Obat Penyakit Jantung

Obat Penyakit Jantung – Jamuobat.com,-  Kembali lagi bersama kami di http://www.jamuobat.com merupakan situs resmi yang menyediakan berbagai layanan informasi kesehatan yang menarik hanya untuk anda. Untuk menambah wawasan anda mengenai berbagai masalah yang sering mengganggu kesehatan, kali ini kita akan membahas apa itu Penyakit Jantung serta obat penyakit jantung. Berikut akan kami jelaskan mengenai penyakit jantung, tanda Gejala, penyebabnya serta obat penyakit jantung dalam artikel berikut ini:

Obat Penyakit Jantung Tanda Gejala Dan Penyebabnya

obat penyakit jantung

Sudah kita ketahui bahwa jantung merupakan satu organ penting yang menyokong kelangsungan hidup manusia, bahkan tidak sedikit orang yang mengabaikan kesehatan jantung hingga jantung mengalami gangguan yang menyebabkan kematian. Menurut WHO, sebanyak kurang lebih 1,8 juta kasus pada tahun 2014 di Asia Tenggara mengalami kematian mendadak akibat serangan jantung. Tidak sedikit orang mengalami nyawa melayang akibat tidak memperhatikan kesehatan serta faktor penyakit jantung.

Penyakit jantung atau yang sering disebut dengan sillent killer merupakan penyakit pembunuh terbesar di dunia. Penyakit jantung dapat terjadi karena adanya penumpukan plak kolesterol yang dapat menghambat aliran darah masuk ke jantung dan mengakibatkan penderitanya mengalami sesak napas serta nyeri pada angina, hal itu di karenakan jantung mengalami kekurangan oksigen akibat pembuluh darah koroner yang menyempit. Untuk mengurangi angka kematian akibat penyakit jantung, Anda perlu mengetahui faktor penyebab serta tanda awal gejala penyakit jantung.

Tanda Gejala Penyakit Jantung

Gejala penyakit jantung memiliki beberapa jenis yang di bedakan berdasarkan faktor terhambatnya aliran darah masuk ke jantung seperti berikut ini:

  • Angina

Angina atau yang lebih dikenal dengan sebutan angin duduk merupakan salah satu jenis penyakit jantung, yang di tandai dengan rasa sakit pada dada disertai sesak yang terjadi sesaat. Rasa sakit dan sesak yang dialami karena jantung mengalami penurunan aktivitas akibat berkurang nya pasokan oksigen di jantung. Pembuluh darah yang menyempit akan menghambat aktivitas. Serangan jantung angina biasanya berlangsung selama beberapa menit yang di picu karena stres dan aktivitas fisik.

  • Serangan Jantung

Jenis ini merupakan salah satu gejala penyakit jantung yang hampir sama dengan angina, yang memiliki gejala hampir sama namun sering kali serangan jantung lebih parah daripada angina. Semua penderita serangan jantung mengalami sakit dada yang parah dikarenakan jantung mengalami penurunan aktivitas serta terlalu lemah untuk memompa darah.

  • Gejala Jantung karena aritmia

Aritmia merupakan gejala penyakit jantung yang di tandai dengan detak jantung yang tidak normal dimana detak jantung mengalami kecepatan atau kelambatan sehingga tidak teratur. Berikut ciri penyakit jantung karena aritmia:

.Detak jantung tidak teratur
.Nyeri dada serta sesak nafas
. Berdebar, merasakan detak jantung seperti terlewat (palpitasi)

  • Gejala Jantung akibat Cacat bawaan

Cacat jantung bawaan lahir merupakan salah satu gejala penyakit jantung di karenakan struktur jantung yang tidak sempurna, Berikut ciri penyakit jantung akibat cacat bawaan lahir:

. Warna kulit yang berubah seperti beerwarna kebiruan
. Kaki dan perut mengalami pembengkakan
.Sesak nafas dan mudah lelah saat setelah melakukan aktivitas

  • Endokarditis / Penyakit jantung karena infeksi

Infeksi pada jantung akan mempengaruhi membran bagian dalam, Kondisi penyakit jantung jenis ini terbilang langka dan membutuhkan perawatan yang intensif. Berikut ciri orang yang mengalami penyakit jantung karena infeksi:

.Demam serta mudah lelah
. Batuk kering yang terus menerus
.Munculnya ruam atau bintik kemerahan pada kulit
.Sesak Nafas

Faktor Penyebab Penyakit Jantung

Detak jantung atau nadi yang normal menurut kedokteran adalah 50-70 denyut per menit, jika jantung memiliki resiko terkena penyakit jantung maka detak dan denyut akan lebih cepat di banding dengan biasanya. Untuk menghindari peluang anda mengalami penyakit jantung, berikut faktor yang dapat di jadikan sebagai penyabab penyakit jantung :

  • Usia,pada usia 50-70 tahun biasanya seseorang rentan beresiko memiliki penyakit jantung di karenakan resiko kerusakan arteri yang menyempit akan semakin tinggi di sertai dengan otot jantung yang melemah
  • Seks,Saat usia muda hingga dewasa pria lebih beresiko tinggi mengidap penyakit jantung di bandingkan dengan wanita. Namun resiko pada wanita dapat meningkat setelah wanita mengalami menopouse.
  • Merokok,Zat berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok saja sudah mampu merusak organ tubuh bagian dalam manusia, seperti nikotin dan karbon monoksida yang dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular.
  • Riwayat Keluarga,Jika diantara keluarga memiliki riwayat penyakit jantung, maka resiko anda terkena penyakit jantung akan meningkat pada usia dini (usia sebelum 55 tahun)
  • Tekanan darah Tinggi,Tekanan darah yang tidak terkendali akan menyebabkan pembuluh darah mengeras dan menebal
  • Kolesterol Tinggi,Kolesterol akan menimbulkan pembentukan plak dalam pembuluh darah yang mengakibatkan jantung kekurangan oksigen
  • Stres dan Malas Berolahraga,malasnya melakukan aktivitas fisik akan menimbulkan stres yang tidak terkontrol sehingga membuat anda lebih rentan terkena penyakit jantung.

Obat Penyakit Jantung

Jika anda mengidap penyakit jantung, tim medis memiliki berbagai upaya untuk mencegah serta mengobati penyakit jantung mulai dari mengkonsumsi obat penyakit jantung untuk menyehatkan jantung hingga melakukan tindakan oprasi. Berikut upaya tim medis yang dapat dijadikan sebagai obat penyakit jantung untuk menyembuhkan penyakit jantung:

  • Mengkonsumsi Obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan yangdapat menyehatkan jantung melakukan cara awal penanganan penyakit jantung. mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung statin, antiplatelet, anti hipertensi, obat diabetes, obat penghambat kanal kalsium, obat nitrat, ivabradine, nicorandile dan lain sebagainya mampu di jadikan obat yang bisa menghambat pertumbuhan plak dalam pembuluh darah yang menghalangi oksigen masuk ke jantung.

  • Penanganan Melalui Oprasi

Jika penanganan melalui konsumsi obat penyakit jantung dikatakan tidak efektif, maka cara terahir pengobatan penyakit jantung adalah dengan oprasi. Oprasi yang di lakukan memiliki beberapa macam seperti berikut ini:

.Intervensi jantung perkutan (pci)

Oprasi ini bertujuan untuk memperlebar arteri yang mengalami penyempitan, dilakukan dengan cara memasukan bola kecil pada luar arteri yang bertujuan untuk menyingkirkan lemak yang dapat mempersepit  arteri.

. Bedah arteri jantung

Prosedur oprasi ini bertujuan untuk dilakukannya penanaman pembuluh darah dari anggota lain untuk membuka pembuluh darah sehingga oksigen dapat dengan lancar masuk ke jantung.

Upaya Yang Dapat Dilakukan Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit kronis yang dapat membahayakan nyawa, namun bukan berarti penyakit jantung ini todak dapat di hindari. Ada berbagai aktivitas yang mampu mencegah serta meminima lisir terjadinya penyakit jantung pada anda, sebagai berikut:

  • Rajin Berolah raga

Berolah raga merupakan salah satu upaya merubah pola hidup menjadi lebih sehat serta dapat dijadikan upaya sebagai obat penyakit jantung untuk mencegah penyakit jantung terjadi. Olahraga dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah serta mampu menyehatkan jantung. Dalam sehari dokter menyarankan tubuh melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat seperti berolahraga selama 30-45 menit per hari, dengan begitu tubuh mengeluarkan keringan dan lebih sehat.

  • Asupan Makanan

Obat penyakit jantung selanjutnya ialah dengan memperhatikan asupan makanan, Makanan yang tidak sehat dapat berdampak buruk untuk kesehatan, seperti meningkatnya kolesterol yang dapat menimbun plak lemak dalam pembuluh darah. Untuk menghindari penyakit jantung sangat di sarankan untuk anda mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti, buah, sayur, gandum dan kacang-kacangan. Hal itu dikarenakan makanan yang tinggi serat dapat menurunkan kolesterol penyebab lemak menumpuk dalam pembuluh darah.

  • Berhenti Merokok

Dalam sebatang rokok mengandung banyak zat beracun yang mempu membahayakan nyawa, Berhenti merokok dan menghindari paparan asap rokok dapat dijadikan salah satu upaya obat penyakit jantung yang merupakan salah satu upaya untuk hidup sehat dan mencegah penyakit berbahaya terjadi pada tubuh akibat zat berbahaya yang terdapat pada rokok.

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyakit jantung – Obat penyakit jantung..!

Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda..!! Salam Sehat Keluarga Indonesia..!!