Obat Hemokromatosis

Obat Hemokromatosis – Tanda Gejala Dan Faktor Penyebabnya ,. Kembali lagi bersama kami di http://www.jamuobat.com merupakan situs web resmi yang menyediakan berbagai layanan informasi kesehatan hanya untuk anda. Kesempatan kali ini, Kita akan membahas mengenai apa itu Hemokromatosis , Tanda gelaja, faktor penyebab serta obat Hemokromatosis . Untuk mengetahui informasi lengkapnya simak srtikel berikut ini.

Obat Hemokromatosis  Tanda Gejala Dan Penyebabnya

Obat Hemokromatosis Tanda Gejala Dan Penyebabnya

Zat besi merupakan suatu zat yang memiliki hubungan erat dengan jumlah darah yang diperlukan dalam tubuh manusia, zat besi itu sendiri memiliki peranan yang sangat penting, yakni untuk mengangkut oksigen dari paru-paru menuju ke jaringan serta mengangkut elecktron dalam sel yang membantu pembentukan energi. Begitu penting nya zat besi untuk tubuh sehingga dokter menyarankan agar mengkonsumsi makanan mengandung zat besi yang cukup. Namun berbeda halnya jika tubuh mengalami kelebihan zat besi dalam tubuh, zat besi akan terus menerus menumpuk dalam tubuh bertahun tahun hingga menimbulkan masalah kesehatan seperti Hemokromatosis .

Hemokromatosis merupakan satu gejala disaat tubuh mengalamai kelebihan zat besi, tubuh yang mengalami Hemokromatosis  akan menimbunun zat besi secara berlebihan hingga bertahun tahun. Memang pada dasarnya tubuh sangat memerlukan zat besi, akan tetapi jika tubuh mengalami kelebihan zat besi maka hal itu pun akan menimbulkan masalah tersendiri untuk kesehatan seperti halnya Hemokromatosis yang akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya seperti kerusakan sendi, pankreas, jantung serta ginjal hingga dapat menimbulkan kematian jika Hemokromatosis tidak segera di tangani. Tanda gejala Hemokromatosis biasa nya terjadi pada usia 30-65 tahun yang sering terjadi pada pria di bandingkan wanita, hal itu karena pada tubuh wanita zat besi berlebih dapat dikeluarkan melalui siklus menstruasi atau pada saat melahirkan, namun tidak menutup kemungkinan Hemokromatosis terjadi pada wanita, yaitu setelah wanita mengalami masa manipouse. Berikut tanda gejala Hemokromatosis yang dapat anda amati pada tubuh:

Tanda Gejala Hemokromatosis

Hemokromatosis biasa nya tidak langsung menimbulkan gejala hingga zat besi mencapai batas tertentu. Namun jika zat besi itu telah melebihi batas tertentu dapat anda kenali gejala nya sebagai berikut ini:

  • Hilangnya berat badan serta tubuh mudah letih
  • Sakit persendian dan tubuh mengalami kurang Energy
  • Bulu di tubuh Rontok
  • Sakit persendian
  • Hilangnya gairah seksual
  • Warna kulit berubah menjadi merah tua
  • Sering mengalami sakit di bagian perut

Tanda awal gejala Hemokromatosis memang tidak dapat diamati dengan pasti, karena gejala nya hampir sama dengan penyakit lain pada umumnya. Dan kemungkinan besar terjadi gejala Hemokromatosis lain yang tidak di sebutkan diatas.

Faktor Penyebab Hemokromatosis

Menurut ahli kedokteran Hemokromatosis dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan faktor penyebab nya masing masing, berikut penjelasan lebih lengkap mengenai Fakto penyebab Hemokromatosis:

  • Hemokromatosis primer,.

Hemokromatosis primer merupakan gejala Hemokromatosis awal di sebabkan oleh mutasi gen HFE yang memiliki fungsi untuk mengatur jumlah penyerapan zat besi dalam tubuh, mutasi gen HFE memiliki 2 jenis yaitu H63D dan C282Y yang kemudian Hemokromatosis akan muncul ketika seseorang memiliki serta mewarisi kelainan genetik dari orang tua nya. Menurut pembagiannya, Hemokromatosis primer memiliki 2 jenis yaitu:
>. Neonatal Hemokromatosisadalah suatu kondisi penimbunan zat besi sangat parah yang mengakibatkan kerusakan hati pada bayi baru lahir yang biasanya menyebabkan kematian.
>. Juvenile Hemokromatosis,.merupakan kondisi yang di sebabkan oleh mutasi gen hemojuvelin, bukan pada gen HFE. Biasa nya gejala awal muncul pada usia 15-30 tahun.

  • Hemokromatosis Sekunder

Meupakan kelainan Hemokromatosis yang di sebabkan oleh faktor gangguan kesehatan lain, gejalanya seperti berikut ini:
>. Seringnya melakukan transfusi darah pada penderita anemia, dan talasemia
>. Penyakit hati kronis
>. Terlalu banyak minum alkohol
>. Anemia atau susah tidur
>. Cuci darah pada organ hati atau yang sering di sebut Dialisis

Resiko seseorang terkena Hemokromatosis sekunder akan meningkat jika pada seseorang memiliki riwayat keluarga yang menderita diabetes dan jantung, selain itu mengkonsumsi Vitamin C dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan peningkatan penyerapan zat besi hingga zat besi tertimbun dalam tubuh.

Obat Hemokromatosis

Tidak semua Hemokromatosis dapat di sembuhkan, terutama Hemokromatosis primer. Pengobatan atau Obat Hemokromatosis dilakukan hanya untuk mengurangi gejala hingga menekan Hemokromatosis agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut dalam tubuh. Namun pengobatan terbaik hingga saat ini ialah dengan cara mehilangkan zat besi berlebih dalam tubuh dengan cara mengambil darah satu atau dua kali dalam seminggu hingga zat besi dikatakan dalam tingkat yang normal. Berikut beberapa pengobatan atau Obat Hemokromatosis yang dapat tim medis lakukan untuk mengobati dan menangani Hemokromatosis:

  • Phlebotomy (Vena section)merupakan penanganan atau obat Hemokromatosis yang selalu menjadi pilahan utama karena metode inilah yang terbilang cukup mudah dalam penanganan Hemokromatosis, hanya dengan cara mengambil darah dan menormalkan kadar zat besi dalam tubuh yang dilakukan 4 kali dalam sebulan. Phlebotomy tidak di anjurkan untuk anda yang menderita Hemokromatosis tetapi memiliki riwayat penyakit anemia.
  • Terapi Khelasi,.Terapi satu ini sangat di sarankan untuk anda yang menderita Hemokromatosis tetapi tidak bisa mengobati menggunakan jenis pengobatan phlebotomy. Dalam terpi ini, penderita Hemokromatosis akan di berikan Obat Hemokromatosis yang dapat mengikat serta mengeluarkan zat besi melalui urin dan tinja.

Pencegahan Hemokromatosis

Perubahan gaya hidup tentunya sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, seperti pada Hemokromatosis salah satunya. Berikut perubahan gaya hidup yang bisa anda lakukan untuk mencegah Hemokromatosis:

  • Menghindari konsumsi suplemen dan multivitamin yang mengandung zat besi
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Hindari makan makanan kerang-kerangan mentah
  • Minum teh, banyak bukti yang menyebutkan bahwa teh mampu menghambat penyimpanan zat besi dalam tubuh karena mengandung tanin
  • Hindari suplemen Vitamin C khususnya dengan makanan. karena Vitamin C mampu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh, dengan cara minumlah jus yang kaya akan vitamin C seperti jus jeruk minimal 2 kali sehari.

Itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengenai apa itu Hemokromatosis, tanda gejala, faktor penyebab, obat hemokromatosis serta cara pencegahan nya. Semoga artikel kesehatan yang kami sampaikan bisa sedikit membantu anda..!! Salam Sehat..!!