Obat Patah Tulang Selangka

Obat Patah Tulang Selangka Dan Apa Penyebab, Gejala, Serta Cara Mengobatinya – Selamat datang kembali di situs resmi kami www.jamuobat.com. Situs resmi yang selalu memberikan informasi-informasi kesehatan yang pastinya bisa membantu anda untuk menemukan solusi atas masalah kesehatan yang sedang anda alami. Untuk kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi dan membahas tentang Obat patah tulang selangka dan apa penyebab, gejala serta cara mengobatinya. Mungkin sebelumnya anda sudah tau apa itu patah tulang selangka? Untuk mengetahui penjelasanya, simak pembahasanya berikut ini.

Patah tulang selangka merupakan suatu kondisi ini akibat cedera yang sering terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Tulang selangka patah adalah luka yang umum terjadi pada orang dewasa maupun anak kecil dan remaja. Patah tulang selangka bisa terjadi karena kecelakaan. Selain itu patah tulang selangka umum terjadi dalam olahrga berat seperti sepak bola, hoki, basket dan olahraga dimana ada risiko terjatuh keras (sperti balap motor, bersepeda, ski, snowboarding dan skateboard). Tapi hal ini juga bisa terjadi pada bayi yang baru lahir, namun terkadang jarang terjadi.

Obat Patah Tulang Selangka Dan Apa penyebabnya Serta Gejalanya?

Penyebab patah tulang bisa disebabkan karena terjatuh atau kecelakaan. Kadang hal itu juga dapat menjadi akibat dari jatuh pada saat tangan terulur atau pukulan langsung ke tulang selangka itu sendiri. Untuk pada bayi baru lahir, patah tulang selangka bisa terjadi karena ketika lahir melalui jalan lahir yang sempit yang membuat tulang selangkanya tertekan. Selain itu ada gejala umum dari patah tulang selangka meliputi:

  • Memar, bengkak, atau menonjol di atas tulang selangka
  • Peningkatan rasa sakit dan adanya suara retakan ketika anak anda mencoba untuk mengerakan bahu atau lenganya
  • Anak yang baru lahir sering tidak bisa mengerakkan lengan mereka
  • Terlihat kelainan bentuk pada bagian yang patah
  • Terasa sakit kalau bernapas
  • Area tulang selangka tampak miring, memisah atau bergeser

Bagaimana Cara Mengobati Patah Tulang Selangka?

Sebelum pada pengobatan, sebelumnya anda mungkin lebih baik periksakan atau konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Karena biasanya kalau sudah dapat penangan dari dokter, dokter akan merekomendaisakn pengobatanya dengan cara pemberian obat patah tulang selangka, selain itu dokter akan merekomendasikan sinar-X dari bahu untuk membuat diagnosis lebih lanjut. Karena sinar-X dapat menampilkan gambar dari patah tulang selangka terkait lokasi dan seberapa parah kondisinya, atau jika ada tulang lainnya yang rusak.

Untuk melakukan perawatan patah tulang selangka anda bisa melakukan cara seperti berikut:

  • Terapi fisik, Anda mungkin akan meraskan sulit untuk menggerakkan lengan anda stelah tidak bergerak untuk waktu lama. Dan lakukan latihan ringan supaya bisa membantu anda mengurangi kekakuan saat masih mengenakan sling, serta ketika tulang sudah sembuh.
  • Mengompres dengan es disekitar area yang patah dapat membantu mengurangi rasa sakit. Solusi ini bisanya hanya diperlukan selam dua atau tiga hari pertama stelah terjadi patah.
  • Mengunakan alat bantu pada lengan, untuk menjaga lengan agar tidak bergerak (menggunakan seling). Hal ini dapat menjaga tulang selangka anda dari diskolaksi selama masih dalam masa penyembuhan.
  • Konsumsi obat patah tulang selangka untuk mengatsi rasa sakit dan infeksi.

Selain itu untuk masa penyembuhannya sendiri tergantung pada berapa parah cedera yang anda alami. Biasanya penyatuan tulang kira-kira memakan waktu 3 sampai 6 minggu untuk anak-anak, dan 6 sampai 12 minggu untuk orang dewasa. Namun buat tulang selangka bayi yang retak pada persalinan bisanya bisa sembuh hanya dengan mengontrol rasa sakit dan diberikan penanganan secara hati-hati.

Berikut ini cara mengobati yang bisa anda lakukan untuk mengobati patah tulang selangka:

  • Terapi

Bisanya setelah anda mendapatkan diagnosis dari dokter, anda bisa menggunakan terapi sebagai salah satu langkah pengobatan yang diambil. Hal ini penting dialakukan untuk melatih dan meminimalisir rasa kaku pada bahu. Anda juga bisanya dianjurkan menggunakan perban atau kain selempang untuk mencegah gerak bahu berlebihan.

  • Minum Obat¬†

Minum obat biasanya untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan akibat tulang selangka yang cedera, biasanya dokter akan menyarankan anda minum obat patah tulang selangka yang tersedia di apotek. Tapi apa bila anda mengalami rasa sakit yang parah, mungkin anda memerlukan obat yang mengandung dosis tinggi selama bebreapa hari masa penyembuahan.

  • Oprasi

Untuk Pelaksanan prosedur oprasi untuk menangani patah tulang selangka hanya diperlukan jika cedera yang terjadi cukup parah. Tingkat keparahanya  tulang patah dan merobek jaringan serta kullit luar atau tulang tidak bisa sejajar dnegan baik atau tumpang tindih. Untuk Teknik yang sering digunakan untuk oprasi patah tulang selangka adalah dnegan memesang plat dan sekrup untuk penyambungan tulang untuk mempertahankan posisi tulang selangka yang tepat selama penyembuhan.

Nah, mungkin cukup sekian pembahasan tentang obat patah tulang dan apa penyebab, gejala serta bagaimana cara mengobatinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu anda untuk mendaptakan solusi untuk mengatasai atau menangani masalah patah tulang selangka. Jangan lupa bantu kami share artikel ini apa bila ada teman,atau sodara dan orang-orang terdekat anda membutuhan informasi tentang obat patah tulang selangka. Terimakasih.