Obat Menstruasi Tidak Lancar – Herbal dan Efektif

Obat Menstruasi Tidak Lancar – Herbal dan Efektif – Hai sobat setia jamuobat.com? Jumpa kembali dengan saya adminnya jamuobat.com, situs yang menyediakan beragam macam informasi kesehatan herbal yang akurat. Nah, untuk kesempatan kali in,i saya akan kembali membahas seputar kesehatan mengenai obat mentruasi tidak lancar yang herbal dan efektif. Nah, mungkin sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bukan dengan yang namanya menstruasi, khususnya untuk Anda para wanita.

Yup, menstruasi sendiri merupakan siklus yang terjadi secara alami pada wanita, dan merupakan suatu perubahan fisiologis yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi wanita yaitu hormon estrogen dan progesteron. Siklus ini terjadi akibat suatu bentuk pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan. Pelepasan dinding rahim ini merupakan siklus komplek yang terjadi secara periodik setiap bulannya.

Obat Menstruasi Tidak Lancar - Herbal dan Efektif

Menstruasi

Pada umumnya menstruasi akan terjadi pada wanita dengan kisaran usia 11 tahun dan akan berlangsung sampai usia manopause yakni pada usia 45-55 tahun. Menstruasi yang normal akan berlangsung selama 3-7 hari. Dari kebanyakan kasus siklus menstruasi pada wanita akan berlangsung selama 25-35 hari. Namun meskipun begitu tidak sedikit wanita yang juga mengalami siklus menstruasi yang tidak normal. Selain itu tidak jarang juga banyak wanita yang mengalami berbagai masalah gangguan mentruasi. Salah satunya adalah masalah siklus mentruasi yang tidak lancar.

Siklus Mentruasi Tidak Lancar

Siklus menstruasi yang tidak lancar/teratur sendiri merupakan suatu kondisi di mana jadwal siklus menstruasi datang lebih cepat, lebih lambat atau bahkan tidak datang sama sekali. Kasus gangguan siklus menstruasi ini dapat terjadi akibat ketidak seimbangan hormon atau juga merupakan salah satu indikasi terjadinya gangguan kesehatan pada organ reproduksi wanita.

Dari yang diketahui terdapat beberapa tipe siklus menstruasi yang tidak lancar, beberapa diantaranya adalah :

  • Oligomenorrhea, yaitu siklus menstruasi yang terjadi lebih panjang yakni lebih dari 35 hari dan kurang dari 90 hari.
  • Polymenorrhe, yaitu siklus menstruasi pendek yang berlangsung kurang dari 21 hari.
  • Metrorrhagia, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan lamanya waktu menstruasi dan banyaknya volume darah yang dikeluarkan.
  • Amenorrhea, yaitu suatu kondisi di mana tidak terjadinya siklus menstruasi dalam waktu 3 bulan berturut-turut.

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Dari yang diketahui, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi menjadi tidak lancar, beberapa di antaranya pun harus mendapatkan penanganan yang memerlukan obat menstruasi tidak lancar yang tepat dan sesuai dengan kondisi penyebabnya. Beberapa faktor penyebab menstruasi tidak lancar tersebut adalah :

  • Stres

Selain dapat menyebabkan timbulnya penyakit kronis, stres juga dapat menjadi salah satu penyebab menstruasi tidak lancar. Hal ini dikarenakan, gangguan psikologis ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan produksi hormon menjadi kacau, termasuk hormon yang mempengaruhi terjadinya menstruasi. Sehingga para wanita yang sering mengalami stres umumnya akan mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar. Nah, penangan yang tepat untuk mengatasi mentruasi tidak lancar akibat stres adalah dengan mengurangi atau menjauhi penyebab terjadinya stres. Atau mungkin Anda juga dapat mengkonsumsi obat menstruasi tidak lancar berupa ramuan yang dapat memberikan efek penenang atau mengkonsumsi makanan yang dapat menghilangkan stres seperi coklat, pegagan, dan lain sebagainya.

  • Gangguan Hormon

Gangguan hormon seperti kurangnya hormon estrogen dan progesteron juga dapat menjadi penyebab utama menstruasi tidak lancar. Selain itu hormon prolatin yang terlalu tinggi pun dapat berdampak pada siklus menstruasi dan kesuburan. Dari beberapa kasus lain, terdapat kasus wanita yang memiliki hormon androgen (hormon pria) lebih banyak di dalam tubuhnya, dan hal ini menyebabkan menstruasi menjadi tidak lancar dan bahkan tidak datang sama sekali. Nah, pada kasus ini, mungkin obat menstruasi tidak lancar yang akan diberikan dokter adalah dengan terapi hormon. Terapi ini bertujuan untuk menyeimbangkan kembali hormon yang mengalami gangguan.

  • Obesitas

Wanita dengan berat badan berlebih (obesitas) berisiko tinggi mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar. Selain itu obesitas juga dapat mempengaruhi kesuburan wanita dan memicu terjadinya penyakit tiroid. Obat menstruasi tidak lancar yang mungkin disarankan dokter pada penderita obesitas adalah dengan melakukan diet sehat dengan asupan nutrisi yang seimbang.

  • Penyakit Tiroid

Nah, penyakit tiroid juga dapat menjadi penyebab siklus menstruasi tidak lancar. Hal ini terjadi karena kelenjar tiroid yang mengalami gangguan seperti hipotiroid dan hipertiroid akan mempengaruhi sejumlah hormon, dan salah satunya adalah hormon yang mempengaruhi kelancaran siklus haid. Nah, untuk mengatasi masalah ini, biasanya dokter akan memberikan obat menstruasi tidak lancar berupa obat untuk mengobati kelenjar tiroid yang menjadi penyebab siklus menstruasi tidak lancar.

  • Penggunaan Konstrasepsi

Dari yang diketahui, penggunaan kontrasepsi seperti pil dan suntikan KB mengandung sejumlah hormon yang dapat mencegah kehamilan. Nah, hal ini juga mungkin dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi terganggu. Selain itu jenis konstrasepsi ini juga dapat menyebabkan pendarahan menstruasi menjadi sangat banyak atau sebaliknya. Bukan hanya itu, penggunaan pil atau suntik KB setelah melahirkan juga dapat membuat siklus mentruasi menjadi tidak lancar.

  • Diet Ekstrim

Alih-alih mendapatkan tubuh yang ideal, tapi menyebabkan siklus mentsruasi terganggu. Diet yang ekstrim ini juga berisiko membuat siklus haid tidak lancar. Makanan yang dimakan saat diet pun memiliki peranan yang penting dalam menentukan kelancaran siklus menstruasi. Jadi, ketika seorang wanita melakukan diet yang ekstrim tanpa diimbangi dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, maka beberapa hormon pun akan terganggu. Salah satu hormon tersebut adalah hormon yang berperan dalam kelancaran siklus menstruasi. Nah, untuk itu jika Anda melakukan program diet usahakan untuk mengimbangi dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

  • Berat Badan Turun Secara Drastis

Sadarkah Anda, ketika berat badan tubuh Anda turun secara drastis, produksi hormon estrogen dan progesteron juga akan menurun??? Nah, ketika kedua hormon ini tidak seimbang maka hal ini dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi terganggu.

  • Adanya Jamur atau Penyakit

Beberapa pertumbuhan jamur di sekitar rahim juga dapat mempengaruhi kelancaran menstruasi. Selain itu beberapa penyakit seperti tumor rahim, kanker rahim, dan kanker serviks juga dapat menyebabkan si penderitanya mendapatkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Kondisi seperti inilah yang dapat menghambat peluruhan sel telur yang tidak dibuahi, sehingga dengan begitu siklus menstruasi pun menjadi tidak lancar. Nah, untuk kondisi seperti ini perlu penanganan atau pemberian obat menstruasi tidak lancar yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang dialaminya.

  • Olahraga Berlebih

Olahraga memang aktivitas yang sangat baik untuk memelihara kesehatan. Namun, jika olahraga yang dijalani terlalu berat dan berlebihan, hal ini juga dapat berdampak buruk bagi tubuh. Khususnya untuk para wanita, hal ini dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi terganggu. Ketika tubuh sangat lelah, hal ini dapat menyebabkan gangguan pada kelenjar hipotalamus. Sehingga, ketika gangguan ini terjadi maka produksi hormon yang berperan penting untuk melancarkan siklus menstruasi menjadi terganggu yang menyebabkannya menjadi tidak lancar atau tidak teratur.

  • Manopause

Siklus mentruasi tidak lancar juga dapat terjadi akibat manopause. Ketika memasuki pre-manopause kadar hormon yang terdapat dalam tubuh akan mengalami perubahan. Hal ini dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak lancar dan lama kelamaan akan berhenti dengan sendirinya. Namun, keadaan ini tidak perlu dicemaskan karena kondisi seperti ini merupakan keadaan normal yang dialami wanita ketika akan manopause. Nah, untuk kondisi ini tidak perlu penangan khusus atau pemberian obat mentruasi tidak lancar, karena kondisi ini merupakan hal normal bagi wanita yang hendak manopause.

  • Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sindrome yang satu ini terjadi karena adanya kista-kista kecil di dalam indung telur. Kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang, dan menyebabkan siklus menstruasi menjadi terganggu. Pada kondisi seperti ini hormon testosteron dapat meningkat melebih batas normal, sehingga dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak lancar. Selain itu, ketidak normalan pun dapat terjadi pada proses pelepasan sel telur, sehingga hal ini dapat menyebabkan wanita yang memiliki PCOS tidak mengalami mentruasi atau darah yang keluar ketika menstruasi menjadi lebih sedikit. Nah, untuk kondisi seperti ini, biasa perlu dikonsultasikan pada dokter yang bersangkutan untuk mendapatan penanganan yang tepat dan agar pemberian obat mentruasi tidak lancar tepat dan sesuai dengan kondisi yang dialami.

Obat Menstruasi Tidak Lancar

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati menstruasi tidak lancar, hal ini juga tergantung pada penyebabnya. Beberapa cara tersebut diantaranya :

  • mengurangi olahraga berlebih atau berat,
  • mengganti alat konstrasepsi,
  • melakukan pengobatan tiroid,
  • menurunkan berat badan dengan cara sehat,
  • menjalani pengobatan sindrome ovarium polikistik,
  • mengendalikan stres yang sering di alami dengan melakukan konseling pada dokter bersangkutan, atau Anda dapat menghilangkan stres dengan meninggalkan sejenak rutinitas yang menyebabkan stres,
  • Mungkin dokter juga akan menyarankan terapi hormonal sebagai obat menstruasi tidak lancar akibat gangguan hormon.
  • yang berencana memiliki momonga. Oleh karena itu Anda perlu mengkonsultasikan nya terlebih dahulu pada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan medis.

Bahan Herbal Obat Mestruasi Tidak Lancar

Selain itu terdapat beberapa bahan herbal yang dapat dijadikan sebagai obat mentruasi tidak lancar. Bahan herbal tersebut diantaranya :

Obat Menstruasi Tidak Lancar - Herbal dan Efektif

1. Lidah Buaya

Nah, lidah buaya ini dapat dijadikan sebagai obat menstruasi tidak lancar secara alami yang pertama. Dari yang diketahui lidah buaya ini memiliki kandungan yang  dapat meningkatkan produksi hormon yang bertanggung jawab mengenai menstruasi. Selain itu, kandungan yang dimiliki lidah buaya juga dapat membantu siklus menstruasi menjadi lancar. Nah, untuk penggunaan lidah buaya sebagai obat mentruasi tidak lancar adalah :

  • siapkan lidah buaya yang telah dicuci bersih,
  • kemudian belah lidah buaya tersebut untuk diambil sarinya,
  • setelah itu, campurkan sari lidah buaya tersebut dengan 1 sdm madu,
  • lalu minum ramuan tersebut selama 3 bulan untuk mendapatkan hasil terbaik. Ramuan ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat sedang menstruasi.

Obat Menstruasi Tidak Lancar - Herbal dan Efektif

2. Ketumbar

Selain lidah buaya biji ketumbar juga ternyata dapat dijadikan sebagai obat menstruasi tidak lancar lho. Bumbu dapur yang satu ini diketahui memiliki kandungan yang bersifat emmenagogue yang berfungsi untuk merangsang aliran menstruasi dan membuat siklusnya menjadi teratur. Nah, berikut cara penggunaan biji ketumbar untuk dijadikan obat menstruasi tidak lancar :

  • Siapkan 1 sdt biji ketubar utuh,
  • Lalu rebus biji ketumbar tersebut ke dalam 2 gelas air hingga mendidih, tunggu sampai air rebusan menjadi 1 gelas,
  • Setelah itu saring biji ketumbar tersebut, gunakan air rebusannya untuk digunakan sebagai obat menstruasi tidak lancar. Anda dapat mengkonsumsi air rebusan tersebut sebanyak 3x sehari selama beberapa hari menjelang hari menstruasi.

Obat Menstruasi Tidak Lancar - Herbal dan Efektif

3. Kayu manis

Kandungan yang dimiliki kayu manis diketahui memiliki khasiat untuk mengatasi kram perut/nyeri saat menstruasi. Disamping itu, kandungannya ini juga memiliki kemampuan untuk membantu mempengaruhi siklus menstruasi agar tetap lancar. Untuk penggunaan kayu manis sebagai obat mentruasi tidak lancar yaitu dengan menambahkan bubuk kayu manis ke dalam satu gelas teh hangat atau susu dan minum campuran tersebut selama beberapa minggu.

Obat Menstruasi Tidak Lancar - Herbal dan Efektif

4. Kunyit

Kunyit ini sudah lama digunakan sebagai bahan herbal berbagai macam penyakit oleh orang-orang zaman dulu. Nah, salah satu kemampuan kunyit yang diyakininya adalah membantu mengatasi masalah menstruasi, salah satunya adalah membantu melancarkan siklus menstruasi yang tidak lancar. Untuk penggunaan kunyit sebagai obat menstruasi tidak lancar adalah dengan mencampurkan 1/4 bubuk kunyit pada teh, madu atau susu. Anda dapat mengkonsumsi ramuan tersebut setiap hari dalam beberapa minggu.

5. Pepaya Muda

Selain ketumbar, ternyata pepaya muda juga diketahui memiliki kandungan yang bersifat emmenagogue, sehingga dapat dikatakan bahwa pepaya muda juga dapat dijadikan sebagai bahan herbal yang dapat digunakan sebagai obat menstruasi tidak lancar. Bukan hanya itu, pepaya muda ini juga bermanfaat untuk siklus menstruasi yang tertunda akibat stres atau manopause. Untuk medapatkan kandungan pepaya muda sebagai obat mentruasi tidak lancar secara optimal, Anda dapat mengkonsumsi pepaya muda tersebut selama 2 bulan. Namun, hindari pengonsumsian pepaya muda ketika sedang menstruasi.

Obat Menstruasi Tidak Lancar - Herbal dan Efektif

6. Jahe

Kandungan yang dimiliki jahe juga diketahui sangat efektif untuk membantu wanita yang memiliki siklus menstruasi jarang atau tertunda. Nah, untuk penggunaan jahe sebagai obat menstruasi tidak lancar yaitu dengan merebus 1/2 sdt jahe segar giling dengan satu cangkir air selama 5-7 menit. Anda juga dapat menambahkan gula alami secukupnya. Kemudian minum teh jahe tersebut 3x sehari setelah makan. Anda dapat mengandalkan ramuan herbal ini setidaknya selama satu bulan.

Nah, itu dia beberapa bahan herbal yang diketahu dapat dijadikan sebagai obat menstruasi tidak lancar secara alami dan aman tanpa menimbulkan efek samping. Beberapa bahan herbal tersebut juga sangat mudah untuk kita temui, sehingga Anda juga dapat membuat obat menstruasi tidak lancar sendiri di rumah.

Ok, sekian informasi kesehatan mengenai obat menstruasi tidak lancar yang herbal dan efektif tanpa menimbulkan efek samping yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan sobat setia jamuobat.com sekalian.