Obat Penyakit Anosmia

Obat Penyakit Anosmia – Gejala awal dan cara mengobati. Kembali lagi di situs www.jamuobat.com seperti biasanya kami akan memberikan informasi seputar kesehatan yang terpercaya . Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai obat penyakit anosmia, arti dari anosmia yaitu masalah pada indra penciuman yang menyebabkan hilangnya/ketidakmampuan seseorang mencium bau. Serabut dari saraf olfaktorius (saraf yang mengandung penerima bau) letaknya pada dasar terkorak yang memisahkan rangga intrakranial dengan rongga hidung hal ini yang menyebabkan sakit pada bagian kepala dan hilangnyakemampuan mencium bau pada penderita anosmia. Hal tersebut dapat terjadi dalam waktu singkat ataupun permanen. Pada umumnya penyakit anosmia bersifat sementara yang disebabkan oleh flu, dan jika flu itu sembuh penyakit anosmia akan hilang. Tetapi jika penyakit anosmia yang timbul tanpa sebab dan dalam waktu yang berkepanjangan sebaiknya konsultasikan ke dokter.

obat penyakit anosmia

Gejala penyakit anosmia

Untuk mengetahui lebih dalam dan lebih waspada apakah kita mengidap  anosmia atau tidak ,kita harus mengetahui terlebih dahulu gejala yang ditimbulkan dari anosmia :

  • Hilangnya kemampuan untuk mencium bau

Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan cara mempertajam penciuman dengan efektif, dengan begitu anda akan melatih hidung anda terhsdsp penciuman dan bau disekitarnya.

  • Kebiasaan mendengkur

Anda akan terbiasa tidur mendengkur, hal ini disebabkan karena sistem pernapasan mengalami gangguan.

  • Rongga hidung tersumbat

Hidung yang tersembat merupakan salah satu gejala anosmia yang menyebabkan hilangnya kemampuan mencium bau .

  • Timbulnya polip

Yaitu pemblokiran saluran udara yang dapat memengarupi sinusitas hingga menimbulkan penyakit anosmia.

  • Perubahan pada suara

Orang yang mengidap penyakit anosmia cenderung suaranya akan berubah.

  • Timbulnya sakit kepala

Seseorang yang mengalami penyakit ini akan mengalami sakit pada bagian kepala. Untuk menghindari penyakit tersebut anda dapat menggunakan obat obatan herbal ataupun racikan yang berbahan alami. Dan yang harus anda jauhi yaitu pisang dan kafein.

Penyakit anosmia tidak boleh dianggap remeh ,apabila penyakit ini berkepanjangan tidak akan baik bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu menghirup aroma sangatlah penting apalagi aroma pada makanan ,tidak hanya indra perasa yang membedakan makanan manis, asam, asin. Tetapi indra penciuman juga sangatlah penting, karena indra penciuman sangat berguna untuk mencium aroma makanan. Bila penyakit anosmia berkepanjangan maka akan menimbulkan hilangnya nafsu makan dan membuat berat badan menurun, malnutrisi, juga depresi.

Penyebab terjadinya anosmia

  • Polip hidung

Merupakan pembengkakan jaringan yang terjadi di dalam hidung. Daerah yang mengalami pembengkakan memiliki warna yang bervariasi ada yang berwarna abu abu, kuning, bisa juga merah muda. Tetapi polip hidung ini tidaklah ganas, polip akan membuat hidung cenderung berair.

  • Penyumbatan saluran pernapasan

Hal ini disebabkan oleh aliran udara yang tertahan sehingga tidak dapat mengalir sempurna pada rongga hidung. Penyumbatan ini bisa juga terjadi karena masuknya benda benda asing dan menyebabkan terhalangnya saluran pernapasan.

  • Tumor otak atau tumor saraf

Obat penyakit anosmia dengan bahan bahan alami

Selain dengan obat obatan anda juga dapat menyembuhkan penyakit anosmia dengan bahan rempah dan bahan alami .

  • Dengan menggunakan minyak jarak

Minyak jarak memiliki kandungan intioksidan, anti mikroba dan anti inflamasi dapat berguna untuk menjaga kebersihan saluran hidung. Cara yang dapat anda lakukan yaitu memanaskan minyak jarak ke pada mikrowave dalam waktu beberapa detik. kemudian masukan 1 tetes minyak yang telah hangat kedalam lubang hidung, lakukan sehari dua kali pagi dan sebelum anda tidur.

  • Dengan menggunakan bawang putih

Bawang putinh dapat berfungsi untuk melancarkan hidung yang tersumbat dan memberi jalan saluran hidung dan nantinya akan menguatkan kemampuan penciuman. Cara yang dapat anda lakukan yaitu potong 2-3 siung bawang putih, taruh dalam cangkir dan didihkan selama 5-10 menit ,kemudian saring dan minumlah 2 kali sehari secara teratur.

  • Dengan kayu manis

Bau manis pada kayu manis dapat meningkatkan kemampuan penciuman anda dapat mengolah kayu manis dengan cara menyampurkan bubuk kayu manis dengan madu berbanding sama .kemudian gosokan campuran ini pada lidah, lakukanlah setiap hari sampai sembuh. Dengan ini kayu manis dapat digunakan sebagai obat penyakit anosmia.

  • Dengan cuka sari apel

Cuka sari apel dapat membantu mengobati infeksi sinus dan memulihkan indra penciuman. Cara yang dapat anda lakukan yaitu menambahkan 1 sendok makan cuka sari apel dan 1/4 sendok teh baking soda ke 1/2 gelas air.

Sekian informasi dari kami mengenai penyakit anosmia semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih 🙂