Obat Penyakit Brucellosis – Gejala dan Penyebabnya

Obat Penyakit Brucellosis – Gejala dan Penyebabnya – Apa kabar sobat herbal setiaku??? Ketemu lagi nih dengan adminnya jamuobat.com, situs yang menyediakan beragam macam informasi seputar kesehatan yang akurat. Nah, untuk kesempatan kali ini saya akan kembali membahas seputar kesehatan, informasi kali ini saya akan membahas mengenai obat penyakit brucellosis. Hmmm, mungkin nama penyakit ini sangat asing di telinga kalian, sama halnya di telinga saya pun begitu, hhh. Yup, mengenai penyakit ini, mungkin masih jarang di ekspose media. Tapi yang perlu kalian tahu, penyakit ini bisa jadi ada di sekitar kalian dan bahkan dekat dengan kalian. Nah, untuk mengetahu lebih jelasnya, yuk simak pembahasannya bersama!!!

Obat Penyakit Brucellosis

Obat Penyakit Brucellosis

Brucellosis merupakan salah satu penyakit hewan yang dapat ditularkan pada manusia. Makannya saya bilang kalau penyakit ini bisa jadi ada di sekitar kalian, jadi kalian perlu hati-hati juga nih guys. Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri brucella. Dari yang diketahui penyakit ini lebih umum terjadi pada beberapa hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, kuda, dll.

Penyebab dan Penularan Penyakit Brucellosis

Penyebab utama dan yang pastinya adalah penularan infeksi bakteri brucella yang ditularkan dari hewan ke tubuh manusia. Umumnya penyakit ini ditularkan dari hewan ke manusia melalui produk makanan yang diolah dari hewan yang terinfeksi. Beberapa produk makanan tersebut di antaranya susu, mentega, keju, olahan daging atau daging mentah yang tidak dipasteurisasi. Sehingga hal ini dapat membuat bakteri tersebut bertahan pada produk makanan tersebut.

Nah, ketika dikonsumsi bakteri brucella ini dapat masuk dan bertahan di dalam tubuh serta menginfeksi berbagai bagian tubuh. Walaupun jarang terjadi, bakteri brucella juga dapat ditularkan melalui udara dan kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi.

Bakteri ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui kulit, selaput lendir, saluran pencernaan, saluran pernapasan, atau bahkan mata. Dari yang diketahui bakteri brucella ini dapat hidup di dalam tubuh dan dapat berpindah ke berbagai bagian tubuh melalui sistem aliran darah atau getah bening. Nah, jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka dapat memperluas terjadinya infeksi bakteri tersebut lho. Untuk itu, jika diketahui tertular penyakit brucellosis, segeralah periksakan ke dokter bersangkutan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan penanganan dan obat penyakit brucellosis yang sesuai dan tepat, agar infeksi tersebut tidak semakin parah.

Pada kasus penularan penyakit brucellosis dari hewan ke manusia biasanya terjadi jika darah dari hewan yang terinfeksi masuk ke dalam aliran darah manusia melalui luka yang terdapat pada manusia. Namun hal ini juga sangat jarang terjadi.

Selain itu, kasus penularan dari manusia ke manusia pun jarang terjadi. Akan tetapi jika wanita hamil atau menyusui diketahui memiliki penyakit ini, maka ia akan berisiko menularkannya pada bayinya saat melahirkan atau menyusui. Selain itu tranfusi darah dari orang yang terinfeksi juga dapat menularkannya pada si penerima donor darah.

Gejala Penyakit Brucellosis

Pada kasus penyakit brucellosis ini biasanya gejala yang ditimbulkannya ini akan muncul setelah 5 hari atau satu bulan dan bahkan bertahun tahun setelah terinfeksi. Gejala yang ditimbulkannya pun hampir mirip dengan gejala pada penyakit flu. Beberapa gejala yang dapat ditimbulkannya ini antara lain :

  • berkeringan di malam hari,
  • demam,
  • batuk,
  • sakit kepala,
  • terasa nyeri di otot dan sendi,
  • nafsu makan dan berat badan menurun,
  • sakit perut,
  • kelelahan,
  • menggigil,

Pada beberapa kasus penyakit brucellosis ini, gejala yang dirasakan dapat hilang dalam beberapa minggu atau bulan, akan tetapi gejala ini juga dapat kambuh kembali. Pada beberapa orang yang mengidap penyakit ini, gejala yang dirasakan dapat berlangsung dalam beberapa tahun setelah diobati dengan obat penyakit burcellosis yang tepat sekalipun. Dari yang diketahui terdapat beberapa gejala panjang yang dapat dialami penderita penyakit brucellosis ini, diantaranya yaitu :

  • sering demam,
  • endokarditis,
  • radang tulang belakang dan jaringan disekitarnya,
  • radang sendi.

Diagnosis Penyakit Brucellosis

Untuk mengetahu seseorang terkena penyakit brucellosis atau tidak, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan beberapa tes. Tes tersebut biasanya berupa pengambilan sampel darah atau sumsum tulang belakang. Selain itu dokter juga akan memberikan tes lain seperti :

  • Tes pencitraan : jenis tes ini digunakan untuk menunjukan gambar dalam tubuh yang berupa X-ray, CT scan, dan MRI. Gambar ini akan memperlihatkan apakan terdapat abses atau peradangan di otak dan jaringan tubuh lain, akibat dari infeksi ini.
  • Ekokardiografi : jenis tes yang digunakan untuk mengetahui apakan terdapat infeksi atau kerusakan pada jantung.
  • Kultur cairan cerebrospinal : nah, sedangkan jenis tes ini digunakan untuk memeriksa sampel cairan yang mengelilingi otak dan saraf tulang belakang untuk melihat infeksi atau memeriksa tanda-tanda radang otak atau meningitis.

Diagnosis ini bertujuan untuk mengetahui apakan orang tersebut memang tertular penyakit brucellosis atau tidak. Selain itu tes ini juga bertujuan untuk mengetahui telah sampai mana bakteri brucella ini menginfeksi tubuh. Nah, dengan adanya tes ini pun dokter akan dengan mudah untuk memberikan resep obat penyakit brucellosis dan penanganan yang tepat dan sesuai.

Komplikasi Penyakit Brucellosis

Penyakit brucellosis ini ternyata dapat berkembang pada berbagai bagian tubuh. Hal ini dikarenakan bakteri ini dapat berpindah dari organ satu ke organ tubuh lainnya, sehinnga dengan begitu bakteri ini juga dapat menimbulkan bebagai infeksi dalam tubuh. Jika hal ini terus dibiarkan dan berlangsung dalam jangka panjang, kemungkinan penyakit brucellosisi ini dapat menyebabkan berbagai macam kompliksi seperti :

  • Arthritis, nah, dari yang diketahui penyakit brucellosis ini dapat menyebabkan peradangan sendi di berbagai bagian tubuh seperti peradangan sendir di lutut, pergelangkan kaki, pergelangan tangan, sendi tulang belakang dan panggul, terkadang peradangan ini juga sulit untuk diobati dan bahkan dapat bersifat permanen. Nah, untuk mengatasi komplikasi ini dokter akan menyarankan obat penyakit brucellosis berupa obat antiinflamasi yang akan mengurangi nyeri pada radang sendi.
  • Endokarditis, bakteri ini juga dapat menyebabkan infeksi pada bagian dalam lapisan jantung yang dapat menyebabkan kerusakan katup jantung dan bahkan dapat menyebabkan kematian.  Nah, untuk mencegah komplikasi ini memerlukan obat penyakit brucellosis dan penangan yang lebih tepat untuk mencegah risiko kerusakan pada katup jantung.
  • Infeksi limpa dan hati, infeksi bakteri brucella yang terjadi pada bagian limfa dan hati juga dapat menyebabkan organ tersebut membengkak.
  • Radang otak dan meningitis, selain itu infeksi bakteri brucella yang terjadi pada sistem saraf pusat juga dapat menyebabkan radang otak dan meningitis.
  • Keguguran dan cacat lahir, dari yang diketahu infeksi bakteri brucella yang terjadi pada wanita hamil dapat berisiko menularkan infeksi tersebut pada bayinya dan bahkan juga dapat menyebabkan keguguran atau cacat lahir. Nah, untuk mencegah hal tersebut, wanita hamil sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri pada dokter. Hal ini bertujuan, jika benar ia tertular penyakit brucellosis, maka dokter akan meberikan penanganan sejak dini untuk mencegah penularan pada bayinya. Kemungkinan dokter akan memberikan obat penyakit brucellosis yang tepat untuk ibu hamil.

Obat Penyakit Brucellosis Medis

Dari kasus mengenai penyakit brucellosis ini, diketahui 5 sampai 15% kasus penyakit ini dapat kambuh meskipun telah menjalani pengobatan. Biasanya penyakit ini dapat kambuh setelah melakukan pengobatan atau pengonsumsian obat penyakit brucellosis selama 6 bulan. Bahkan dari yang diketahui penyakit ini pun dapat bersifat kronis atau berlangsung dalam jangka waktu lama.

Nah, untuk pengobatan penyakit brucellosis, biasanya dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi dan meredakan gejala yang muncul, mencegah infeksi bakteri kambuh dan menghindari terjadinya komplikasi. Untuk pengobatannya sendiri biasanya dokter akan memberikan obat penyakit brucellosis berupa antibiotic, seperti :

  • Doxycycline.
  • Rifampicin.
  • Gentamicin.
  • Tetracycline.
  • Streptomycin.
  • Kotrimoksazol.
  • Ciprofloxacin.

Biasanya jenis obat ini dianjurkan untuk dikonsumsi selama minimal 6 minggu. Obat penyakit brucellisis ini juga digunakan untuk mencegah agar infeksi bakteri brucella tidak meluas dalam tubuh.

Obat Penyakit Brucellosis Alami Yang Terbukti Efektif

Nah, selain obat medis, tenyata beberapa bahan herbal ini juga dapat dijadikan sebagai obat herbal yang dapat mengobati penyakit brucellosis secara alami dengan aman tanpa efek samping. Beberapa bahan herbal tersebut diantaranya :

  • Madu, kandungan dari madu ini diketahui memiliki sifat anti bakteri. Di mana dengan kandungannya ini madu diketahui mampu membantu mengobati berbagai macam penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri, salah satunya adalah penyakit brucellosis ini. Dengan mengkonsumsi madu secara rutin setiap hari, madu dapat membantu menangkan dan membunuh perkembangan bakteri di dalam tubuh secara alami dan menyeluruh. Hal ini sangat baik untuk Anda yang ingin mengobati penyakit brucellosis secara alami dengan madu.
  • Daun sirsak, selain dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengobati penyakit kanker, ternyata daun sirsak ini juga memiliki kandungan yang sama seperti madu yakni kandungan yang bersifat anti bakteri dan virus, sehingga tidak heran jika ramuan daun sirsak ini juga dapat dijadikan sebagai bahan herbal yang dapat membantu mengobati penyakit brucellosis secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa menimbulkan efek samping.
  • Daun pegagan, dari yang diketahui daun pegagan ini memiliki sejumlah kandungan yang berkhasiat untuk membantu melawan berbagai infeksi bakteri, virus dan jamur. Nah, salah infeksi bakteri yang dapat diatasi dengan daun pegagan ini adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri brucella penyebab timbulnya penyakit brucellosis. Nah, jika Anda ingin mengobati penyakit brucellosis secara alami tanpa menimbulkan efek samping daun pegagan ini bisa menjadi salah satu alternatif alami yang dapat Anda gunakan. Di jamin efetif dan aman. Untuk pengobatannya sendiri Anda dapat langsung mengkonsumsi daun pegagan ini sebagai lalapan atau diolah terlebih dahulu menjadi sayuran dan makanan.

Nah, itu dia beberapa bahan herbal yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif pengobatan herbal untuk membantu mengobati penyakit brucellosis secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa menimbulkan efek samping.

Pencegahan Penyakit Brucellosis

Nah, sebagai pencegahan, kalian dapat melakukan beberapa tips-tips berikut agar dapat terhindar dari penularan penyakit brucellosis :

  • Hindari mengkonsumsi makanan yang tidak dipasteurisasi.
  • Masaklah daging hingga matang seluruhnya.
  • Jika Anda dokter hewan, petani, pemburu atau pekerja pemotong daging, Usahakan untuk menggunakan sarung tangan dan tutup luka terbuka dengan perban saat menyentuh atau berinteraksi dengan hewan.
  • Jika Anda memiliki pertenakan atau hewan peliharaan, berikan vaksinasi pada hewan tersebut agar terhindar dari infeksi bakteri brucella yang biasa menyerang hewan.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai obat penyakit brucellosis yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan yang kalian punya. Terimakasih atas kunjungan sobat setia jamuobat.com dan sampai jumpa di pertemuan informasi berikutnya.