Obat Penyakit Dermatomiositis

Obat Penyakit Dermatomiositis – Gejala, dampak, dan pengobatan. Kembali lagi bersama kami di www.jamuobat.com seperti biasa kali akan selalu menampilkan informasi menarik seputar kesehatan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahan obat penyakit dermatomiosis. Sebelum itu kita akan menguak pengertian dari penyakit dermatomiosis. Penyakit dermatomiosis adalah suatu peradangan yang sangat langka. Dermatomiosis ini akan membuat tubuh menjadi semakin melemah secara keseluruhan yang akan berakibat fatal, penyakit ini juga dapat menimbulkan beberapa komplikasi diantaranya penyakit paru, kanker, gagal paru paru, pneumonia, kekurangan nutrisi dan masih banyak lagi.

Obat Penyakit Dermatomiositis

Gejala dermatomiositis

Dermatomiositis biasanya akan ditandai dengan beberapa tanda seperti munculnya ruam ruam merah pada bagian kulit, kehitam hitaman di area wajah, kelopak mata, siku, lutut, punggung, sekitaran kuku, dan juga dada. Selain itu otot otot yang dekat pada bagian tubuh seperti pada leher, lengan atas, pinggul, paha, cenderung akan mulai memburuk seiring dengan bertambahnya waktu. Terdapat tanda tanda lain dari gejala dermatomiositis:

  • Demam tinggi
  • Berat badan mulai menurun
  • Gangguan pada paru paru
  • Terjadi penyakit maag dan borok usus
  • Sesak napas
  • Sensitif terhadap cahaya

Penyakit ini dapat terjadi pada semua usia, terutama pada usia 5 hingga 15 tahun dan juga pada orang dewasa di usia 40 sampai 60 tahun. Penyakit seperti ini biasanya lebih sering menyerang wanita daripada pria. Penyakit seperti ini termasuk kedalam jenis penyakit otot bernama radang miopati yang meliputi polimiositis, amyopathic, dermatomiositis, dan antisynthetase. Biasanya pada penderita dermatomiositis akan ditandai dengan ruam pada kulit yang berwarna kemerah merahan ataupun keungu unguan. Selain itu terdapat gejala lainnya seperti rambut yang menipis, kulit yang bersisik, kelopak mata yang berubah warna, hidung dan juga pipi. Pada penderita dermatomiositis ini akan mengalami pembengkakan sensi terutama pada jari.

Penyebab dermatomiositis

Penyebab dari penyakit ini sebenarnya belum diketahui secara pasti, tetapi penyakit ini hampir menyerupai dengan gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyerang komponen tubuh normal.  Dari beberapa penelitian mempercayai bahwa virua dan kelainan sistem imun sangat berpengaruh trhadap denyakit dermatomiositis. Tidak hanya itu kanker juga dapat memicu timbulnya penyakit ini.

Diagnosis dermatomiositis

  • Melakukan rontgen (sinar X)

hal sperti ini akan dilakukan untuk melihat kerusakan yang terjadi pada paru paru. Juga mendeteksi adanya kelainan atau peradangan pada paru paru.

  • Melakukan tes darah

Penderita yang mengalami kerusakan pada otot jika kadar enzim otot seperti creatine kinase atau CK dan juga aldolase yang mengalami kenaikan. Selain itu tes darah akan dilakukan untuk memeriksa keberadaan antibodi tertentu.

  • MRI

Tes ini dilakukan untuk mendeteksi adanya peradangan pada otot.

  • Biopsi kulit atau otot

Hal ini dilakukan untuk melihat beberapa perubahan yang terjadi pada jaringan otot atau kulit atau kulit yang diakibatkan oleh dermatomiositis.

Obat penyakit Dermatomiositis

Dermatomiositis memang tidak dapat disembuhkan tetapi untuk meminimalisir dampak yang akan terjadi anda bisa menggunakan beberapa obat dermatomiositis dibawah ini :

  • Rituxibam

Obat ini biasanya sering digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit kanker, obat ini juga digunakan dengan antibodi monoklonal lainnya dan obat obatan radioaktif untuk mengobati kanker tertentu. Sedangkan pada penderita dermatomiositisdigunakan jika pada obat lain tidak mampu mengontrol gejala gejala tertentu.

  • Kortikosteroid

Obat ini merupakan obat anti inflamasi yang dapat digunakan untuk meredakan gejala pembengkakan, kemerahan, gatal, serta reaksi alergi. Oleh sebab itu obat tersebut dapat digunakan sebagai obat dermatomiositis.

  • Corticosteroid-sparing agents

Obat ini dapat digunakan bersamaan dengan kortikosteroid serta dapat menurunkan efek samping dari kortikosteroid.

  • Obat anti malaria

Obat ini sejenis dengan hydroxychloroquine yang berguna untuk mengobati ruam pada kulit.

Selain dengan mengkonsumsi obat obatan tertentu, penderita dermatomiositis juga dapat melakukan beberapa terapi untuk membantu menyembuhkan penyakit dermatomiositis diantaranya adalah :

  • Terapi Bicara

Terapi bicara merupakan ilmu kedokteran yang berguna untuk diagnosis, mengevaluasi, serta merupakan cara pengobatan gangguan dari ketidakmampuan menelan ataupun berbicara. Hal ini juga diperlukan pada penderita dermatomiositis yang mengalami gangguan menelan serta mengunyah.

  • Fisioterapi

Fisioterapi adalah proses merehabilitasi agar seseorang terhindar dari beberapa cacat fisik melalui penilaian, diagnosis, perlakuan, serta pencegahan. Tujuan dari terapi ini ialah mengembalikan fungsi tubuh setelah seseorang terkena penyakit ataupun cedera serta mengembalikan kekuatan pada otot.

Sekian pembahasan kali ini mengenai “Obat Penyakit Dermatomiositis” semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih 🙂