Obat Gawat Janin

Obat Gawat Janin – Hallo sobatku semuanya??? Selamat datang kembali di situs yang menyediakan ragam informasi kesehatan yang akurat dan relefan untuk sobat sekalian. Adapun informasi kesehatan yang akan kami bahas di kesempatan kali ini yaitu menganai obat gawat janin. Mengenai apa yang dimaksud dengan gawat janin, gejala dan penyababnya akan kami ulas secara singkat pada ulasan kali ini. Ok tak usah menunggu lama lagi, yuk langsung kita simak saja informasi lengkapnya!!! 🙂

Obat Gawat Janin

Apa Itu Gawat Janin – Gejala – Penyebab – Obat Gawat Janin

Obat Gawat Janin – Gawat Janin merupakan suatu kondisi kedaruratan yang dialami oleh ibu hamil dan janing yang dikandungnya. Kondisi ini diketahui terjadi ketika janin yang dikandung oleh si ibu mengalami kondisi yang tidak kondusif, di mana janin tersebut tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi sehingga menyebabkan terjadinya kondisi yang disebut dengan gawat janin. Yang mana jika tidak segera mendapatkan pertolongan dan penanganan yang tepat, maka kondisi ini diketahui dapat mengancam kesehatan dan nyawa bayi yang dikandungnya.

Untuk itu penting bagi wanita hamil yang mengalami gawat janin untuk segera mendapatkan pertolongan atau obat gawat janin yang tepat.

Gejala Gawat Janin

Obat Gawat Janin –Nah, untuk mengetahui apakah seorang wanita hamil mengalami gawat janin dapat diketahui dari gejala yang biasa ditimbulkan. Terdapat sejumlah gejala gawat janin yang dapat menandakan seorang wanita hamil mengalami gawat janin. Biasanya gejala dapat ditandai dengan sejumlah kondisi tidak normal menjelang persalinan. Berikut merupakan beberapa gejala yang umum terjadi ketika seorang wanita hamil mengalami gawat janin :

  • Gerakan janin yang berkurang dari biasanya

    Dari yang diketahui gerakan bayi dapat sedikit berkurang menjelang persalinan karena ruang gerak janin dalam rahim berkurang. Namun walaupun begitu, normalnya gerakan janin masih dapat dirasakan.
  • Detak Jantung Menjadi Lebih Pelan

    Normalnya detang jantung bayi adalah 110 hingga 160 kali permenit. Nah, jika detak jantung yang tejadi kurang dari 110 atau melebihi 160 permenit, maka kondisi ini menandakan bahwa kondisi janin tidak normal. Detak jantung bayi diketahui dapat melambat sementara waktu ketika rahim berada pada awal konstraksi. Pada kasus gawat janin dapat dipastikan jika detak jantung terus mengalami perlambatan atau menurun setelah kontraksi.
  • Warna air ketuban berubah menjadi cokelat atau hijau

    Pada kasus yang kehamilan yang normal biasanya warna cairan amniotik pada air ketuban akan berwarna bening atau jernih dengan sedikit bercak merah muda, kuning atau merah. Berbeda halnya dengan wanita hamil yang mengalami gawat janin, pada kondisi tersebut warna cairan tersebut diketahui akan berubah menjadi hijau atau cokelat yang menandakan bahwa air ketuban tersebut telah bercampur dengan mekonium atau tinja dari janin. Jika warna cairan yang keluar berwarna hijau, hal ini menandakan bahwa kotoran yang bercampur baru keluar. Sedangkan jika warna air ketuban tersebut berubah menjadi cokelat maka hal ini menandakan bahwa kotoran yang bercampur telah lama kelua. Perubahan warna air ketuban diektahui dapat menimbulkan risiko untuk mengalami sindrom aspirasi mekonium ( meconium asporation syndrome).

Penyebab Gawat Janin

Obat Gawat Janin – Kondisi yang menjadi penyebab utama dari gawat janin adalah kurangnya pasokan oksigen yang didapat oleh janin. Kondisi ini dikenal dengan istilah hiposia janin. Kurangnya pasokan oksigen pada janin ini sering dikaitkan dengan sejumlah kondisi pada janin itu sendiri atau kondisi pada si ibu. Biasanya kondisi yang sering dikaitkan dengan hipoksia janin ini di antaranya yaitu :

  • Pasokan oksigen melalui tali pusat berkurang, kondisi ini diketahui dapat terjadi akibat oligohidramnion yaitu volume air ketuban yang sedikit.
  • Berat badan janin yang rendah, di mana berat janin kurang dari persentil 10 dari berat badan normal dalam usia kehamilan yang sama.
  • Mengalami sindrom aspirasi mekonium, yakni sindrom yang menyebabkan terjadinya iritasi pada paru-paru janin, infeksi dan menghambat jalan napas janin.

Sedangkan kondisi gawat janin yang sering dikaitkan dengan kondisi si ibu, di antaranya :

  • Masa kehamilan yang lebih dari 42 minggu atau 9 bulan lebih.
  • Kehamilan yang terjadi pada usia di atas 35 tahun.
  • Kehamilan dengan janin kembar atau lebih.
  • Memiliki riwayat anemia, diabetes, tekanan darah tinggi saat kehamilan atau preeklamsia.

Obat Gawat Janin

Obat Gawat Janin – Sebelum menentukan pengobatan untuk mengatasi gawat janin, dokter terlebih dulu akan melakukan pemeriksaan lebih rinci guna menetapkan diagnosis gawat janin. Biasanya pemeriksaan yang biasa dilakukan dapat meliputi :

  • USG Doppler untuk melihat aliran darah pada pembuluh darah arteri atau vena pada jani yang akan dilakukan setelah usia kehamilan mencapai 34 minggu lebih.
  • Pengamatan detak jantung janin yang dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara berkala dan secara terus menerus.

Jika dari pengamatan tersebut menunjukan bahwa terjadi penurunan pada detak jantung dan kadar oksigen pada janin, maka kondisi ini dapat dikatakan sebagai kondisi gawat janin.

Nah, jika janin telah terdiagnosis mengalami gawat janin, dokter baru akan melakukan penangan secepatnya. Penangan yang biasa dilakukan untuk mengatasi masalah gawat janin ini meliputi :

Resusitasi Dalam Janin

Obat Gawat Janin – Penanganan ini diketahui sebagai penangan awal yang bertujuan untuk mengatasi kondisi gawat janin. Terdapat sejumlah langkah yang biasa dilakukan pada penanganan ini di antaranya :

  • Memastikan si ibu untuk mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Biasanya untuk membantu menambah pasokan oksigen si ibu akan disarankan untuk menggunakan masker oksigen.
  • Memastikan asupan cairan si ibu memadai atau terpenuhi dengan pemberikan cairan lewat infus.
  • Mengubah posisi berbaring si ibu, biasanya si ibu akan diminat untuk berbaring di sisi kiri. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi tekanan rahim pada vena besar dalam tubuh yang dapat mengurangi aliran darah pada plasenta dan janin.
  • Pemberian laruat dekstora hipertonik intravena.
  • Tokolisis yaitu terapi yang bertujuan untuk menghambat persalinan dini dengan menghentikan kontraksi ramin sementara.
  • Amnioinfusion, yaitu metode untuk menambahkan cairan pada rongga amniotik untuk membantu mengurangi tekanan tali pusat.

Mengupayakan Kelahiran

Obat Gawat Janin – Nah, jika resusitasi dalam rahim tidak dapat mengatasi kondisi gawat janin, kemungkinan dokter akan melakukan tindakan untuk mengupayakan kelahiran. Biasanya tindakan ini perlu dilakukan paling lambat 30 menit jika diketahui adanya kondisi gawat janin. Kelahiran diketahui dapat diupayakan melalui vagina dengan bantuan pada kepala bayi. Jika cara ini tidak dapat dilakukan, maka janin harus dilahirkan dengan melakukan operasi caesar.

Jika upaya kelahiran ini telah dilakukan, kondisi bayi biasanya akan dimonitor secara seksama satu atau dua jam setelah kelahiran, dan setiap 2 jam selama 12 jam pertama pasca kelahiran. Biasanya pemeriksaan yang dilakukan pada bayi meliputi keadaan umum, gerakan dada, warna kulit, suhu tubuh, detak jantung bayi, tulang dan otot. Nah, jika si bayi mengalami sindrom aspirasi mekonium, maka dokter akan melakukan permbersihan jalan napas pada bayi agar pernapasannya tidak terganggu.

Nah, sobat itulah dia informasi mengenai obat gawat janin yang dapat saya sampaikan pada ulasan kali ini. Terimakasih telah menyimak ulasan ini sampai akhir, semoga ulasan mengenai obat gawat janin ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Sekian dari saya, terimakasih atas kunjungannya sekalian dan sampai jumpa di informasi kesehatan berikutnya!!! 🙂 ^^