Obat Penyakit Glaukoma

Obat Penyakit Glaukoma Dan Apa Saja Tanda-Tanda, Gejala, Serta Cara Pengobatanya – Selamat datang kembali disitus resmi kami www.jamuobat.com. Situs resmi yang selalu memberikan informasi dan pembahasan-pembahasan tentang artikel kesehatan. Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang obat penyakit glaukoma dan apa saja tanda-tanda, gejala serta cara pengobatanya. Mungkin sebelumnya anda sudah tahu tentang penyakit glaukoma? Untuk mengetahui obat penyakit glaukoma, simak pembahasan singkatnya berikut ini.

Obat Penyakit Glaukoma

Glaukoma adalah  kondisi pada mata yang mengakibatkan kerusakan saraf yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan. Pada umumnya glaukoma disebabkan karena tingginya tekanan dalam bola mata. Menurut badan kesehatan dunia atau WHO, glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua terbesar di seluruh dunia setelah katarak. Di indonesia sendiri, berdasarkan data yang didapat oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes), prevalensi penderita galukoma pada tahun 2007 mencapai 4,6 per 1000 penduduk.

Obat Penyakit Glaukoma Dan Apa Tanda-Tanda Serta Gejala Glaukoma?

Untuk tanda-tanda dan gejala tergantung dari jenis glaukoma yang anda derita. Berikut adalah beberapa tanda dan gejalanya:

  • Glaukoma sekunder: Jenis glaukoma ini disebabkan oleh penyakit lain. Tanda dan gejalanya mirip dengan glaukoma lainya.
  • Glaukoma sudut terbuka: Awalnya tidak timbul gejala. Gejala yang dapat terjadi saat muncul yaitu anda akan melihat bintik buta yang berupa area kecil pada penglihatan tepi atau pusat anda. Keluhan yang muncul dapat berupa seperti penglihatan seperti dalam terowongan atau melihat titik kehitaman yang melayang mengikuti gerakan bola mata.
  • Glaukoma kongenital: Glaukoma ini terjadi pada bayi baru lahir. Anda dapat mengetahuinya dalam 1 tahun pertama kehidupan. Kontrol selalu ke dokter spesialis anak scara teratur supaya mendapatkan penangan lebih baik dan bisa mendapatkan obat penyakit glaukoma.
  • Glaukoma sudut tertutup: Gejala yang muncul dapat berupa sakit kepala berat, nyeri mata, mual dan muntah, penglihatan kabur, lingkaran halo di sekitar cahay dan mata merah.

Kemungkinan masih ada tanda-tanda dan gejala lain yang tidak disebutkan di atast. Jadi bila anda memiliki kehawatiran akan sebuah gejala itu, sebaiknya dapat konsultasikan dengan dokter anda.

Obat Penyakit Glaukoma Dan Apa Penyebab Penyakit Glaukoma?

Dari penyebab glaukoma yaitu suatu peningkatan tekanan di dalam mata (tekanan intraokular), akibat dari produksi cairan mata yang berlebihan, sehingga dapat menghalangi saluran pembuangan cairan tersebut. Tekanan ini dapat merusak serabut saraf retina atau jaringan saraf yang melapis bagian belakang mata dan saraf optik yang menghubungkan mata ke otak juga. Hingga kini, belum jelas kenapa produksi cairan mata bisa berlebihan atau kenapa saluran pembuangannya bisa tersumbat. Berikut ini ada sejumlah fakotr penyebab yang diduga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena glaukoma, diantranya:

  • Mengalami defisiensi estrogen di usia dini(pada wanita)
  • Berusia di atas 60 Tahun
  • Menderita penyakit anemia sel sabit, diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung
  • Pernah mengalami cedera pada mata atau menjalani oprasi mata
  • Menggunakan obat kortikosteroid, terutama tetes mata, pada jangka waktu lama
  • Pernah terdiagnosis mengalami tekanan mata tinggi atau hipertensi okular
  • Memiliki anggota keluarga yang juga menderita glaukoma
  • Menderita penyakit mata yang lain (misalnya rabuun jauh)

Obat Penyakit Glaukoma Dan Cara Pengobatan Tanpa Melakukan Oprasi

Kerusakan mata  yang ditimbulkan oleh glaukoma ini tidak dapat diobati atau diperbaiki kemabli. Namun tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi tekanan intraokular pada mata dan mencegah meluasnya kerusakan pada mata. Secara umum, glaukoma bisa ditangani dengan obat tetes mata, obat-obatan seperti obat penyakit glaukoma yang diminum, terapi laser , serta oprasi. Namun bagi anda jangan merasa khawatir, kami akan memberikan solusi yang bisa mengatasi penyakit glaukoma secara alami tanpa harus melakukan oprasi. Berikut ini beberapa tips sembuhkan glaukoma yang bisa dijadikan obat penyakit glaukoma secara alami:

Kulit Manggis

Obat penyakit glaukoma

Buah manggis selain suka dikonsumsi, ternyata kulit manggisnya juga sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan. Kulit manggis kaya akan zat-zat bermanfaat salah satunya adalah senyawa Xanthone yang sangat tinggi dan mampu memperbaiki sel rusak yang ada pada retina mata. Selain itu dapat mengatasi penyumbatan darah pada sisi bola mata akibat trauma kepala yang biasanya beresiko menyebabkan glaukoma. Untuk cara dijadikan obat penyakit glaukoma, cukup dengan cara merebus kulit manggis lalu meminumnya secara teratur. Pengobatan secara tradisonal ini sudah banyak dilakukan oleh orang jaman dulu.

Masker ketimun + Teh basi (bekas kemarin)

Obat penyakit gleukoma

Meletakan ptongan mentimun pada kelopak mata atau mengompres teh celup basi (bekas kemarin) dikedua kelopak mata mampu menenangkan saraf-saraf optik dan menjernihkan bola mata serta mampu mengurangi efek tekanan pada bola mata akibat serangan radikal bebas. Untuk cara mengobati glaukoma tersebut berlaku bagi orang yang tidak mengalami glaukoma yang bisa dilakukan sebagai pencegah agar tidak mengalami serangan glaukoma. Obat penyakit glaukoma yang dari bahan alami ini, merupakan bahan herbal yang masuk kategori obat tradisonal glaukoma alami dan mujarab, selain itu bahanya mudah dicari dan diperaktekan sendiri dirumah.

Buah-Buahan

Obat penyakit glaukoma

Buah-buahan yang baik bagi kesehatan jaringan mata adalah dari keluarga berry misalnya blueberry, balckberry, canberry dll. Buah-buahan adalah cara mengobati glaukoma paling banyak diminati, karena selain berhubungan dengan cita rasa yang lezat buah-buahan juga bisa menjadi makanan penganti nasi paling aman untuk dimakan pada malam hari. Jadi golongan buah-buhan ini sangat baik untuk dijadikan obat penyakit glaukoma

Sayuran yang mengandung lutein dan zeaxanthin

obat penyakit gleukoma

Zat lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan yang kuat dan aktif dalam melindungi kekeuatan saraf mata dan kesehatan bola mata dari serangan partikel berbahaya yang bercampur dengaj radikal bebas. Untuk car mengobati glaukooma adalah dengan mengkonsusmi sayuran yang mengandung zat lutein dan zeaxanthin adalah seprti bayam, brokoli, daun pepaya dan sebagainya.

Karbohidrat komplex

Obat penyakit Gleukoma

Cara mengoabti galukoma bisa dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplex, karena zat tersebut bisa mampu menurunkan atau menstabilkan kadar insulin pada tubuh penyebab meningkatnya tekanan darah yang dapat berdampak buruk pada kesehatan retina. Makan yang dimaksud adalah ganduh utuh, otas, beras merah, dll.

Rutin olahraga

obat penyakit gleukoma

Olahrga memang salah satu cara yang baik untuk menjaga keseahtan kita. Karena dengan berolahrga kita bisa mendapatkan berbagi manfaat. Selain olahraga bisa membakar energi dan menghilangkan lemak trans atau jenuh yang ada dalam tubuh. Ternyata pembakaran lemak dalam tubuh menyehatkan saraf-saraf dan melemaskan otot mata dari kelemahan akibat akitfitas sehari-hari. Untuk cara mengobati glaukoma adalah dengan teratur melakukan olahraga. Karena olahrga dapat meningkatkan kelancaran darah menuju mata dan seluruh jaringanya lebih berlimpah. Kebiasaan olahraga sejak muda yang dilakukan secara tertur dapat mencegah menderita glaukoma pada waktu lansia.

Demikian pembahasan tentang Obat penyakit glaukoma dan Obat Penyakit Glaukoma Dan Apa Saja Tanda-Tanda, Gejala, Serta Cara Pengobatanya. Untuk perlu di ingat pencegahan penyakit glaukoma yang efektif, harus dimulai sejak dini. Apa bila anda telah mengalami kelainan mata termasuk glaukoma, sebaiknya anda lakukan pemeriksaan ke dokter secara rutin, supaya dapat penanganan lebih lanjut.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa mendapatkan solusi buat anda untuk bisa mencegah dan mengobati penyakit glukoma. Janga lupa share artikel kami supaya kita bisa saling membantu memberikan informasi kesehatan ini terhadap orang-orang yang ada disekitar kita dan bisa membantu mereka untuk mendapatkan solusi atas penyakit yang di alaminya. Terimakasih.