Obat PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

Obat PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), Kembali lagi di http://www.jamuobat.com merupakan satu-satunya situs resmi yang menyediakan layanan informasi kesehatan menarik. Untuk menambah wawasan anda tentang kesehatan,  Kali ini kita akan membahas mengenai  apa itu PCOS hingga Obat PCOS.

obat PCOS

Obat PCOS – Tanda Gejala Dan Penyebabnya

Sebelumnya, PCOS memang tidaklah umum terdengar di masyarakat namun sering terjadi tanpa disadari oleh para wanita. PCOS sendiri merupakan salah satu kondisi masalah pada keseimbangan hormon wanita karena terganggunya ovarium pada saat masa subur yang di alami wanita. Wanita yang menalami PCOS cenderung mengalami menstruasi yang tidak teratur, menstruasi yang berkepanjangan serta membuat si penderita kesulitan untuk hamil. Ada beberapa gejala PCOS yang wajib setiap wanita tau untuk mengenalinya sepeti berikut ini:

Tanda Gejala PCOS

PCOS atau Polycystic ovary syndromememiliki tanda gejala awal pada setiap penderitanya, biasa nya tanda gejala tersebut baru akan di rasakan jika seorang wanita menginjak usia 14-24 tahun. Tanda gejala PCOS tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Menstruasi Tidak Teratur

Mengalami menstruasi yang tidak teratur merupakan salah satu tanda gejala seseorang mengalami PCOS yang paling umum terjadi secara berkepanjangan, misalnya periode menstruasi menjadi lebih lama yaitu 30-45 hari. bahkan ada yang tidak mengalami menstruasi sama sekali yang sering disebut dengan amenore.

  • Tidak Subur

PCOS menjadi salah satu penyebab  wanita tidak subur meskipun wanita tersebut berada dalam usia yang ideal untuk bereproduksi (masa subur). Yang menjadi wanita penderita PCOS sulit hamil yaitu karena menstruasi yang tidak teratur.

  • Pertumbuhan Rambut Yang Tidak Normal

Lebih dari 50 persen wanita yang menderita PCOS mengalami hirsutisme atau pertumbuhan rambut yang tidak wajar pada bagian tubuh yang biasanya tidak di tumbuhi rambut pada wanita normal, misalnya di dada, dagu atau bahkan di atas bibir. Rambut tersebut biasanya berwarna gelap dan kasar yang disebabkan oleh peningkatan produksi hormon dalam tubuh.

  • Rambut Rontok

Wanita yang menderita PCOS bisa mengalami kebotakan seperti laki-laki pada umunya misalnya penipisan rambut di dahi. Bahkan kondisi seperti ini sering terjadi dan bahkan semakin parah pada wanita di usia paruh baya.

  • Wajah Berjerawat

Jerawat muncul bukan tanda utama seseorang menderita PCOS, namun jerawat sering umum terjadi karena siklus menstruasi yang tidak teratur. Namun jerawat yang timbul akibat dari tanda gejala PCOS akan lebih sulit di atasi.

Faktor Penyebab PCOS Polycystic Ovary Syndrome

Meski hingga saat ini kedokteran belum mengetahui apa penyebab pasti PCOS, namun diduga salah satu penyebab nya ialah hormon namun, berikut beberapa faktor yang mendorong seseorang mengalami PCOS:

  • Faktor Keturunan

Ahli kesehatan menyebutkan jika seseorang memiliki riwayat keluarga yang menderita PCOS, maka resiko seseorang itu untuk menderita hal yang sama seperti PCOS meningkat lebih besar

  • Kelebihan Insulin

Memiliki kelebihan insulin dalam tubuh akan menyebabkan meningkatnya produksi hormon androgen yang menyebabkan sulitnya tubuh melakukan ovulasi. Hal seperti itu terjadi ketika tubuh resisten dengan insulin maka kadar gula akan meningkat lebih tinggi dibandingkan biasanya.

  • Hormon Yang Tidak Seimbang

Hormon tidak seimbang yang menjadi salah satu penyebab PCOS itu karena naiknya kadar testosteron (hormon tubuh pria),Naiknya hormon Lutein (hormon tinggi yang mengganggu kinerja ovarium), dan turunnya kadar globulin atau pengikat hormon sekdual. Hal itu menyebabkan aktivitas testosteron meningkat dalam tubuh.

Apakah Penderita PCOS Bisa Hamil?

Kemungkinan untuk memiliki keturunan untuk para penderita PCOS sangatlah kecil, namun tidak menutup kemungkinan penderita PCOS untuk hamil. Penderita PCOS bisa hamil, namun dalam masa kehamilan tersebut penderita PCOS di harapkan untuk menjaga dan selalu memperhatikan kandungannya, karena penderita PCOS memiliki resiko tinggi terkena Diabetes, keguguran, preeklampsia, diabetes gestasional, dan kelahiran secara caesar. Untuk Itu sebelum merencanakan program kehamilan akan lebih disarankan untuk mengobati PCOS terlebih dahulu untuk meminimalisir segala kemunkinan terjadi. Berikut akan kami berikan Informasi mengenai Obat PCOS secara alami

Obat PCOS Polycystic Ovary Syndrome

Meskipun hingga saat ini belum ada obat yang pasti untuk mengobati PCOS, namun beberapa bahan alami berikut ini akan membantu anda untuk mengurangi komplikasi yang ditimbulkan oleh penderita PCOS. Bahan bahan alami nya seperti berikut ini:

  • Kayu Manis Untuk Menurunkan Insulin

Kayu manis, Para Peneliti kesehatan yang berasal dari Universitas Columbia menyatakan bahwa kayu manis mampu meningkatkan siklisitas menstruasi pada wanita yang menderita PCOS, selain itu kayu manis terbukti mampu mengurangi resistensi insuin pada Wanita penderita PCOS. Mengkonsumsi PCOS sangatlah mudah hanya dengan cara mencampurkan 1 sendok teh kayu manis ke dalam 1 gelas air panas, kemudian konsumsi secara rutin hingga 2 kali dalam sehari.

  • Teh SpearMint untuk mengontrol kadar testosteron.

Spearmint merupakan salah satu tumbuhan berasal dari Timur tengah yang memiliki manfaat untuk membantu mengatasi PCOS, Spearmint memiliki sifat anti-androgenik. Sebuah peneliti kesehatan menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi spearmint mampu mengurangi pertumbuhan rambut yang tidak normal. Untuk mengkonsumsi nya sangatlah mudah, cukup mencampurkan 1 sendok teh daun spearmint kering kedalam panci berisi air, biarkan mendidih selama 10 menit, konsumsi air teh spearmint ini sehari 2 kali hingga beberapa minggu.

  • Cuka Apel untuk Mengontrol Insulin

Cuka sari apel dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kulit, namun selain digunakan untuk perawatan kulit, cuka sari apel juga memiliki kandungan yang baik untuk mengatasi PCOS dengan mengontrol gula dalam darah sehingga produksi insulin dalam tubuh dapat dikendalikan. untuk mengkonsumsinya cukup campurkan 2 sendok teh cuka sari apel mentah yang belum disaring kedalam 1 gelas air, kemudian minum secara rutin setiap pagi hari sebelum makan.

  • Selasih Untuk Mengelola Insulin

Tanaman selasih yang kita kenal mampu menyembuhkan panas dalam, ternyata memiliki kandungan yang baik untuk mangatasi PCOS. Tanaman selasih memiliki kandungan anti-androgenik yang dapat mengatur serta mengelola produksi insulin dalam tubuh. Mengkonsumsi selasih untuk mengatasi PCOS sangatlah mudah, cukup mengkonsumsi daun selasih sebanyak 8-12 lembar.

Itulah sedikit Informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Obat PCOS – Tanda Gejala Dan Faktor Penyebabnya, Mungkin PCOS tidak bisa di sembuhkan begitu saja namun beberapa hal yang telah kita bahas mengenai Obat PCOS tadi akan mengurangi resiko terjadinya hal kronis yang tidak di inginkan akibat PCOS. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat. Salam Sehat Keluarga Indonesia..!!