Obat Penyakit Ketoasidosis Alkoholik – Penyebab dan Gejalanya

Obat Penyakit Ketoasidosis Alkoholik – Penyebab dan Gejalanya – Hai sobat herbalku? Kembali lagi dengan saya admin situs jamuobat.com. Nah, bagi yang belum tahu tentang situs kami ini, saya akan menjelaskannya sedikit. Situs jamuobat.com merupakan situs yang menyediakan beragam macam informasi seputar kesehatan. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai obat penyakit ketoasidosis alkoholik.

Obat Penyakit Ketoasidosis Alkoholik

Nah, apa diantara kalian ada yang tahu apa itu ketoasidosis alkoholik??? Mungkin sebagian diantara kalian sudah ada yang tahu dan juga ada yang belum. Nah, bagi yang sudah tahu mari kita flashback kembali untuk mengingatnya. Bagi yang belum tahu mari kita merapat untuk membahasnya bersama, hhh!!!

Mungkin diantara kalian ada yang bertanya-tanya apa itu ketoasidosis??? Ketoasidosis merupakan suatu kondisi terjadinya penumpukan benda keton dalam darah. Benda keton ini merupakan suatu zat yang dihasilkan dari bentukan sisa-sisa pembakaran lemak untuk menghasilkan energi. Penumpukan benda keton ini terjadi karena tubuh tidak mampu menghasilkan insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Nah, jika tubuh tidak mampu menghasilkan insulin yang dibutuhkan, maka tubuh akan membakar lemak untuk mendapatkan energi. Meskipun demikian, ternyata pembakaran lemak ini berisiko menyebabkan badan keton mulai terbentuk dan menumpuk di dalam darah.

Ketika tubuh membakar lemak, produk sampingan seperti badan keton ini mulai diproduksi. Jika hal ini terus berlangsung, maka dapat menyebabkan badan keton menumpuk di dalam aliran darah. Proses inilah yang menyebabkan seseorang menderita penyakit ketoasidosis. Nah, hal yang perlu diketahui ternyata penumpukan keton/ketoasidasis ini dapat menyebabkan kondisi serius yang dapat mengancam jiwa lho. Sehingga penyakit ini perlu penanganan dan obat penyakit ketoasidosis yang tepat.

Namun, apa hubungannya insulin dengan alkohol???

Nah, mengenai hal tersebut, ternyata salah satu penyebab tubuh tidak mampu menghasilkan insulin yang baik adalah karena kebiasaan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Alkohol sendiri merupakan suatu zat depresan yang dapat mempengaruhi fungsi tubuh vital, salah satunya adalah mempengaruhi fungsi pankreas.

Obat Penyakit Ketoasidosis Alkoholik - Penyebab dan Gejalanya

Obat Penyakit Ketoasidosis Alkoholik – Penyebab dan Gejalanya

Ketika seseorang mengkonsumsi alkohol, maka pankreas (organ yang berfungsi memproduksi insulin) dapat berhenti dalam waktu yang singkat. Hal inilah yang menyebabkan tubuh tidak bisa mendapatkan insulin yang dibutuhkan.

Nah, bisa dibayangkan bukan, apa yang akan terjadi jika seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama? Yup, pada saat itu pula pankreas yang dimilikinya tidak dapat berfungsi. Hal inilah yang menyebabkan seorang alkoholik terkena penyakit ketoasidosis alkoholik. Jika hal ini sudah terjadi maka perlu penanganan dan obat penyakit ketoasidosis alkoholik yang tepat, guna untuk mencegah sesuatu yang lebih buruk lagi.

Nah, dari kasus tersebut maka dapat dijelaskan, bahwa yang dimaksud dengan ketoasidosis alkoholik ini yaitu, suatu kondisi terjadinya penumpukan benda keton dalam darah akibat mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Penyakit ketoasidosis alkoholik juga termasuk penyakit yang dapat mengancam jiwa, sehingga penyakit ini perlu penanganan dan pemberian obat penyakit ketoasidosis alkoholik yang tepat.

Penyebab Ketoasidosis Alkoholik

Nah, dari rangkaian ulasan di atas sudah dapat kita ketahui, bahwa penyebab utama terjadinya ketoasidosis alkoholik ini adalah pengonsumsian alkohol secara berlebihan. Pada kasus ini, seseorang yang mengkonsumsi alkohol akan cenderung mengabaikan waktu makan. Selain itu, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan tak terkendali pun dapat menyebabkan muntah-muntah. Hal ini dapat menyebabkan periode kelaparan dan bahkan menyebabkan tubuh kekurangan gizi.

Nah, jika tubuh kekurangan gizi maka produksi insulin pun akan berkurang, sehingga tubuh pun akan kesulitan untuk mendapatkan energi. Jika, hal ini sudah terjadi maka tubuh akan melakukan mekanisme lain untuk mendapatkan energi. Mekanisme tersebut adalah dengan melakukan pembakaran lemak secara terus menerus. Ketika tubuh malakukan pembakaran lemak secara terus menerus, maka hal ini dapat memicu badan keton terus diproduksi dan menyebabkannya menumpuk di dalam darah (ketoasidosis).

Gejala Ketoasidosis Alkoholik

Jika, ketoasidosis mulai terjadi, gejala yang ditimbulkannya akan bervariasi tergantung jumlah alkohol yang dikonsumsi dan jumlah keton yang terdapat dalam aliran darah. Namun dari beberapa kasus yang pernah terjadi, gejala umun yang sering ditimbulkan akibat ketoasidosis alkoholik ini antara lain :

  • hilang nafsu makan,
  • nyeri perut,
  • mual dan muntah,
  • gerakan menjadi lambat,
  • kelelahan,
  • terlihat resah, gelisah dan kebingungan,
  • pernafasan tidak teratur, dalam dan cepat,
  • gejala dehidrasi seperti vertigo, pusing, dan sering merasa haus,
  • penurunan kewaspadaaan,
  • koma.

Jika, gejala ini mulai muncul segera konsultasikan pada dokter bersangkutan, untuk mendapatkan penanganan dan obat penyakit ketoasidosis alkoholik yang tepat.

Diagnosis Ketoasidosis Alkoholik

Untuk mendiagnosis penyakit ketoasidosis alkoholik, dokter mungkin akan memberikan beberapa pertanyaan seperti riwayat kesehatan dan konsumsi alkohol Anda. Namun, untuk lebih memastikannya biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan :

  • kandungan alkohol dalam darah,
  • platelet darah,
  • kadar oksigen dalam darah,
  • zat-zat kimia lain dalam darah,
  • kndungan keton dalam urine,
  • tes toksikologi untuk mendeteksi racun
  • kadar sel darah merah dan putih,
  • kandungan elektrolit.

Diagnosa ini sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi penyakit ketoasidosis alkoholik yang sebenarnya. Jika penyakit tersebut sudah dipastikan maka dokter pun akan dapat dengan mudah untuk memberikan obat penyakit ketoasidosis alkoholik yang tepat, untuk mencegah kondisi semakin memburuk.

Pengobatan Ketoasidosis Alkoholik

Pengobatan yang biasa dilakukan dokter untuk mengatasi penyakit ketoasidosis ini adalah dengan melakukan perawatan di rumah sakit. Perawatan ini meliputi pemberian obat penyakit ketoasidosis alkoholik berupa cairan infus, nutrisi dan vitamin. Hal ini berguna untuk membantu mengganti cairan dan nutrisi yang hilang dalam tubuh. Selain itu prinsip utama terapi perawatan ini adalah untuk membantu mengatasi :

  • penurunan glikogen (gula otot)
  • penurunan cairan ekstraseluler
  • perbaikan rasio NADH dengan NAD+.

Cairan infus yang diberikan biasanya berupa larutan garan fisiologis dan cairan gula (dextrose). Selain itu dokter juga akan memberikan obat penyakit ketoasidosis alkoholik lain berupa obat untuk mencegah efek samping kecanduan alkohol.

Komplikasi Ketoasidosis Alkoholik

Pada kasus penyakit kateosidosis Alkoholik beberapa komplikasi dapat terjadi jika pengangan atau obat penyakit ketoasidosis alkoholik tidak tepat dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti :

  • peradangan pada pankreas,
  • pnemonia,
  • pendarahan pada sistem saluran pencernaan,
  • kejang,
  • koma.

Jika, ketoasidosis alkoholik sudah terjadi maka ada baiknya Anda untuk memerikasakan diri pada dokter, hal ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan penanganan dan obat penyakit ketoasidosis yang tepat, guna menghindari komplikasi ini.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai obat penyakit ketoasidosis alkoholik yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian dan terimakasih atas kunjungannya.