Obat Hipospadia

Obat Hipospadia – Hallo sobat??? Jumpa kembali dengan saya di situs yang menyediakan ragam informasi kesehatan yang akurat dan terlengkap, mulai dari informasi penyakit, manfaat tanaman hingga rekomendasi obat herbal unggulan berlegalitas BPOM RI. Nah, untuk ulasan kali ini saya akan membagikan sebuah informasi mengenai obat hipospadia. Untuk lebih jelasnya yuk, langsung aja kita simak ulasan lengkapnya berikut ini!!!

Obat Hipospadia

Apa itu Hipospadia – Gejala – Penyebab – Obat Hipospadia

Obat Hipospadia – Hipospadia merupakan suatu kondisi kelainan di mana uretra tidak berada pada posisi yang normal. Hipospadia diketahui sebagai kelaian bawaan yang diderita sejak lahir dan merupakan kondisi yang umum terjadi. Kondisi yang dialami diketahui dapat bersifat ringan maupun berat tergantung jarak letak pergeseran uretra yang terjadi. Uretra sendiri merupakan sebuah saluran yang menghubungkan kandung kemih dengan ujung penis. Pad kondisi normal, lubang uretra terletak tepat di ujung penis untuk mengeluarkan urine. Namun pada penderita hipospadia, lubang uretra justru terletak di bagian bawah penis.

Gejala Hipospadia

Obat Hipospadia – Gejala yang umum terjadi dapat dilihat dari letak uretra penderita dan dapat berbeda-beda. Tingkat keparahannya pun tergantung pada letak lubang uretra. Pada kasusu yang umum, lubang uretra penderita hipospadia akan terletak di dekat ujung penis. Namun pada kondisi yang parah letak uretra bisa berada di tengah atau pangkal penis (dekat skrotum).

Di samping letak lubang uretra, gejala lain dari hipospadia lainnya diketahui cenderung mirip, di antaranya :

  • Penis yang melengkung ke bawah akibat terjadinya penarikan atau pengencangan jaringan di bawah penis.
  • Kulup yang terlihat menaungi ujung penis, yang bisa terjadi akibat kulup tidak berkembang di bagian bawah penis.
  • Percikan tidak normal yang terjadi ketika buang air kecil.

Jika sobat melihat gejala- gejala tersebut pada anak sobat, segeralah temui dokter terutama jika letak lubang uretra nya tidak normal.

Komplikasi Hipospadia

Obat Hipospadia – Jika tidak ditangai dengan benar, maka penderita hipospadia diketahui dapat mengalami komplikasi seperti :

  • Anak menjadi kesulitan untuk belajar buang air kecil di kamar kecil.
  • Gangguan psikologis, karena penderita cenderung tidak percaya diri karena kondisi alat vitalnya.
  • Gangguan akibat ejakulasi tidak normal.
  • Bentuk penis tidak normal.
  • Penis melengkung dan tidak normal saat ereksi.

Biasanya kondisi ini diketahui dapat terdiagnosis setelah bayi lahir, dan kemungkinan dokter akan memberikan beberapa saran untuk mengatasinya.

Penyebab Hipospadia

Obat Hipospadia – Hipospadia merupakan kelainan bawaan yang terjadi sejak lahir. Mengenai penyebab perkembangan abnormal ini diketahui belum dapat diketahui secara pasti. Namun, pembentukan penis selama bayi dalam kandungan ditentukan oleh beberapa hal, salah satunya adalah hormon seks pria yakni testosteron. Nah, kondisi hipospadia ini diduga terjadi karena terhambatnya kerja hormon testosteron tersebut, sehingga pertumbuhan penis menjadi terganggu.

Faktor Risiko Hipospadia

Obat Hipospadia – Selain itu, terdapat beberapa faktor yang di duga dapat memicu hipospadia, salah satunya adalah riwayat keluarga. Walaupun dikenal bukan sebagai peyakit keturunan, namun kondisi ini juga terkadngan dapat terjadi pada bayi yang memiliki anggota keluarga dengan kondisi yang sama.

Di samping itu, faktor-faktor pemicu lainnya diperkirakan bisa berdampak pada perkembangan janin pada masa kehamilan. Seperti pengaruh usia ibu yang di atas 40 tahun saat hamil dan pajanan rokok, atau senyawa kimia selama kehamilan terutama pestisida.

Pengobatan Hipospadia

Obat Hipospadia – Kondisi hipospadia sendiri umuinya dapat didiagnosis segera setelah lahir. Namun meskipun telah terdiagnosis positif mengalamai hipospadia, dokter tidak akan langsung melakukan penanganan medis. Hal ini dikarenakan bayi atau anak sobat belum tentu membutuhkan penangan medis. Penangan medis untuk mengatasi hipospadia ini diketahui tergantung tingkat keparahan hipospadia yang dialami.

Kebanyakan tujaun dari penaganan hipospadia ini adalah untuk membuat urine mengalir keluar melalui ujung depan penis, membuat penis tidak melengkung ketika ereksi an membuat penis terlihat senormal mungkin.

Biasanya jika lubang uretra terletak sangat dekat dari lokasi yang seharusnya dan bentuk penis tidak melengkung, penangana medis secara khusus kemungkinan tidak diperlukan. Namun, jika lubang uretra berada jauh dari lokasi yang seharusnya, operasi pemindahan uretra perlu dilakukan.

Operasi yang dijalani diketahui dapat dijalani kapan saja, namun masa idealnya yang tepat adalah saat anak berusia empat bulan hingga 1.5 tahun.

Untuk lebih jelasnya mengenai pengobatan hipospadia ini, ada baiknya sobat mendiskusiknnya dengan dokter mengenai penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah hipospadia yang terjadi pada anak sobat.

Ok, sobat itulah dia informasi mengenai obat hipospadia yang dapat saya bagian untuk ulasna kali ini. Sekian dari saya, terimakasih atas kunjungannya dan semoga informasi yang telah dibagikan ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian.