Obat Asam Lambung

Obat Asam Lambung Dan Apa Penyebab Serta Cara Mengobatinya – Selamat Datang di situs resmi kami www.jamuobat.com. Salam sehat. Untuk kesempatan kali ini kami akan membahas singkat tentang permasalahan kesehatan yang tentunya yang mungkin kita pernah alami, yaitu Asam lambung. Mungkin dari anda ada yang belum tau apa itu asam lambung?

Obat Asam Lambung

Asam lambung atau GERD ini adalah salah satu keadaan asam lambung dimana tubuh melampaui batas normal dan menyebabkan beberapa gejala seperti timbulnya rasa nyeri pada ulu hati/tukak lambung, dada terbakar, nafas menjadi sesak, mengganjal ditenggorokan, seluruh badan sakit dan bau hingga rasa ingin muntah,dll. Biasanya penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakt. Penyakit asam lambung bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Untuk penyakit asam lambung bisa diatasi dengan obat asam lambung, untuk mengetahui bagaimana cara mengobatinya simak lanjutan pembahasanya berikut ini.

Obat Asam Lambung Dan Apa Penyebabnya Terjadi Asam Lambung?

Penyebab asam lambung terjadi karena kelainan pada lapisan dinding kerongkongan bawah, atau lapisan pada dinding kerongkongan bagian bawah, yang berfungsi sebaigai katup antara kerongkongan dan perut menjadi lemah atau terbuka lebih lama dari biasanya, menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Kelainan ini bisa disebabkan oleh seringnya konsumsi alkohol,  dan tembakau.

Selain Itu adanya kelainan pada lambung, hal ini membuat menjadi kosong lebih dan meningkatkan gejala refluks. Makanan berlemak dan cokelat mengurangi kontraksi lambung. Ada juga karena kelainan pada kerongkongan, kelainan jenis ini memperlambat gerakan makanan ke dalam perut atau menyebabkan isi perut mengalir ke atas dan tetap di dalam kerongkongan lebih lama dari biasanya.

Biasanya terjadinya asam lambung awal gejalanya bisa dirasakan seperti gejal-gejala berikut ini:

  • Pada anak-anak, gejala yang terjadi  biasanya sering muntah setelah minum susu, anemia, penurunan berat badan, gangguan pertumbuhan, batuk kronis, asma di malam hari, dan radang pada paru-paru yang terus muncul.
  • Merasakan terbakar di daerah dada (maag) setelah makan makanan berat, atau ketika membungkuk, mengangkat benda berat, atau berbaring.
  • Asama, batuk kering, suara serak dan sakit tenggerokan, bisanya gejala ini terjadi karena cadangan asam lambung naik ke tenggorokan dan pangkal tenggorokan, menyebakan peradangan pita sura.
  • Perut selalu kembung, merasa kenyang, mual, dan muntah setelah makan.
  • Rasa pahit atau asam di mulut, hal ini terjadi ketika pasien bersendawa dan menyebabkan komplikasi di kerongkongan, seperti peradangan. pendarahan dan kesultiatan menenelan.

Bagaimana Cara Mengobati Asam Lambung?

Untuk pengobatan asam lambung memiliki berbagai tahapan. Cara pertama paling mudah untuk dilakukak adalah dengan merubah atau mengganti menu makanan kita menjadi lebih sehat, yaitu beralih ke makanan-makanan yang rendah lemak, tidak terlalu asin, asam maupun pedas. Tapi ketika perubahan menu makanan tidak berhasil, obat-obatan akan digunakan sperti mengkonsumsi obat asam lambung akan digunakan untuk meredakan gejala yang diraskan. Apa bila penderita mengalami asam lambung nya kambuhan terus menerus sebaikan periksakan ke dokter supaya dapat penanganan lebih lanjut. Berikut ada cara mengobati asam lambung dengan cara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami, yang pasatinya mudah kita dapatkan. seperti:

Kunyit

Obat Asam Lambung

  • Kunyit atau curcuma memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobati penyakit asam lambung secar alami. Anda bisa membuat jamu atau obat maag dengan merebus kunyit yang sudah dicincang dengan setengah gelas air. Kemudian rebus sampai 25 menit. Lalu tambahkan gula merah atau madu agar rasanya enak. setelah saring rebus kunyit tersebut dan minum.

Lidah Buaya

Obat Asam Lambung

  • Lidah buaya, tanaman ini memang memiliki banyak manfaatnya. Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh, tanaman ini yang terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan rambut ternyta memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit asam lambung (maag secra alami). Caranya cukup mudah, cukup dengan membuat jus lidah buaya kemudian dikonsumsi setelah bangun tidur, prnyakit asam lambung anda akan berangsur sembuh. Karena kandungan lidah buaya bermanfaat untuk meredam inflamasi yang trjadi di lambung anda.

Jahe

Obat Asam lambung

  • Jahe selain rempah-rempah yang terkenal dengan khasiatnya untuk menghangatkan badan. Disamping itu khasiatnya yang mampu membuat sushu tubuh manjadi hangat, ternyta jahe memiliki khasiat lain yaitu dapat mengobati penyakit asam lambung. Karena dengan mengkonsumi jahe dapat menetralisir asam lambung sehingga asam lambung tidak akan naik. Untuk cara mengkonsumsinya, jahe dengan jumlah 2 sampai gram, jika melebihi itu dosis yang dikelurakan cukup besar dan dampaknya justru akan memperparah asam lambung tersebut.

Pisang

Obat Asam Lambung

  • Buah pisang selain mengandung serat yang cukup tinggi dan baik untuk melancarkan peroses pencernaan, ternyata dengan mengkonsumsi pisang dapat meredam produksi asam lambung yang berlebih karena zat Antasida. Tapi perlu diperhatikan tidak semua orang cocok mengkonusumi pisang sebagi obat untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Jika asam lambung anda justru semakin parah, hentikan mengkonsumi buah pisang.

Selain itu ada yang menjadi pantangan makanan yang harus di hindari oleh penderita asam lambung supaya asam lambungnya bisa terjaga. Makanan apa saja yang harus di hindari:

  • Makanan Asam seperti : Acar, asinan, cuka dan sebagian buah bersifat asam
  • Makanan Pedas seperti : Saos cabai, saos tomat, cabai dan makanan yang mengandung merica berlebihan
  • Buah-buahan tertentu yang tidak boleh dikonsusmi seperti: kedongdong, nanas, belimbing dan mangga muda
  • Kue yang tidak boleh dikonsumsi seperti: Kue keju, kue coklat, kue pisang dan kue tar yang banyak krim
  • Makana yang banyak mengandung alkohol seperti: Tape singkong, tape ketan, manisan buah dan manisan sayuran
  • Minuman yang tidak boleh dokonsumsi seperti: Minuman bersoda, minuman beralkohol, minuman berenergi, minuman kopi serta minuman yang dalalm kemasan kaleng atau botol dan cup.

Demikian penjelasan dari kami tentang Obat asam lambung dan apa penyebab serta bagaimna mengobatinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu anda untuk mendapatkan solusi atas penyakit asam lambung. Jangan lupa bantu share artikel ini apa bila ada teman,sodara atau orang-orang disekitar anda yang sedang mengalami asam lambung supaya bisa mendapatkan solusi untuk penyakit asam lambungnya. Terimaksih.