Obat Cystitis Atau Penyakit Infeksi Kandung Kemih

Obat cystitis -, Selamat datang kembali bagi Anda di portal kesehatan sekaligus penjual obat herbal online ww.jamuobatherbal.com. Dimana pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi terkait pengobatan cystitis atau infeksi kandung kemih, yang dikemas secara lengkap dengan berbagai penyebab dan gejala yang menyertainya. Namun sebelum kita membahas terkait obat cystitis lebih jaug, apakah Anda telah mengetahui apa itu cystitis?

obat cystitis

Cystitis adalah suatu kondisi dimana terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran kandung kemih dan juga bagian atas uretra. Meski menimbulkan ketidaknyamanan, gangguan ini umumnya tidak memicu masalah yang serius lantaran penderitanya bisa pulih dalam beberapa hari.

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini, umumnya lebih dominan dialami oleh kaum wanita. Hal tersebut dikarenakan oleh ukuran uretra (saluran urin) pada wanita lebih pendek dibandingkan dengan pria. Dan sebagai akibatnya, bakteri yang terdapat disekitar anus mudah masuk ke dalam kandung kemih.

Meski kondisi ini dapat pulih dalam beberapa hari, namun tetap saja apabila diabaikan atau tidak segera ditangani dapat berkembang menjadi lebih parah bahkan mampu mendatangkan berbagai komplikasi. Diantaranya seperti terjadinya pendarahan pada saluran kemih (hematuria) hingga terjadinya infeksi ginjal (pyelonephritis). Maka dari itu, jika Anda ini tengah mengalami kondisi ini, segera periksakan ke dokter.

Pilihan obat cystitis atau penyakit infeksi kandung kemih secara alami dan medis

Apabila diagnosis telah ditegakkan, dan Anda dinyatakan positif mengalami cystitis maka langkah pengobatanpun perlu dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan yang dialami pasien. Sejatinya, tidak ada obat cystitis secara khusus. Hanya saja, terdapat beberapa langkah pengobatan secara alami maupun medis, yang dipercaya mampu mengurangi hingga menghilangkan berbagai gejalanya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengonsumsi air putih yang banyak. Hal ini berguna untuk membersihkan infeksi dari saluran kemih
  • Mengompres perut dengan air air hangat atau diantara kedua paha. Hal ini berfungsi untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan akibat cystitis.
  • Mengonsumsi obat cystitis yang bersifat pereda nyeri. seperti paracetamol atau ibuprofen.
  • Pemberian obat antibiotik. Hal ini dapat dilakukan apabila cystitis tak kunjung mereda dalam beberapa hari. Pemberian obat cystitis ini guna mengatasi infeksi bakteri. Umumnya, dokter akan menetapkan dosis antibiotik sesuai bakteri yang terdapat didalam urin dan tingkat keparahan penyakit.

Apabila berbagai pengobatan tersebut tiddak juga membawa perbaikan pada kondisi Anda, bahkan semakin memburuk, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukan berbagai jenis pengobatan lainnya. Mulai dari prosedur memanipulasi kandung kemih, operasi hingga stimulasi saraf.

√ penyebab cystitis

Sebagaimana yang telah diebutkan sebelumnya, bahwasannya penyebab cystitis sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri. Adapun jenis bakteri yang menjadi penyebab dalam sebagian besar kasus cystitis adalah Escherichia coli (E. coli). Nah bakteri ini biasanya hidup dalam usus atau kulit, dan kemudian berkembang biak dalam saluran kemih.

Bakteri ini sendiri bisa masuk ke saluran kemih melalui uretra dengan berbagai cara. Misal pada saat berhubungan intim, kebiasaan menyeka anus ke arah vagina hingga saat menggunakan kateter. Resiko infeksi dalam saluran kemih juga berpotensi semakin besar saat seseorang mengalami gangguan mengosongkan kandungan kemih, menopause hingga mennderita penyakit diabetes. Selain dipicu oleh berbagai hal diatas, cystitis juga bisa dipicu oleh berbagai faktor lainnya, sepertio:

  • Penggunaan obat-obatan kemoterapi. Misal cyclophosphamide atau ifosfamide
  • Radioterapi
  • Penyakit tertentu. Kisal batu ginjal, pembesaran prostat dan peradangan kronis pada saluran kemih (interstitial cyctitis)
  • Bahan kimia, seperti halnya sabun pembersih pada daerah intim.

√ Gejala cystitis

Untuk gejala cystitis sendiri mungkin akan berbeda pada setiap penderitanya. Seperti halnya jika kondisi ini terjadi pada anak-anak, maka bisa menimbulkan gejala berupa demam dengan suhu yang melebihi 38 derajat celsius, selera makan yang berkurang, lemas, muntah, sering mengompol dan rewel. Adapun selain dari pada itu, berikut adalah berbagai gejala umum yang menjadi peratanda munculnya penyakit cystitis. Diantaranya adalah:

  • Frekuensi buang air kecil yang melebihi normal dengan jumlah yang sedikit.
  • Mengalami rasa sakit atau senasi terbakar (perih) saat buang air kecil.
  • Urine berwarna keruh dan berbau tajam.
  • Bagian perut bawah terasa sakit.
  • Terdapat darah didalam urine.
  • Tubuh terasa kurang sehat atau demam.

Nah itulah informasi terkait obat cystitis lengkap dengan penyebab dan gejalanya. Adapun untuk langkah pencegahan, sebaiknya Anda tidak menahan keinginan untuk buang air kecil, hindari membbersihkan organ intim dengan sabun mandi atau sabun pembersih organ intim yang mengandung parfum,banyak minum, gunakan celana dalam berbahan katun dan membiasakan diri menyeka anus atau dubuh ke arah belakang. Semoga bermanfaat dan salam sehat!