Obat Kista Ovarium

Obat Kista Ovarium – Gejala dan pengobatan kista ovarium. Jumpa lagi bersama kami di www.jamuobat.com seperti biasa kami akan selalu menampilkan informasi seputar kesehatan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas obat kista ovarium, sebelum ke pembahasan utama kita akan mencari tau terlebih dahulu apa itu ovarium ? Ovarium adalah salah satu organ dari sistem reproduksi wanita yang terletak di perut bagian bawah pada kedua sisi rahim.

Obat Kista Ovarium

Perempuan mempunyai 2 indung telur terletak pada sisi kiri dan kanan yang memproduksi telur serta hormon estrogen dan progesteron. Sedangkan penyakit kista merupakan sebuah benjolan yang berisi cairan. Penyakit kista ini bisa disebut sebagai tumor jinak dan banyak dialami ileh wanita. Sedangkan yang dimaksud dengan penyakit kista ovarium adalah sebuah kantung besar yang berisi cairan yang terbentuk pada ovarium.

Gejala kista ovarium

Kista yang tumbuh pada indung telur pada umumnya tidak menimbulkan gejala yang tidak diinginkan. Sampai saat ini masih jarang terjadi kasus yang serius akibat kista ovarium. Kebanyakan kista ini muncul dan sembuh kembali tanpa disadari oleh penderitanya. Tetapi jika kista yang ada pada anda dengan ukuran yang besar ataupun menyumbat aliran darah ke ovarium, maka akan muncul beberapa gejala diantaranya :

  • Nyeri pada tulang panggul teutama saat berhubungan intim.
  • Sulit buang air kecil.
  • Merasa mual, muntah, dan payudara menjadi sensitif seperti hamil.
  • Nyeri pada tulang panggul saat menstruasi.
  • Proses pencernaan tidak lancar.
  • Limbung atau pusing.
  • Gangguan pencernaan.
  • Perut kembung dan rasa kenyang tanpa sebab.
  • Kehilangan napsu makan.
  • Nyeri haid dan pendarahan yang tidak biasa.

Obat Kista Ovarium

  • Mahkota Dewa

Tanaman mahkota dewa merupakan tanaman asli yang berasal dari Papua yang dapat dijadikan obat kista ovarium. Tanaman ini selain dijadikan sebagai tanaman hias ternyata berkhasiat sebagai obat penghilang kista rahim. Mahkota dewa ini memiliki kandungan zat aktif berupa alkolid. Cara mengolah tanaman ini yaitu dengan mencampurkan 30 gram daun mahkota dewa, 5 gram buah mahkota dewa kering, dan 50 gram temu mangg. Setelah itu rebus dengan air 800 cc air hingga 400 cc kemudian saring. Anda dapat meminumnya secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

  • Kunyit Putih

Kunyit putih atau bisa juga disebut dengan temu mangga merupakan rempah rempah alami yang berasal dari indonesia dan ampuh sebagai obat kista ovarium. Cara yang dapat anda lakukan untuk mengolahnya yaitu dengan merebus kunyit putih yang sudah kering bersamaan dengan bahan lainnya seperti pegagan cakar ayam dan tapak liman. Ramuan ini berkhasiat sebagai anti peradangan dan juga anti oksidan.

  • Benalu teh

Benalu ini memiliki beberapa kandungan diantaranya chalcones, flavonoid, flavones dan C-Glycoflavonols yang berguna untuk peningkatan daya tahan tubuh serta dapat dijadikan anti alergi, anti kanker dan penggumpalam darah pada tubuh.

  • Rumput Mutiara

Selain itu bahan tradisional lainnya seperti rumput mutiara sangatlah ampuh untuk obat kista ovarium. Rumput mutiara ini kaya akan kandungan flavonoidnya yang sangat berguna untuk mencegah terjadinya peradangan. Cara untuk mengolahnya yaitu dengan merebus rumput mutiara dan dicampurkan buah mahkota dewa.

Diagnosis kista ovarium

Dokter kandungan akan merasakan benjolan pada saat melakukan pemeriksaan pada bagian panggul. Pada umumnya pertumbuhan ovarium ini jinak. Meskipun demikian sebagian kecil dari kista dapat bersifat kanker. Itulah yang menjadi alasan pentingnya memeriksakan panggul secara rutin. Agar para dokter dapat mengetahui seseorang mengalami kista ovarium atau tidak, biasanya dokter akan melakukan beberapa tes meliputi :

  • Tes melakukan gelombang ultrasuara, cara seperti ini biasa dilakukan untuk membuat gambar dari ovarium gambar itulah yang akan dijadikan bahan pertimbangan dokter akan ukuran dan lokasi kista ataupun tumor.
  • Tes darah, tes seperti ini akan dilakukan untuk memeriksa beberapa kadar hormon. Meliputi pemeriksaan luteinizing hormone (LH), estradiol, follicle stimulating hormone (FSH), dan testosteron.
  • Tes pencitraan melalui computed tomography (CT), magnetic resonance imaging (MRI) dan tomografi emisi positron (PET) hal tersebut merupakan tes yang berguna untuk menemukan tumor ovarium dan seberapa jauh tumor tersebut telah menyebar.
  • Menggunakan alat bantu, hal seperti ini merupakan cara pembedahan yang dilakukan unuk mengobati kista ovarium.

Sekian penjelasan mengenai obat kista ovarium, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih 🙂