Obat Nyeri Sendi Herbal dan Efektif

Obat Nyeri Sendi Herbal dan Efektif – Hai sobat herbal??? Ketemu lagi nih dengan adminnya jamuobat.com (situs yang menyediakan beragam macam informasi seputar dunia kesehatan yang akurat). Kabar gembira nih buat kalian yang sedang mencari cara untuk mengobati nyeri sendi secara alami tanpa menimbulkan efek samping. Nah, kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai obat nyeri sendi herbal yang terbukti efektif buat kalian. Mungkin nyeri sendi ini merupakan suatu kondisi yang sudah tidak asing lagi buat kalian. Tapi untuk lebih mengenalnya mari kita simak kembali apa itu nyeri sendi??!!

Nyeri Sendi

Nyeri sendi merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan dari beberapa penyakit seperti asam urat, arthritis, osteoarthritis, dan berbagai macam penyakit sendi dan tulang lainnya. Selain itu nyeri sendi juga dapat terjadi karena adanya cedera pada ligamen, bursa, tendon, tulang rawan dan tulang di sekitar sendi lainnya.

Dari kasus nyeri sendi ini dapat kita ketahui bahwa nyeri sendi bukanlah suatu penyakit, namun merupakan suatu gejala yang disebabkan oleh beberapa penyakit atau cedera yang terjadi pada tubuh. Dari yang diketahui nyeri sendi ini memiliki dua kategori, yakni nyeri sendi pada satu sendi dan nyeri sendi pada beberapa sendi.

Nyeri sendi ini dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak, orang dewasa ataupun lansia. Nyeri sendi ini dapat berlangsung lama ataupun singkat. Selain itu, rasa nyeri yang ditimbulkannya pun bervariasi mulai dari ringan, menengan dan berat.

Nyeri sendi ini dapat menyebabkan seseorang yang mengalaminya merasa tidak nyaman dan akan menimbulkan nyeri ketika melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sendi. Bahkan nyeri yang ditimbulkannya pun dapat terasa berat dan membatasi gerakan terutama ketika mengangkat beban. Nah, untuk mencegah agar nyeri sendi tidak semakin buruk, maka penanganan atau pemberian obat nyeri sendi yang diberikan harus tepat dan sesuai dengan penyebab nyeri sendi itu terjadi.

Gejala Nyeri Sendi

Walaupun nyeri sendi ini bukan kondisi penyakit yang datang dengan sendirinya, tetapi nyeri sendi juga dapat menimbulkan beberapa gejala. Biasanya pada kasus nyeri sendi gejala yang ditimbulkannya ini antara lain :

  • merah dan bengkak di daerah sendi,
  • ngilu pada sendi,
  • sensasi hangat pada sendi,
  • demam,
  • kaku.

Nah, jika Anda mengalami gejala seperti sendi bengkak secara tiba-tiba, perubahan bentuk pada sendi, sendi tidak dapat digerakan/kaku, dan rasa nyeri pada sendi yang tak tertahankan, segeralah konsultasikan pada dokter bersangkutan untuk mendapatkan penanganan dan pemberian obat nyeri sendi yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Obat Nyeri Sendi Herbal dan Efektif

Penyebab Nyeri Sendi

Dari yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa nyeri sendi ini memiliki dua kategori berdasarkan jumlah sendi yang diserang, di antaranya :

  • Nyeri sendi yang terjadi pada satu sendi, jenis nyeri sendi ini biasanya sering menyerang sendi lutut.
  • Nyeri sendi yang terjadi pada beberapa sendi tubuh, contohnya sendi jari kaki, pergelangan kaki, jari tangan dan pergelangan tangan.

Dari kedua kategori nyeri sendi tersebut, ternyata penyebabnya pun dapat berbeda-beda lho guys. Selain itu dari satu kategori nyeri sendi yang terjadi pun memiliki penyebab yang berbeda. Berikut penjelasan lengkapnya :

Penyebab Nyeri Pada Satu Sendi

Penyebab Nyeri pada satu sendi biasa memiliki beberapa penyebab, di antaranya :

  • Penyakit asam urat (gout), nyeri sendi yang disebabkan oleh penyakit asam urat ini dapat kambuh (berulang) kapan saja. Selain dapat menimbulkan nyeri penyakit ini juga dapat menyebabkan rasa panas dan kemerahan di sekitar sendi. Hal ini terjadi akibat dari reaksi dari kristal-kristal tajam yang terbentuk dari penumpukan asam urat dalam tubuh. Biasanya sendi yang pertama kali diserang adalah jempol kaki dan akan berlanjut ke sendi tubuh lainnya.
  • Penyakit Osgood-Schlatter, biasanya kondisi ini ditandai dengan gejala nyeri dan bengkak pada benjolan tulang yang berada tepat di bawah tempurung lutut.
  • Pseudogout, penyakit yang satu ini hampir sama dengan penyakit asam urat, hanya saja kristal-kristal tajam yang terbentuk terjadi karena penumpukan kalsium di sekitar sendi. Nah, untuk kondisi ini biasanya sendi yang pertama diserang adalah sendi lutut.
  • Chondromalacia patellae, yaitu suatu kondisi terjadinya kerusakan pada tulang rawan di belakang tempurung lutut.
  • Haemarthrosis, yaitu suatu kondisi terjadinya pendarahan di dalam ruang sendi yang disebabkan akibat ligamen lutut robek atau tempurung lutut retak. Biasaya kondisi ini dapat terjadi akibat dari pengobatan yang sedang dijalani seperti pengobatan dengan warfarin (obat golongan antikoagulan).
  • Traumatic synovitis yaitu peradangan yang terjadi pada jaringan yang melapisi sendi dan tendon akibat cedera.
  • Patah tulang, cedera seperti ini pun juga dapat menyebabkan nyeri pada sendi di daerah tulang yang patah.
  • Infeksi yang terjadi akibat suatu penyakit juga dapat menjadi penyebab nyeri sendi.
  • Dislokasi sendi yang terjadi secara berulang.
  • Kanker.
  • Septic arthritis.
  • Hemofilia.
  • Avascular necrosis, yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan gejala kerusakan tulang akibat kurangnya pasokan darah.

Penyebab Nyeri Pada Beberapa Sendi

Nah, sedangkan penyebab dari nyeri sendi yang terjadi pada beberapa sendi ini antara lain :

  • Rheumatoid Arthritis, gejala nyeri sendi yang disebabkan penyakit ini dapat hilang dan timbul kapan saja serta juga dapat menyebabkan si penderitanya kelelahan. Sendi yang biasanya diserang akibat penyakit ini adalah bagian sendi jari tangan, pergelangan tangan dan pergelangan kaki.
  • Osteoarthritis, yaitu suatu kondisi yang dapat menyebabkan pembengkakan pada jaringan di dalam dan sekitar sendi. Penyakit ini terjadi akibat permukaan pelindung tulang mangalami kerusakan. Faktor yang dapat meningkatkan kondisi ini adalah usia, obesitas dan cedera sendi yang serius.
  • Psoriatic Arthritis, kondisi ini selain dapat menyebabkan nyeri pada sendi juga dapat menyebabkan sendi menjadi kaku, bengkak dan meradang.
  • Arthritis, beberapa jenis arthritis seperti reaktive arthritis, juvenile arhtritis dan anklyosin spondylitis juga dapat menyebabkan nyeri sendi pada beberapa sendi tubuh.
    Infeksi Virus, beberapa infeksi virus seperti rubella dan hepatitis juga dapat menyebabkan beberapa sendi tubuh mengalami nyeri dan bengkak.
  • Peradangan pada jaringan ikat, penyebab dari peradangan ini adalah sklerodema dan lupus.
    Selain itu beberapa penyakit seperti henoch Schonlein purpura dan sindrome behcet yang dapat menyebabkan radang pada pembuluh darah juga dapat menyebabkan peradangan dan nyeri pada beberapa sendi tubuh.
  • Kanker.
  • Sarkidosis
  • Penyakit hypertrophic pulmonary osteoarthropathy
  • Dan penggunaan obat-obatan seperti isoniazid, kortikosteroid dan hydralazine juga dapat menyebabkan nyeri pada beberapa sendi tubuh.

Pengobatan Nyeri Sendi Secara Medis

Metode pengobatan yang mungkin disarankan oleh dokter tergantung dari penyebab nyeri sendi tersebut. Kemungkinan dokter akan melakukan tes darah dan foto rontgen untuk memastikan penyebab nyeri sendi yang dialami. Namun, jika dirasa gejala nyeri sendi yang dialami masih tergolong ringan, Anda dapat menanganinya dengan beberapa cara berikut :

  • Istirahat yang cukup
  • mengompres bagian sendi yang sakit dengan es selama kurang lebih 20 menit.
  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamo. Obat nyeri sendi ini dijual secara bebas di apotek.
  • Hindarai aktivitas fisik yang melibatkan sendi yang sedang nyeri, hal ini bertujuan agar nyeri sendi tidak bertambah parah.

Nah, jika nyeri sendi tak kunjung reda dengan cara tersebut, atau timbul bengkak berwarna kemerahan dan muncul sensasi hangat pada sendi yang nyeri. Segeralah temui dokter untuk melakukan pemeriksaan lanjutan. Hal ini bertujuan agar nyeri sendi yang dialami dapat segera ditangani dengan cepat dan untuk mendapatkan obat nyeri sendi yang tepat juga.

Obat Nyeri Sendi Herbal Yang Terbukti Efektif

Nah, selain pengobatan medis, Anda juga bisa mengobati nyeri sendi dengan cara alami yang memanfaatkan bahan herbal yang telah terbukti efektif dapat membantu mengobati berbagai macam penyakit dan gejalanya khususnya nyeri sendi. Beberapa bahan herbal yang dapat Anda coba untuk dijadikan sebagai obat nyeri sendi herbal ini antara lain :

Obat Nyeri Sendi Herbal dan Efektif

  • Kunyit

Kandungan yang dimiliki kunyit ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan kunyit sendiri merupakan bahan herbal yang telah lama dikenal dan digunakan sebagai ramuan herbal yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan dan berat, khususnya berbagai macam penyakit peradangan salah satunya nyeri sendi ini. Kunyit ini diketahui memiliki sejumlah kandungan yang bersifat sebagai antiinflamasi dan analgesik yang mampu meredakan nyeri sendi dan peradangan di sekitar sendi yang nyeri tersebut. Kunyit ini dapat Anda gunakan sebagai obat nyeri sendi di rumah. Cara pengolahannya pun sangatlah mudah dan simple.

Anda dapat mengunakan kunyit sebagai obat nyeri sendi dengan mencampurakan bubuk kunyit dan madu ke dalam satu gelas susu hangat. Kemudian minum campuran tersebut setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Obat Nyeri Sendi Herbal dan Efektif

  • Bawang Putih

Bawang putih memang lebih dikenal sebagai rempah bumbu masakan. Namun, di samping kegunaannya sebagai bumbu masakan, ternyata bwang putih juga memiliki kandungan yang dikenal mampu membantu mengobati berbagai macam penyakit sendi salah satunya penyakit arthritis yang menjadi penyebab dari nyeri sendi. Bawang putih ini diketahui memiliki kandungan sulfur dan selenium yang dapat membantu meredakan nyeri sendi yang disebabkan berbagai penyakit sendi secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa menimbulkan efek samping.

Nah, untuk penggunaannya sebagai obat nyeri sendi, Anda hanya perlu menambahkan bawang putih pada setiap masakan yang Anda konsumsi atau Anda juga dapat mengkonsumsinya secara langsung ataupun mengkonsumsi air rebusan dari bawang putih yang dicampur dengan madu.

Obat Nyeri Sendi Herbal dan Efektif

  • Cuka

Nah, dari yang diketahui, cuka ini memiliki kandungan yang bersifat sebagai detoksifikasi racun yang dapat membantu menghilangkan racun dalam sendi dan jaringan ikat. Kemampuan kandungan cuka ini sangat efektif untuk membantu mereka yang mengalami nyeri sendi yang ditimbulkan oleh penyakit arthritis.

Untuk cara penggunaan cuka sebagai obat nyeri sendi ini adalah dengan mencampurakan cuka dan madu ke dalam segelas air hangat. Kemudian minum campuran herbal tersebut tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Obat Nyeri Sendi Herbal dan Efektif

  • Jahe

Jahe dikenal akan aromanya yang menyengat dan rasanya yang pedas. Nah, disamping itu semua, ternyata jahe juga memiliki sejumlah kandungan yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Jahe diketahui memiliki kandungan yang berperan sebagai analgesik yang dapat membantu menghilangkan nyeri sendi secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa menimbulkan efek samping. Selain itu, jahe juga memiliki kandungan senyawa alami yang bernama gingerol, senyawa ini memiliki sifat anti inflamai yang mampu membantu meredakan nyeri sendi dan peradangan pada sendi yang nyeri.

Nah, untuk cara penggunaan jahe sebagai obat nyeri sendi, Anda hanya perlu merebus beberapa ruas jahe yang telah diiris ke dalam 4 gelas air, tambahkan sedikit gula merah dan rebus hingga air menjadi berkurang satu gelas. Minum ramuan herbal ini setiap hari sampai nyeri sendi benar-benar hilang. Nah, selain dapat meredakan nyeri sendi, ramuan ini juga sangat baik untuk menjaga imun tubuh, mengobati pilek, flu dan menghangatkan tubuh.

Obat Nyeri Sendi Herbal dan Efektif

  • Cabe Rawit

Nah, bahan herbal lainnya yang dapat dijadikan sebagai obat nyeri sendi alami adalah cabe rawit. Yup, cabe rawit ini dikenal akan sensasi/rasa pedas yang ditimbulkannya. Rasa pedas yang ditimbulkannya ini berasal dari senyawa yang dimilikinya yaitu capcaisin. Senyawa ini diketahui memiliki sifat iritan pada kulit yang dapat membuat kulit menjadi merah dan iritasi (terasa panas) jika dioleskan. Nah, dari yang diketahui, ternyata rasa panas yang disebabkan senyawa capcaisin dari cabe rawit ini, memiliki kemampuan untuk meredakan nyeri sendi yang ditimbulkan oleh arthritis dan asam urat.

Untuk penggunaan cabe rawit sebagai obat nyeri sendi, Anda cukup mengoleskan ektrak cabe rawit pada sendi yang terasa sakit dan bengkak. Cara ini diketahui sangat efektif untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan pada sendi.

Ok, itu dia beberapa informasi seputar obat nyeri sendi herbal yang terbukti efektis untuk mengobati nyeri sendi secara alami yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi obat nyeri sendi ini dapat bermanfaat bagi kalian dan terimakasih atas kunjungan sobat herbal sekalian. Sampai jumpa pada informasi kesehatan berikutnya ya…