Obat Mata Kering Alami

Obat mata kering alami -, Selamat datang di situs kesehatan terpercaya www.obatjamu.com. Dimana pada kesempatan kali ini kami akan mengupas informasi terkait obat tradisional untuk mata kering, yang terdiri dari bahan-bahan alami rumahan yang mudah didapatkan.

obat mata kering

Namun, sebelum kami akan memaparkan obat mata kering untuk anak dan dewasa inisecara lebih rinci, mungkin sebagian dari pada belum begitu mengenal sebenarnya apa itu mata kering? dan apa saja gejala dan penyebabnya? Untuk itu, sebaiknya anda simak terlebih dahulu ulasan singkat berikut.

Sedikit mengenal gejala dan penyebab mata kering

Pernahkah anda mengalami gejala-gejala seperti ada yang mengganjal pada mata, mata merah dan berair hingga sensitif terhadap cahaya silau? Jika iya, kemungkinan besar Anda beresiko mengalami mata kering atau dalam istilah medisnya di sebut dengan keratoconjunctivitis sicca.

Penyakit mata kering atau sindrom mata kering ini sendiri merupakan kondisi dimana mata kekurangan cairan, lantaran air mata yang mudah menguap maupun produksi air mata yang terlalu sedikit. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, namun mereka yang telah lanjut usia lebih beresiko mengalami kondisi ini.

Adapun seseorang yang mengalami kondisi ini, biasanya mengalami berbagai gejala mata kering seperti:

  • Mata menjadi kemerahan, bengkak dan terasa perih
  • Adanya senasi panas, menyengat atau gatal di dalam mata
  • Terjadi sensitivitas terhadap cahaya
  • Adanya sensasi kesat dan berpasir didalam mata
  • Seperti ada yang menyangkut didalam mata
  • Penglihatan terkadang menjadi kabur
  • Muncul lendir disekitar mata

Sedangkan untuk penyebab mata kering sendiri diketahui dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti halnya usia yang telah lanjut, perubahan hormon, penyakit tertentu, bekerja di depan komputer, cedera pada mata, paparan radiasi, efek samping laser dan lainnya.

Obat mata kering alami yang bagus untuk anak dan dewasa dari ramuan tradisional

Jika kita mengalami gangguan pada mata, biasanya kita langsung memberikan obat tetes mata dari apotik termasuk juga dalam mengatasi masalah mata kering ini. Namun sebaiknya Anda tidak terburu-buru, karena terdapat obat mata kering dari bahan alami yang diketahui efektif dalam menyembuhkan masalah ini. Diantaranya:

1. Mentimun

Ketika mata terasa kering, maka segera irislah mentimun dan cuci hingga bersih. Setelah itu kemudian tempatkan irisan tersebut pada kelopak mata kurang lebih selama 10 menit. Apabila mata juga tengah mengalami iritasi, maka lakukan hal ini empat hingga lima kali dalam sehari.

2. Air mawar

Obat sakit mata kering tradisional selanjutnya ialah air mawar. Bahan alami yang satu ini diketahui cukup efektif dalam mengatasi iritasi sekaligus mampu membersihkan mata. Untuk itu, Anda bisa membilas mata dengan air mawar murni lebih dari satu kali dalam sehari.

3. Air dan garam

Campuran air dan garam juga bisa menjadi pengobatan rumahan untuk mengatasi mata kering dan iritasi. Hal tersebut lantaran garam sendiri merupakan agen antibakteri yang cukup efektif dalam membunuh bakteri.

Untuk caranya, Anda bisa mencampurkan satu sendok teh garam dan secair air mendidih dan aduk hingga larut. Setelah air menjadi dingin, maka basuh permukaan luar mata Anda secara perlahan dan pastikan juga ramuan air garam ini tidak masuk ke dalam mata.

4. Teh hijau

Tak hanya terasa nikmat saat di konsumsi, teh hijau juga ternyata memiliki khasiat dalam membantu mengurangi peradangan dan menjadi obat mata kering alami. Adapun untuk caranya, terlebih dahulu Anda bisa melarutkan teh hijau didalam air panas. Kemudian dinginkan air tersebut dan bilas pada permukaan luar mata. Selain itu, Anda juga bisa mengompes mata dengan kantong teh yang dibasahi selama beberapa menit.

Adapun pada kasus mata kering yang cukup berat ataupun tak kunjung sembuh, sebaiknya Anda segera periksakan pada dokter spesialis mata untuk mendapatkan obat mata kering dan penangan yang lebih intensif.