Obat Glomerulonefritis

Obat Glomerulonefritis,. Kembali lagi bersama kami di http://www.jamuobat.com merupakan situs web resmi yang menyediakan berbagai layanan informasi kesehatan khusus untuk anda. Setelah pada artikel sebelumnya kamu telah mengetahui banyak jenis obat penyakit yang belum diketahui, kali ini kami akan menambah wawasan mengenai Glomerulonefritis serta Obat Glomerulonefritis. Apa sih itu Glomerulonefritis?

Obat Glomerulonefritis – Tanda Gejala Dan Penyebabnya

obat Glomerulonefritis

Glomerulonefritis merupakan satu gejala gangguan kesehatan yang menyerang ginjal yang terjadi pada glomerulus. Glomerulus merupakan salah satu bagian penting yang berfungsi untuk menyaring serta membuang zat sisa atau sampah dari aliran darah. Jika glomerulus terjadi kerusakan maka protein dalam ginjal akan terbuang melalui urine. jika glomerulus terganggu dapat menyebabkan gagal ginjal. Karena fungsi glomerulus dalam ginjal terganggu sehingga ginjal tidak bekerja dengan baik sebagai mana mestinya.

Glomerulonefritis dapat menjadi satu kondisi yang kronis hingga terjadi peradangan pada saat saat tertentu jika Glomerulonefritis terjadi pada waktu jangka panjang serta kambuhan. Glomerulonefritis dapat terjadi dengan sendirinya yang kemudian disebut dengan Glomerulonefritis primer. Berikut beberapa Tanda awal gejala Glomerulonefritis yang di alami oleh tubuh.

Tanda Gejala Glomerulonefritis

Glomerulonefritis merupakan gangguan fungsi ginjal yang dapat membuat ginjal tidak berfungsi secara normal dan mengakibatkan seseorang mengalami gagal ginjal jika Glomerulonefritis terus menerus di diamkan tanpa tindakan pengobatan. Berikut gejala awal yang muncul pada penderita Glomerulonefritis :

  • Mengalami hipertensi yang di tandai dengan urine berbauh dan berwarna kemerahan
  • Kelelahan
  • Pembengkakan pada wajah, tangan, kaki dan perut
  • Buang air kecil berkurang
  • Batuk akibat munculnya cairan pada paru-paru

Glomerulonefritis dapat menjadi kronis, namun tanda gejala Glomerulonefritis yang sudah meningkat menjadi kronis biasanya di tandai dengan frekuensi buang air kecil yang meningkat ketika di malam hari.

Faktor Penyebab Glomerulonefritis

Glomerulonefritis dapat terjadi karena beberapa kondisi seperti infeksi, gangguan pembuluh darah serta kelainan pada sistem imun, pada umumnya Glomerulonefritis akut lebih jelas faktornya dibanding dengan Glomerulonefritis kronis. Berikut beberapa hal yang menjadi faktor penyebab Glomerulonefritis

  • Infeksi virus,.infeksi virus yang mengakibatkan kekebalan tubuh mengeluarkan reaksi yang berlebihan sehingga ginjal mengalami peradangan, hal inilah menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami Glomerulonefritis. Infeksi virus yang dimaksud ialah infeksi virus HIV, hepatitis B, Hepatitis C. infeksi gigi, dan infeksi tenggorokan.
  • Sistem Imun yang memiliki kelainan,.kelainan yang terjadi pada sistem imun dapat menyebabkan peradangan pada bagian organ tubuh termasuk ginjal. Selain itu, Glomerulonefritis juga di sebabkan oleh sindrom goodpasture yang menyebabkan pendarahan di paru-paru serta ginjal.
  • Vaskulitis,.poliarteritis dan granulomatosis wegener merupakan penyakit vaskulitis yang terjadi pada seluruh tubuh termasuk organ ginjal dan paru-paru khususnya, yang mampu menyerang pembuluh darah.

sindrom alport merupakan salah satu faktor penyebab Glomerulonefritis kronis, meski demikian Glomerulonefritis kronis tidak memiliki penyebab khusus.

Obat Glomerulonefritis atau pengobatan Glomerulonefritis

Jenis obat Glomerulonefritis berbeda-beda tergantung apa dan jenis apa Glomerulonefritis yang di derita pasien, penyebabnya serta keparahan. Pengobatan Glomerulonefritis memiliki tujuan untuk mencegah serta mengobati ginjal agar tidak bertambah parah, berikut beberapa obat Glomerulonefritis atau pengobatan yang dilakukan oleh dokter untuk mengatasi Glomerulonefritis:

  • Obat Imunosupresan,.kortikosteroid, cyclophosphamide, ciclosporin, azathioprine, mycophenolate mofetil merupakan beberapa jenis obat mengandung imunosupresan yang dapat dijadikan sebagai obay Glomerulonefritis. Obat yang mengandung immonuspresan mampu mengembalikan serta menormalkan sistem imun dalam tubuh, karena gangguan imun ini menjadi  satu penyebab Glomerulonefritis .
  • Pengatur tekanan darah,.Salah satu penyebab Glomerulonefritis yaitu tekanan darah yang terlalu tinggi. Maka untuk mengpbati dan mencegah Glomerulonefritis memerlukan obat yang mampu menstabilkan tekanan darah. Obat pengatur tekanan darah memiliki dua golongan yaitu ACE inhibitors (captropil dan lisinopril misalnya) serta ARB (losartan dan valsartan), selain untuk menstabilkan tekanan darah kedua jenis obat tersebut mampu membuang kadar protein berlebihan yang bocor melalui urine, serta mampu dijadikan sebagai Obat Glomerulonefritis
  • Plasmapheresis,.merupakan obat Glomerulonefritis ini dilakukan untuk membuang antibodi dan plasma darah si penderita yang berlebihan. Sebagai penggantinya pasien yang kehilangan plasma darah akan di berikan cairan imfus yang mampu dijadikan sebagai plasma pengganti.
  • Pemberian obat-obatan,.Pemberian diuretik sebagai obat lain yang mampu mengatasi Glomerulonefritis berfungsi untuk mengurangi bengkak dan sebagai suplemen kalsium.

Selain beberapa jenis pengobatan Glomerulonefritis yang telah kita bahas di atas, namun jika kondisi Glomerulonefritis bertambah parah yang akan menimbulkan gagal ginjal, penderita dapat menjalani cuci darah dan operasi cangkok ginjal.

Selain pengobatan medis yang dilakukan, namun alangkah baiknya jika penderita melakukan perubahan pada gaya hidup. Berikut hal kecil namun memberikan manfaat untuk mengatasi Glomerulonefritis

  • Membatasi asupan iodium yang terdapat pada garam untuk meminimalisir pembengkakan serta hipertensi dalam tubuh.
  • Menjaga agar tubuh tetap sehat
  • Mengendalikan kadar gula darah
  • Berhenti merokok
  • Mengurangi konsumsi protein dan kalium untuk menghambat serta mencegah penumpukan sisa zat besi dalam darah.