Obat Kantuk Berlebihan Yang Aman Dari Bahan Alami

Obat kantuk -, Selamat datang kembali di www.jamuobat.com. Disini, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dan tips kesehatan terpercaya hingga pengobatan beragam jenis penyakit. Adapun pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan terkait obat menghilangkan kantuk dari bahan alami dan sumber pangan sehari-hari.

obat kantuk

Kantuk atau drowsiness ialah kondisi dimana seseorang ingin merasa tidur. Kondisi ini Biasanya ditandai dengan timbulnya rasa lelah, mata terasa berat, aktivitas menguap yang mberlebihan, hilang kesadaran hingga tertidur. Hal ini bisa saja terjadi pada waktu yang tidak tepat. Seperti pada saat bekerja, saat belajar bahkan saat berkendara, sehingga dapat mengganggu aktivitas Anda.

Meski terlihat sederhana, kantuk berlebihan sendiri ternyata dapat menimbulkan berbagai masalah. Mulai dari menganggu kinerja dan produktivitas di sekaolah, kantor, mempengaruhi emosi, mengganggu interaksi sosial, dan yang lebih parah dapat menyebabkan kecelakaan, baik di jalan raya maupun lingkungan kerja.

√ Penyebab kantuk berlebih

Pada umumnya, kantuk sendiri terjadi lantaran kurang tidur. Kebutuhan tidur yang dimiliki setiap orang berbeda-beda , tergantung usia dan juga aktivitas yang mereka miliki. Pada orang dewasa, idealnya membutuhkan waktu tiodur 7-9 jam perhari. Sedangkan pada anak hingga remaja butuh 9 jam, balita butuh 10-12 jam, dan bayi baru lahir butuh 16-18 jam untuk beristirahat.

Adapun berbagai faktor lainnya yang bisa memicu kantuk ialah:

  • Jam kerja yang terlalu panjang atau bekerja dengan sistem shift yang mengharuskan bekerja di malam hari.
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein dan nikotin dari rokok
  • Efek samping obat-obatan asma, hipertensi dan jantung.
  • Gangguan tidur seperti sleep apnea, insomnia atau narkolepsi
  • Hiperkalemia atau kandungan kalsium yang tinggi didalam darah
  • Penyakit diabetes
  • Hiponatremia atau perubahan kadar natrium dalam darah
  • Hipottiroid atau kelenjar tiroid yang kurang aktif
  • Dan asih banyak lagi

Obat kantuk berlebih dari bahan alami yang aman

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa Anda jadikan sebagai obet penghilang kantuk. Beberapa diantaranya terdiri dari sumber pangan yang sering Anda konsumsi setiap hari. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut:

Kopi

Obat kantuk alami pertama yang bisa Anda konsumsi adalah kopi. Bahan alami yang satu dini diketahui mengandung zat kafein, yang mana bisa menstimulus otak Anda agar kembali segar. Sehingga rasa kantukpun hilang. Namun jangan mengonsumsinya terlalu banyak lantaran malah bisa memberikan efek sebaliknya.

Teh

Selain dari pada kopi, teh juga bisa menjadi pilihan untuk Anda konsumsi untuk menghilangkan rasa kantuk berlebih. Hal tersebut karena didalam teh juga mengandung kafein. Selain itu, aroma wangi daun teh juga bisa membuat pikiran menjadi rileks san menyegarkan kondisi tubuh, terlebih saat kerjaan numpuk di kantor.

Bayam

Pilihan obat kantuk alami lainnya adalah bayam. Sayuran hijau yang satu ini diketahui mengandung zat besi yang begitu tinggi. Nah, zat besi sendiri mampu meningkatkan surkulasi yang akan memberikan suntikan oksigen ke otak dan mengalir ke seluruh tubuh. Dan karena itulah rasa kantukpun bisa sirna dengan sendirinya.

Cabai

Didalam cabai, diketahui terkandung senyawa seperti kapsaikin, flavonoid, kapsisidin, kapsikol dan juga minyak esnsial yang berguna bagiu tubuh. Selain itu, cabai juga bisa menghilangkan rasa kantuk karena mberbagai kandungannya bisa meningkatkan energi serta menjaga tubuh tetap fit. Namun jangan sampai terlalu banyak mengonsumsinya, karena bisa menyebabkan sakit perut.

Gandum

Kandungan karbohidrat kompleks yang terkandung dalam gandum, mampu dipecah lebih lambat menjadi gula darah sehingga sangat membantu dalam metabolisme energi tubuh. Yang artinya, dapat menyimpan energi lebih lama dan cocok untuk dijadikan obat kantuk alami yang tepat.

Akan tetapi, Berbagai obat kantuk berlebih diatas mungkin tidak akan memberikan efek, bahkan meski Anda tidur seharianpun. Mungkin rasa kantuk berlebih tersebut disebabkan oleh gangguan kesehatan. Sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.