Obat Penyakit Ginjal

Obat Penyakit Ginjal Dan Apa Penyebab, Gejala Serta Cara Pengobatanya – Salam sehat, Selamat datang di situs resmi dan terpercaya kami www.jamuobat.com. Situs resmi yang selalu memberikan informasi-informasi tentang artikel kesehatan yang pastinya bisa membantu anda untuk selalu menjaga kesehatanya. Pada kesempatan kali ini kami akan memebahas tentang permasalahan kesehatan yang mungkin sangat anda hindari, yaitu Obat penyakit ginjal dan apa penyebab, gejala serta cara pengobatanya. Sebelumnya apa anda mengetahui apa itu penyakit ginjal?

Obat Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal adalah gangguan yang tejadi pada organ ginjal. Di mana fungsi ginjal telah memburuk sehingga gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, serta protein dapat dialami oleh penderitanya. Apa bila anda merasakan otot kerap kram, mengalami sulit tidur, sakit kepala, sakit punggung di bagian atas, sesak napas serta bau mulut, itu adalah sebagaian dari ciri-ciri gagal ginjal paling menonjol dan umum.  Penyakit ginjal memang lebih berisiko pada orang usia lanjut > 65 Tahun dengan riwayat penyakit kronis lain seperti: jantung, ginjal, hati, diabetes. Selain itu sering minum obat-obatan tertentu, seperti jamu dan yang lainya. Punya riwayat gangguan kesehatan pada saluran kencing.

Obat Penyakit Ginjal Dan Apa Penyebabnya?

Bisanya penyakit ginjal lebih berisko pada orang dengan kondisi kesehatan tadi yang telah disebutkan, tapi ternyata gaya hidup yang kurang baik dan tidak sehat justru jadi pemicu yang tidak kita sadari dan membuat orang umum juga berisiko terkena penyakit ini. Ada beberapa kondisi yang sering kita tidak sadari bisa mengganggu kesehatan ginjal kita, diantaranya sering konsumsi minuman penyegar, minuman berakohol yang banyak dijual dan diiklankan di berbagai media. Karena bebrapa minuman atau makanan yang beredar bisa mengandung bahan yang tidak sehat/ berbahaya bagi kesehatan ginjal, jika sering dikonsumsi berlebihan dan terus menerus.

Bagaimana Cara Pengobatan Penyakit Ginjal?

Untuk pengobatan penyakit ginjal sebelumnya anda harus konsultasikan dengan dokter anda, karna dokter nanti akan memastikan penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ada beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengtasi penyakit ginjal :

  • Melalui obat-obatan
  • Melalui terapi batu ginjal, Seperti: Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). Batu dihancurkan menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga dapat dibuang dapat dibuang bersama urine dengan menggunakan gelombang suara yang mengahasilkan getaran dari mesin ESWL. Lalu melalui terapi Ureteroscopic Lithotripsy (URS). Melalui metode URS akan dimasukkan selang yang dilengkapi dengan kamera ke dalam saluran kemih melalui lubang tempat urine keluar. Kemudian, batu akan dihancurkan dengan alat khusu sehingga menjadi ukuran yang lebih kecil, agar dapat dikeluarkan lewat saluran kemih. Dan melalui terpai Percutaneus Nephrolithotomy (PCNL). PCNL dilakukan dengan mengambil batu dengan alat khusus yang dimasukan melalui punggung untuk mencapai ginjal. Tindakan ini membutuhkan pembiusan.
  • Melalui Diet. Karna Ginjal berfungsi untuk menyerang zat limbah tumbuh, beberapa mineral dan cairan. Bila terjadi penurunan fungsi ginjal, sulit bagi ginjal untuk membuat zat-zat limbah tersebut. Oleh karena itu pola diet yang sebaiknya dijalani oleh penderita adalah diet rendah protein dan beberapa mineral seperti natrium, kalium, serta fosfat. Selain itu penting untuk membatasi asupan cairan, sehingga cairan tidak menumpuk dalam tubuh.
  • Melalui terapi pengganti ginjal, seperti: Cuci darah atau hemodialisis, Continuos ambulatory peritoneal dialysis (CAPD),CAPD menggunakan selaput pada dinding perut dalam untuk mencuci darah. Sama halnya dengan cuci darah, namun perbedaanya CAPD membutuhkan akses permanes sperti selang yang akan dipasang melalui dinding perut. Dan yang terkahir Cangkok Ginjal atau transplantasi ginjal.

Selain itu ada cara pengobatan yang bisa anda lakukan dengan cara tradisional menggunakan bahan-bahan alami atau tanaman-tanaman yang bisa dijadikan obat tradisional untuk dijadikan obat penyakit ginjal. Obat tradisonal ini pastinya sangat aman buat di konsusmi, selain itu tidak menimbulkan efek samping. Berikut beberapa tanaman yang bisa dijadikan obat tradisonal:

Mahkota Dewa

Obat Penyakit Ginjal

Mahkota dewa memiliki 4 kandungan penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh yang juga baik untuk cara mengobati gagal ginjal secara alami. Karena kandungan yang ada pada mahkota dewa, yaitu saponin, alkaloid, polifenol, serta flavonoid. Dengan mengkonsumsi mahkota dewa, gagal ginjal dapat dicegah dan kondisi pun akan membaik. Apa bila gagal ginjal disertai dengan penyakit hepatitis B dan juga dapa komplikasi penyakit hati atau liver, mahkota dewa bisa jadi solusi. Untuk cara membikin obat nya cukup mudah, dengan cara berikut ini:

  • Yang pertama kita siapkan terlbehih dahulu 2 sampai dengan 3 buah mahkota dewa yang sudah masak
  • Iris tipis buah unu untuk diambil bagian dagingnya saja
  • Siapkan air untuk direbus sebanyak 3 gelas lalu masukkan irisan buah mahkota dewa yang sudah kita siapkan
  • Kemudian rebus campuran air dan buah mahkota dalam panci hingga tersisa 2 gelas atau lebih baik sampai tersis 1 gelas
  • Lalu tunggu hingga menjadi dingin, kemudian diminum sebanyak 2 kali sehari

Kumis Kucing

Obat Penyakit Ginjal

Kumis kucing salah satu tanaman yang cukup terkenal dapat mengobati penyakit ginjal. Karena tanaman ini mempunyai ukuran mini, dengan bunga putih menyerupai kumis kucing. Bagian itulah yang dapat digunakan untuk mengobati batu ginjal. Untuk cara membuat obatnya, dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Pertama siapkan daun kumis kemudian dicuci sampai bersih
  • Setelah itu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya
  • Kemudian minum air rebusan tersebut 2 atau 3 kali sehari untuk memperoleh hasil maksimal
  • Air yang tersisa setengah gelas bisa diminum setengah gelas pada pagi, siang dan juga malam hari sebelum tidur.

Daun Sukun

obat penyakit ginjal

Telah ada penelitan bahwa daun sukun adalah bahan alami yang dapat mengobati gagal ginjal tanpa penderita harus cuci darah. Karena kondisi ginjal pun diketahui dapat dikembalikkan seperti semual fungsinya karena adanya kandungan flavonoid, tanin, serta asam hidrosianat, bahkan riboflavin dan aseticolin juga akan membantu pemulihan kondisi ginjal. Untuk cara membuat obatnya cukup mudah :

  • Anda siapkan daun sukun beberapa lembar saja
  • Lalu cuci bersih daun sukun tersebut sampai bersih
  • Setelah itu rebus dengan air secukupnya dan biarkan sampai mendidih, pastikan daun sukunya telah hancur
  • Dinginkan beberapa waktu sampai dingin.
  • Lalu saring sehingga yang tersisa hanya air rebusan saja.
  • Kemudian minumlah sehari 2 kali (pada pagi hari dan sore hari stelah makan). lakukan sampai hasil membaik.

Nah, mungkin itu pembahasan singkat tentang Obat penyakit ginjal dan apa penyebab, serta bagaimana pengobatanya. Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk bisa menjaga dan mengobati penyakit ginjalnya. Apa bila artikel ini bisa membantu, share selalu artikel kami ke teman ataupun orang-orang terdekat anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimaksih.