemaluan memiliki ukuran yang lebih kecil dan cenderung dapat bertahan pada rambut bertekstur kasar dan tebal. Mereka biasanya dapat ditemukan pada bulu ketiak, dada, perut, punggung, kaki dan yang lebih umumnya di rambut kemaluan.

Cara bertahan hidup kutu jenis ini adalah dengan menghisap darah melalui kulit. Nah, caranya inilah yang dapat menyebabkan rasa gatal pada area yang dijangkitinya. Untuk mengatasi rasa gatal ini perlu penanganan yang lebih tepat lagi, yaitu dengan mengusir kutu tersebut atau dengan pemberian obat kutu kemaluan yang tepat.

Obat Kutu Kemaluan – Gejala dan Pencegahan

Namun, yang perlu diketahui ternyata kutu kemaluan ini sangat mudah ditularkan melalui kontak fisik, terutama kontak seksual lho. Nah, meski jenis parasit ini tidak dapat melompat atau terbang, namun mereka dapat merayap dari rambut orang yang terinfesi ke rambut orang yang sehat.

Selain itu, kutu kemaluan juga dapat menyebar melalui penggunaan pakaian, seprai, atau handuk secara bersama. Jika kutu kemaluan ini terlepas atau jatuh dari rambut, maka kutu tersebut akan mati dalam kurun waktu satu hingga dua hari.

Gejala Yang Ditimbulkan Kutu Kemaluan

Biasanya gejala yang ditimbulkan akibat kutu kemaluan ini akan muncul setelah kutu menempati tubuh 1-3 minggu. Gejala-gejala yang mungkin terjadi adalah :

  • gatal pada kulit, gejala ini merupakan gejala utama yang disebabkan akibat reaksi alergi atau hipersensitivitas kulit terhadap air liur kutu yang terkena sebelum gigitan. Biasanya rasa gatal ini akan semakin parah saat malam hari. hal ini dikarenakan kutu kemaluan lebih aktif menghisap darah manusia pada malam hari,
  • terjadinya peradangan dan iritasi akibat garukan,
  • jika kutu kemaluan terdapat pada bulu mata, kemungkinanan dapat menyebabkan peradangan pada mata,
  • demam,
  • adanya bintik kecil berwarna merah kebiruan pada kulit bekas gigitan,
  • terdapat kotoran kutu kemaluan pada pakaian dalam yang berbentuk bintik cokelat,
  • adanya telor kutu atau kutu pada rambut-rambut tersebut.

Namun, pada kasus ini terkadang sebagian penderita tidak merasakan gejala-gejala tersebut, sehingga tanpa disadari mereka dapat menularkan kutu kemaluan ini dengan mudah. Nah, gejala-gejala tersebut dapat diatasi dengan penggunaan obat kutu kemaluan yang tepat agar gejala yang ditimbulkan tidak semakin memburuk.

Komplikasi Kutu Kemaluan

Nah, jika kutu kemaluan dibiarkan begitu saja, kemungkinan hal ini dapat menyebabkan beberap komplikasi. Komplikasi yang biasa ditimbulkannya adalah iritasi kulit yang disebabkan akibat seringnya menggaruk area yang ditempati kutu kemaluan. Jika iritasi ini terus berlanjut, kemungkinan dapat berisiko menimbulkan penyakit kulit, seperti impetigo atau bisul akibat paparan bakteri. Selain itu, jika kutu kemaluan ini menempati bulu mata kemungkinan komplikasi yang dapat terjadi adalah blefaritis (peradangan kelopak mata) atau konjungtivitis.

Untuk mencegah hal ini terjadi atau jika hal ini sudah terjadi, segeralah periksakan pada dokter bersangkutan untuk mendapatkan penanganan dan obat kutu kemaluan yang tepat dan sesuai.

Pengobatan Kutu Kemaluan

Untuk pengobatan kutu kemaluan ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa obat kutu kemaluan topikal, seperti losion, sampo, atau krim antiparasit. Penggunaan obat ini dianjurkan untuk bagian yang terinfeksi atau seluruh tubuh bagian luar.

Obat kutu kemaluan atau obat anti parasit yang biasa digunakan adalah permethrin. Penggunaan obat ini kemungkinan dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti gatal, panas atau merah pada bagian kulit yang diobati.

Untuk pengobatan kutu kemaluan sendiri memerlukan pengulangan setelah 9-10 hari. Biasanya hal ini dijalani dengan memeriksakan area yang teinfeksi selama dan setelah periode pengobatan kedua selesai. Hal ini dilakukan untuk memastikan keberadaan kutu kemaluan atau telurnya yang masih tertinggal pada area tersebut.

Nah, jika pengobatan tersebut tidak dapat membunuh kutu kemaluan, kemungkinan dokter akan memberikan resep obat kutu kemaluan yang lebih kuat lagi, seperti :

  • Malathion (ovide), cara pengobatan dengan menggunakan losion ini yaitu dengan mengoleskannya pada area yang terinfeksi, tunggu 8-12 jam, kemudian bersihkan.
  • Ivermectin (stromectol), obat ini digunakan sebagai dosis dari dua pil. Obat kutu kemaluan ini digunakan jika dalam 10 hari pengobatan awal tidak berhasil.
  • Lindane, sama hal nya dengan obat ivermectin, obat kutu kemaluan jenis ini juga digunakan jika pengobatan lain gagal. cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan obat ini ke bagian yang terinfeksi dan kemudian bersihkan setelah empat menit. Obat ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil, menyusui dan anak anak di bawah 2 tahun.
  • Petroleum jelly, jenis obat ini biasanya digunakan pada area kelopak mata dan bulu mata. Untuk penggunaanya yaitu dengan mengoleskannya pada bagian kelopak mata dan bulu mata tiga kali sehari selama beberapa hari. Selain itu kutu kemaluan pada bulu mata ini juga dapat diatasi dengan cara alternatif lainnya yakni dengan membuang kutu kemaluan yang ada pada bulu mata dengan menggunakan pinset, sisir atau kuku tangan secara lembut.

Mencegah Kutu Kemaluan

Nah, agar tidak tertular kutu kemaluan, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengurangi risiko tertularnya infeksi kutu kemaluan :

  • Menghindari penggunaan pakaian, seprai dan handuk dengan orang yang terinfeksi kutu kemaluan.
  • Jika dinyatakan terinfeksi kutu kemaluan, usahakan untuk tidak melakukan hubungan seksual sampai dinyatakan sembuh oleh dokter.
  • Nah, jika memang benar telah dinyatakan terinfeksi kutu kemaluan, ajak anggota keluarga dan pasangan untuk melakukan pemeriksaan juga ke dokter.

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai informasi kesehatan seputar obat kutu kemaluan yang dapat saya sampaikan semoga artikel yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagia Anda sekalian dan terimakasih atas kunjungan sobat herbal sekalian. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya…