Obat Perut Kembung

Obat perut kembung -, Selamat bergabung di portal kesehatan online www.jamuwalatra.com. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba memaparkan informasi terkait pilihan obat kembung pada anak dan dewasa. Dimana berbagai obat tersebut bisa kita racik sendiri dengan menggunakan bahan alami yang terdapat di rumah. Namun sebelum kami memarkannya lebih jauh, mari kita simak terlebih dahulu ulasan singkat mengenai gejala dan penyebab perut kembung itu sendiri.

obat perut kembung

Perut kembung adalah salah satu kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja. Baik itu bayi, balita, anak, dewasa hingga ibu hamil juga dapat mengalami kondisi ini. Perut kembung atau yang secara medis disebut dengan flatulensi dapat diartikan sebagai gangguan pencernaan, yang mana sering kali ditandai dengan perut yang tidak terasa nyaman lantara terasa penuh, kencang dan juga bergas.

Selain dari pada itu, beberapa gejala perut kembung lainnya yang sering kali dialami oleh penderitanya adalah sebagai berikut:

  • Rasa sakit yang muncul bisa mengakibatkan kram perut
  • Sensasi penuh, sesak bahkan terjadi pembengkakan pada bagian perut
  • Frekuensi bersendawa menjadi lebih sering
  • Perut terasa bergejolak
  • Buang angin secara berlebihan
  • Tumbul rasa mulas dan diare.
  • Dan masih banyak lagi.

Penyebab perut kembung sendiri pada dasarnya disebabkan oleh terjadinya peningkatan jumlah gas atau udara di dalam perut. Salah satu diantara pemicu hal tersebut diantaranya adalah gas-gas eksogen yang di telan (aerophagia) saat makan maupun minum. Adapun selain dari pada itu, beberapa kondisi juga bisa memicu kondisi ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengalami sembelit
  • Merokok
  • Makan terlalu cepat
  • Berat badan yang meningkat
  • Pertumbuhan bakteri terlalu cepat di usus kecil
  • Naik turunnya hormon, terlebih pada wanita yang sedang mengalami premenstual Syndrome (PMS)
  • Kondisi medis tertentu seperti giardiasis (parasit usus), GERD dan lainnya

Obat Perut Kembung Pada Anak Dan Dewasa Secara Tradisional

Selain dapat menyebabkan ketidaknyamanan, Kondisi perut kembung ini juga nyatanya dapat menghambat aktivitas bekerja dan sosialisasi penderitanya. Maka dari itu, jika kini anda tengah mengalami kondisi yang serupa, sebaiknya segera atasi sesegera mungkin. Salah satunya dengan menggunakan beberapa bahan alami berikut, yang diketahui telah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat perut kembung tradisional. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jus lemon hangat

Obat perut kembung alami pertama yang bisa Anda coba adalah jus lemon hangat. Minuman ini sendiri diketahui sangat baik untuk pencernaan. Beberapa diantara khasiatnya dapat membantu meredakan kembung, gas dan juga sembelit. Bahkan selain dari pada itu, minuman hangat ini juga baik untuk membantu mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh serta membuat tubuh menjadi terdehidrasi.

Lemon sendiri diketahui mengandung sejumlah vitamin dan juga minral yang baik dalam membantu pencernaan. Diantaranya seperti vitamin B, vitain C, riboflavin, kalsium, fosfor, magnesium, protein dan juga karbohidrat. Untuk membuatnya sendiri Anda bisa memeras satu buah lemon dan mencampurkannya dengan segelas air hangat. Jika Anda tidak menyukai rasa asamnya. Anda bisa menambahkan sedikit madu ke dalamnya.

2. Labu

Mengonsumsi labu jiga bisa menjadi jenis obat untuk perut kembung secara alami. Didalam labu sendiri diketahui terkandung vitamin A, kalium dan juga serta yang cukup tingi guna melancarkan sistem pencernaan dengan mengurangi gas yang ada di dalamnya. Anda bisa mengukus, membakar hingga memanggangnya atau memasukannya ke dalam resep masakan Anda.

3. Daun peppermint

Daun yang satu ini juga bisa dijadikan obat alternatif perut kembung. Didalam peppermint sendiri diketahui terdapat senyawa mentol, yang mana diketahui memiliki efek anti-spasmodik pada otot polos saluran pencernaan. Sehingga dengan begitu, khasiatnya dipercaya mampu membantu meringankan kejang pada saluran pencernaan, saluran empedu dan kantong empedu.

Selain itu, peppermint juga mampu menenangkan perut kembung dan juga membantu makanan melewati perut dengan cepat. Untuk itu, Anda bisa mengunyah daun peppermint secara langsung, atau bisa juga dengan merendam kantong teh peppermint dalam air panas selama sekitar 10 menit dan minum 2-3 cangkit teh ini dlam sehari.

4. Jahe

Obat tradisional perut kembung yng satu ini sangat terkenal untuk khasiatnya dalam membantu mengurangi gas dan kembung. KAdapun beberapa kandungan aktif didalamnya ialah gingerol, shogarol yang di percaya mampu mengurangi peradangan pada usus dan melemaskan otot-otot usus.

Untuk cara pemanfaatannya sendiri, Anda bisa mememarkan jahe yang telah di bersihkan sebelumnya, kemudian masukan pada teh atau susu hangat. Pilihan lainnya, Anda bisa meminum air rebusannya, menaburkan bubuk jahe ke dalam makanan Anda. Jika pada anak sebaiknya tidak meminum lebih dari 1 gr jahe setiap harinya.

5. Kayu manis

Obat untuk perut kembung pada anak dan dewasa selanjutnya adalah kayu manis. Kandungan yang terdapat didalamnya diyakini mampu menenangkan perut dan juga mencegah penumpukan gas didalam perut. Kayu manis juga mampu mencegah pembentukan gas dengan mengurangi sekresi asam lambung dan juga pepsin dari dinding lambung.

Adapun untuk cara mengobati perut kembung dengan kayu manis adalah dengan menambahkan 1/2 sendok teh kayu manis ke dalam segelas susu hangat, Aduk hingga merata, kemudian minum. Anda juga bisa menambahkan madu ke dalamnya. Adapun cara lainnya Anda bisa meminum air rebusan kayu manis.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi bahan alami lainnya yang sering dianggap sebagai obat perut kembung alami untuk anak dan dewasa lainnya. Diantaranya seperti pisang adas manis, biji jintan, teh kemomil dan lainnya. Beberapa tips juga mungkin dapat mengurangi gejala perut kembung dengan diantaranya dengan mengonsumsi banyak air. tidak makan secara terburu-buru, mengonsumsi sup hangat dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga bermamnfaat!