Obat Penyakit Histoplasmosis – Gejala dan cara pencegahannya

Obat Penyakit Histoplasmosis – Gejala dan cara pencegahannya. Kembali lagi bersama kami di www.jamuobat.com yang selalu memberikan informasi menarik seputar kesehatan. Pembahasan kali ini mengenai penyakit histoplasmosis. Apa kalian sudah tau apa itu penyakit histoplasmosis ? Penyakit ini berasal dari infeksi jamur pada paru paru yang dapat disebabkan karena menghirup spora jamur Histoplasma capsulatum. Histoplasmosis ini dapat ditemukan pada tanah yang terkontaminasi oleh kotoran burung dan kelelawar. Penyakit semacam ini lebih sering terjadi pada penderita infeksi HIV, terutama dalam bentuk histoplasmosis yang menyebar ke seluruh tubuh.

Obat penyakit histoplasmosis

Gejala gejala penyakit histoplasmosis

Histoplasmosis ini berbentuk seperti telur (ovoid) dengan ukuran 2-5 dan berbentuk khamir dengan tunas tunas kecil pada ujungnya. Histoplassmosis ini bisa saja menyebar hingga ke mata dan dapat menyebabkan sindrom histoplasmosis okuler yang akan mengakibatkan kebutaan. Berikut ini gejala gejala yang mungkin timbul akibat penyakit histoplasmosis :

  • Tubuh menggigil
  • Ruam pada kulit
  • Keringat yang berlebihan
  • Batuk disertai darah
  • Benjolan merah di kaki bagian bawah
  • Nyeri pada sendi
  • Dada merasa sesak

Jenis jenis penyakit histoplasmosis

Histoplasmosis ini ada beberapa jenis, yang dikategorikan paling ringan biasanya tidak menimbulkan gejala. Tetapi infeksinya yang cukup parah sehingga dapat mengancam nyawa penderitanya. Penyakit ini juga dapat berpengaruh pada susunan syaraf pusat (SPP). Gejala penyakit ini umumnya pada sistem pernapasan, seperti batuk demam dan sesak napas. Para pekerja maupun para petani yang kesehariannya berhubungan dengan tanah, kemungkinan besar terkena penyakit histoplasmosis. Jika spora tersebut mulai terhirup maka akan berakibat pada penyakit yang berat.

  • Histoplasmosis akut

Kondisi seperti ini biasanya akan terjadi dalam jangka waktu yang pendek dan tergolong ringan. Pada penderita histoplasma akut ini biasanya akan mengalami batuk dan demam, tetapi tidak akan berakibat fatal. Biasanya para penderita penyakit jenis ini tinggal di tempat paparan jamur.

  • Histoplasmosis diseminata progresif

Penyakit seperti ini umumnya terjadi pada anak anak dan penderita gangguan sistem kekebalan misalnya penderita AIDS. Pada penderita ini biasanya merasa lemah, sakit, dan lelah. Terkadang pada penderita ini akan timbul ulkus (luka terbuka) di mulut juga pada saluran pencernaan. Kasus seperti ini biasanya akan berakibat fatal maka anda harus segera menanganinya.

  • Histoplasmosis kavitasi kronis

Pada tahap ini biasanya akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang, dan akan menyebar ke seluruh tubuh. Jika penyebarannya telah sampai ke seluruh tubuh maka akan berakibat pada kematian.

Orang orang yang mungkin akan beresiko terkena penyakit Histoplasmosis yaitu :

  • Pekerja pest control
  • Petani
  • Penjaga unggas
  • Tukang atap
  • Penjelajah gua gua
  • Tukang bangunan
  • Tukang kebun
  • Pekerja konstruksi

Selain itu penyakit histoplasmosis akan lebih beresiko terhadap orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lebih lemah seperti anak anak dan pada lansia.

Pencegahan Penyakit Histoplasmosis

Salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk mencegah penyakit histoplassmosis yaitu menjauhi lokasi yang dekat dengan tempat paparan jamur, dan sebaiknya tidak memelihara hewan seperti ayam dan burung untuk meminimalkan resiko terkena infeksi. Siramlah tanah terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas yang berhubungan dengan tanah seperti membersihkan kandang ayam agar jamur tidak menyebar melalui spora. Selain itu gunakanlah masker saat berada di daerah daerah yang terkontaminasi atau saat berada di gua gua kelelawar yang merupakan pusat dari infeksi sebaiknya anda memakai peralatan perlindungan pribadi.

Obat Penyakit Histoplasmosis

Jika sistem kekebalan tubuh anda tidak kuat dengan infeksi spora sebaiknya jauhi pekerjaan yang berhubungan dengan tanah yang terkontaminasi. Saat kondisi anda semakin memburuk dan memerlukan perawatan yang serius, biasanya anda akan diberikan obat anti jamur, obat tersebut dapat berupa suntikan maupun tablet. Obat penyakit histoplasmosis yang biasa diberikan berupa ketoconazole, itraconazole, dan amphotericin B. Cara mengobati histoplasmosis ini ada 2 tahap yaitu tahap induksi (terapi awal untuk infeksi akut) dan profilaksis sekunder (terapi secara terus menerus agar mencegah penyakit kambuh kembali). Bila infeksi yang diderita termasuk kedalam infeksi sedang maka terapi induksi dilakukan dengan itrakonazol, sedangkan untuk penyakit berat dapat menggunakan amfoterisin B sebagai awal terapi.

Sekian penjelasan mengenai obat penyakit histoplasmosis semoga bermanfaat bagi kita semua, terima kasih 🙂