Obat Obstruksi Usus

Obat Obstruksi Usus – gejala dan cara mengobatinya – Selamat datang di website www.jamuobat.com seperti biasanya kita akan memberikan informasi kesehatan yang mudah mudahan bermanfaat untuk anda. Pada kesempatan kali ini kita akan menggali lebih dalam tentang Obat obstruksi usus. Sebelum itu anda harus mengetahui dulu apa arti obstruksi usus ? Obstruksi usus yaitu salah satu penyebab dari usus buntu hingga terjadinya penyumbatan usus dan menyebabkan alur pada sistem pencernaan menjadi terganggu/terhambat saat melewati organ usus. Obstruksi usus tersebut bisa terjadi pada bayi maupun orang dewasa .Obstruksi usus pada bayi bisa disebabkan oleh kelainan bawaan ,usus terpuntir ,adanya bagian usus yang masuk ke bagian usus lainnya (intususepsi), penyempitan bagian usus (sejak lahir) , sumbatan meconium .Sedangkan obstruksi usus pada orang dewasa biasanya disebabkan oleh kanker/ adhesi usus dan perlengketan usus .

obat obstruksi usus

Gejala Obstruksi Usus

  • Nyeri dan kram perut
  • Perut menjadi bengkak (distensi)
  • Muntah muntah
  • Susah buang air besar
  • Sembelit

Obstruksi usus merupakan penyakit yang darurat sehingga harus ditangani oleh dokter .Tidak semua obstruksi usus dapat dicegah ,tetapi supaya tidak beresiko kita harus melakukan beberapa hal seperti memperbanyak konsumsi serat dan kurangi makanan berlemak untuk mencegah kanker usus ,kurangi kebiasaan mengangkat barang berat untuk mencegah hernia .

Obat Obstruksi Usus

Untuk mengobati obstruksi usus diperlukannya perawatan medis dengan melakukan operasi untuk menghilangkan sumbatan usus. Berikut adalah beberapa alternatif obat untuk obstruksi usus :

  • Laparoskopi

Untuk mengakses bangian pinggul dan perut doket melakukan sayatan sayatan kecil sekitar 1-1,5 cm. Dan dimasukannya tabung kecil berisi kamera yang berfungsi untuk melihat lebih dalam titik tertentu serta mempermudah proses penanganan selanjutnya. Tindakan ini dilakukan jika jika penyumbatan masih kecil.

  • Laparotomi
  • Kolonoskopi

Tindakan ini dilakukan pada organ usus besar dan memasukan beberapa alat. Sayatan pada bagian rongga perut kemudian dimasukan kamera dan alat penerang yang cukup. Serta alat pembantu yang berfungsi untuk mengembalikan usus yang terpuntir .

  • Pemasangan stent endoskopik

stent adalah sebuah alat yang dimasukan ke bagian organ tertentu untuk menyangga agar tetap terbuka. stent yang dimasukan itu berfungsi untuk membuka jalan agar gas dan cairan pencernaan dapat mengalir secara normal.

  • Kolostomi

Saat obstruksi usus dan anda dalam kondisi yang parah ,dokter akan memberikan lubang jalan keluar (stoma) bagi kotoran dalam perut anda dan dialirkan dalam kantong plastik .

Pengobatan obstruksi usus ini bermacam macam sesuai dengan jenis obstruksi usus yang dideritanya .Penyakit obstrusksi usus terbagi menjadi 3 yaitu :

Obstruksi mekanik parsial

makanan dan minuman masih bisa melalui (obstruksi parsial) jiga anda mempunyai obstraksi mekanik .Dan jika kesehatan anda mulai membaik ,dianjurkan untuk melakukan diet rendah serat.

Obstruksi mekanik total

Obstruksi mekanik total merupakan penyumbatan di bagian usus sehingga tidak akan ada apapun yang mampu melewati usus anda. Anda dapat melakukan bedah ataupun perwatan dengan logam stent yang berfungsi untuk membersihkan obstruksi.

Ileus paralatik

Merupakan kondisi otot usus mengalami kelumpuhan, sehingga pencernaan makanan terganggu .Jika ileus paralatik ini disebabkan oleh pengaruh obat, cara sederhana untuk mengobatinya yaitu menghentikan konsumsi obat tersebut.

Sekian pembahasan kali ini mengenai obtruksi usus semoga bermanfaat bagi kita semua, terima kasih.