Obat Alergi Dingin – Tanda Gejala Dan Faktor Penyebabnya

Obat Alergi Dingin,. Kembali lagi di website kami http://www.jamuobat.com merupakan situs resmi yang hadir untuk menyediakan berbagai layanan informasi kesehatan untuk anda. Kali ini, kami akan memberikan informasi tentang Obat Alergi Dingin, tanda gejala dan faktor penyebabnya. Untuk sebagian dari anda pasti belum mengetahui tentang alergi dingin. Apa itu alergi dingin?

Obat Alergi Dingin Tanda Gejala dan Faktor Penyebabnya

Alergi dingin atau yang sering tim medis sebut dengan urtikaria merupakan satu gejala reaksi kulit yang timbul beberapa menit setelah paparan udara dingin. Yang di tandai dengan kulit yang berwarna merah serta timbulnya bilur yang terasa sangat gatal seperti alergi lain pada umumnya, Alergi dingin biasa nya sering terjadi pada seseorang yang berusia remaja hingga dewasa dengan reaksi yang berbeda sesuai dengan tingkat keparahan alergi yang di derita.

obat alergi dingin

Meskipun alergi dingin dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa tahun, namun respon tubuh ketika terjadi paparan udara yang sangat dingin mampu menimbulkan reaksi alergi pada penderita alergi dingin hingga mencapai tingkat keparahan (anafilaksis). Ketika terjadi paparan udara dingin, tubuh penderita alergi dingin langsung bereaksi di tandai dengan tenggorokan akan terasa gatal saat udara dingin terjadi, atau timbulnya pembengkakan di tangan dan bibir ketika menyentuh benda yang dingin, reaksi tersebut di perparah ketika suhu atau cuaca mulai kembali hangat. Meskipun tidak berbahaya, namun tidak ada salahnya jika anda menderita alergi dingin untuk segera melakukan tindakan pengobatan atau obat alergi dingin.

Tanda Gejala Alergi Dingin

Seseorang yang menderita alergi dingin sudah di pastikan tubuh tersebut tidak bisa berada bawah paparan udara yang dingin seperti hujan, air, dan suhu di cuaca yang dingin ( di bawah 4 derajat celcius). Berikut tanda gejala alergi dingin yang harus anda ketahui :

  • Pembengkakan pada bibir, tangan hingga tenggorokan jika terkena atau bahkan mengkonsumsi makanan yang dingin
  • Munculnya reaksi kulit merah, gatal dan bengkak jika berada di suhu yang dingin.
  • Demam, sakit kepala, lelah, gelisah hingga pingsan jika mengalami reaksi alergi yang parah
  • Mengalami sesak nafas/nafa yang berat serta palpitasi. Tapi reaksi yang satu ini masih sangat langka dialami oleh penderita alergi dingin

Faktor Penyebab Alergi Dingin

Penyebab pasti seseorang mengalami alergi dingin belum di ketahui sampai saat ini, namun faktor genetika yang memiliki sel kulit sensitif , virus serta penyakit tertentu di duga menjadi penyebab alergi dingin. Pada saat udara dingin, tubuh melakukan pelepasan histamin dan zat kimia ke aliran darah yang pemicu utama nya ialah udara dingin. Namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena alergi dingin seperti berikut ini:

  • Genetika,.Faktor genetika merupakan seorang anak yang mewarisi penyakit alergi dingin dari orang tua nya, namun faktor genetika seperti ini sangat jarang terjadi
  • Infeksi,. orang yang mengalami Radang paru-paru atau infeksi pneumonia beresiko lebih besar mengalami alergi dingin
  • Anak-anak dan Dewasa,.pada usia inilah menjadib usia paling sering seseornag terjangkit alergi dingin, dan akan membaik ketika beberapa tahun berikutnya jika tidak di tangani

Obat Alergi Dingin/Pengobatan Alergi Dingin

Tidak ada obat atau pengobatan medis yang dapat menyembuhkan alergi dingin, namun biasa nya dokter akan memberikan resep obat yang mengandung antihistamin yang dijadikan sebagai Obat Alergi Dingin alternatif, namun penggunaan antihistamin dengan dosis biasa di katakan tidak efektif, justru yang lebih membantu mengurangi gejala alergi dingin yaitu dengan obat antihistamin non-sedatif dengan pemberian dosis yang tinggi. berikut penjelasan mengenai obat yang biasa di berikan oleh dokter :

  • Doxepin,.obat yang di ketahui dapat dijadika sebagai obat alergi dingin, karena bekerja untuk mengatasi kecemasan serta depresi yang di derita oleh pasien penderita alergi dingin.
  • Omalizumab (Xolair),.mampu mengatasi ashma dan mengurangi gejala alergi dingin
  • Anti Histamin,.obat yang berfungsi mampu menghambat zat histamin yang menghasilkan gejala alergi dalam tubuh
  • Cyproheptadine,.obat yang bekerja untuk menghambat saraf bereaksi yang menjurus penyebab gejala alergi dingin, obat ini bekerja seperti obat antihistamin

Pencegahan dapat dilakukan oleh penderita alergi dingin agar alergi dingin tidak kambuh saat cuaca dingin seperti berikut ini :

  • Lindungi kulit dari perubahan suhu yang mendadak
  • Selalu sedia obat antihistamin di rumah, dan konsumsi sesuai anjuran dokter
  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman dingin

Itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Obat alergi dingan, tanda gejala dan faktor penyebabnya. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat untuk anda, tulis komentar pada kolom komentar yang telah di sediakan dan share ke temanmu agar bisa mendapatkan informasi kesehatan seperti anda. Salam Sehat..!!