Obat Penyakit Gagal Hati

Obat penyakit gagal hati ternyata tak hanya meliputi berbagai obat-obatan medis dan juga transpalasi hati. Di luar itu, ternyata terdapat beberapa tumbuhan tradisional, yang mana diketahui mengandung senyawa alami yang dapat mendukung kinerja hati secara optimal. Informasi selengkapnya bisa Anda ketahui dalam ulasan singkat berikut.

obat penyakit gagal hati

Selamat datang bagi Anda yang kini tengah berkunjung di situs kesehatan resmi www.jamuobat.com. Seperti yang telah dibahas diatas, pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi terkait pengobatan gagal hati. Namun sebelum itu, apa itu penyakit gagal hati?

Gagal hati atau liver failure ialah kondisi dimana organ hati mengalami keruksakan yang sangat luas, sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Maka dari itu, kondisi ini perlu mendapatkan perawatan secepatnya, lantaran jika dibiarkan bisa berdampak buruk termasuk menyebabkan kematian.

Jika dilihat dari waktu yang diperlukan untuk perkembangan gejalanya, gagal hati ini terlogong menjadi 3, yaitu:

  • Gagal hati akut (fulminant hepatic failure atau FHF). Pada jenis ini, hati tidak dapat berfungsi dalam waktu 8 jam setelah penyebabnya menimbulkan keruksakan pada organ hati.
  • Gagal hati sub-akut (late-onset hepatic failure). Pada jenis ini, kegagalan fungsi hati terjadi dalam jangka waktu 8-26 minggu.
  • Gagal hati kronis (chronic decompensated hepatic failure). Pada jenis ini, keruksakan hati terjadi secara perlahan, dan bahkan bisa terjadi selama beberapa tahun, hingga organ hati akhirnya mengalami keggalan fungsi.

√ Penyebab penyakit gagal hati

Gagal hati kronis diketahui menjadi jenis gagal hati yang paling banyak terjadi, dimana perjalanan penyakitnya terjadi dalam waktu beberapa bulan hingga beberapa tahun. Kondisi ini diketahui dapat disebabakan oleh penyakit sirosis hati, hepatitis B dan hepatitis C, gizi buruk, konsumsi alkohol dalam waktu lama.

Sedangkan pada jenis gagal hati akut, penyebabnya bisa dipicu oleh:

– Infeksi yang disebabkan virus, seperti hepatitis, Epstein-Barr dan adeno-virus
– Racun, seperti racun dari jamur liar Amanita phalloides
– Berbagai penyakit. Seperti penyakit autoimun, vaskuler, penyumbatan pembuluh vena hati dan lainnya
– Obat-obatan, seperti antibiotik dan antikejang
– Penggunaan paracetamol dalam dosis tinggi.

√ Gejala penyakit gagal hati

Pada dasarnya, gejala awal gagal hati sering kali terdiagnosa lantaran gejalanya yang mirip dengan kondisi medis lainnya. Adapun tanda dan gejalanya ialah tubuh merasa lelah, diare, jual dan berkurangnya selera makan. Adapun pada kasus yang gagal hati yang lebih parah, maka akan timbul tanda-tanda seperti:

  • Sering muntah
  • Tubuh mudah lesu dan mengantuk
  • Nyeri perut di bagian kanan atas
  • Perut mengalami pembengkakan
  • Mudah mengalami pendarahan
  • Disorientasi mental atau bingung (ensefalopati hepatik), hingga bisa menyebabkan koma.

Obat penyakit gagal hati dari tumbuhan tradisional yang bagus dan aman

Setidaknya terdapat 4 tumbuhan atau bahan alami yang diketahui mampu menjadi obat tradisional gagal hati. Diantaranya adalah:

1. Ubi jalar

Obat untuk gagal ginjal dari bahan alami yang satu ini mungkin tak asing lagi. Ubi jalar sendiri diketahui mengandung potassium yang berguna untuk membersihkan organ hati. Selain itu, didalamnya juga terkandung beberapa jenis vitamin dan juga mineral seperti citamin B6, vitamin C, vitamin D, zat besi dan juga magnesium. Serta mengandung gula alami yang tidak menyebabkan peningkatan gula darah.

2. Akar dandelion

Tumbuhan tradisional yang satu ini juga bisa dijadikan pilihan lainnya untuk obat penyakit gagal hati. Hal tersebut dikarenakan idalamnya mengandung nutrisi juga vitamin yang mampu membersihkan organ hati sekaligus menjaga fungsi organ hati. Sifat direutik yang terdapat didalamnya juga mampu meningkatkan kemampuan hati dalam membuang racun menjadi jauh lebih cepat.

3. Temulawak

Temulawak telah lama digunakan debagai cara mengobati gagal hati dan jenis penyakit liver lainnya secara efektif. Kandungan senyawa penting yang terdapat didalamnya dapat meningkatkan kekuatan liver sekaligus menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan curcumin yang juga terdapat didalamnya bagus untuk mencegah radang, hepatitis dan juga berperan sebagai antihepatotoksik yang penting dalam menjaga kesehatan organ hati.

4. Pisang

Didalam 1 buah pisang terkandung sekitar 470 mg kalium, yang mana merupakan salah satu nutrisi penting untuk membersihkan organ hati. Selain dari pada itu, pisang juga diketahui baik untuk melancarkan pencernaan sehingga pelepasan racun serta logam berat dalam tubuh bisa berjalan dengan baik.

Namun, selain mengonsumsi obat penyakit gagal hati dari tumbuhan diatas, sebaiknya uga periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter, terlebih jika kondisi yang diidap bersifat akut. Mungkin dokter akan memberikan obat dengan dosis yang lebih tinggi bahkan transpalasi hati pada kondisi yang lebih parah.