Obat Rheumatoid Arthritis

Obat Rheumatoid Arthritis Dan Apa Penyebabnya Serta Bagaimana Cara Pengobatanya – Kembali lagi di situs resmiwww.jamuobat.com. Selamat datang dan Salam Sehat. Dalam kesempatan kalini kami akan membahas artikel kesehatan tentang Obat Rheumatoid Arthritis dan apa penyebabnya serta bagaimana cara mengobatinya. Mungkin dari anda ada yang masih merasa asing dengar Rheumatoid Arthritis?

Obat Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis bisa disebut rematik. Rheumatoid arthritis adalah kondisi kronis yang ditandai dengan inflamasi pada sendi perifer tangan, pergelangan tangan, siku, bahu, pinggul, lutut dan kaki, biasanya di kedua sisi tubuh, berpotensi mengakibatkan kerusakan. Biasanya gejala rheumatoid arthritis tidak langsung muncul semua, tapi berkembang perlahan-lahan selama beberapa pekan. Walau jarang terjadi, sebagian penderita rheumatoid arthritis juga bisa mengalami perkembangan gejala dengan cepat bahkan hanya dalam hitungan hari.

Obat Rheumatoid Arthritis Dan Apa penyebabnya?

Penyebab rheumatoid arthritis belum diketahui secara pasti namun ada kecenderungan genetik yang kuat. Selain itu rheumatoi arthritis terjadi saat sistem imun anda menyerang sinovial, lapisan yang mengelilingi sendi anda. Inflamasi yang dihasilkan menebalkan sinovial, yang akhirnya merusak tulang rawan dan tulang dalam sendi anda. Bisa juga rheumatoid arthritis disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melawan infeksi, tetapi justru menyerang sel normal pada persendian dan membuat sendi terasa nyeri, bengkak, dan kaku. walau alasan kenapa sistem kekebalan tubuh keliru menyerang tubuh dalam rehumatoid arthritis masih belum diketahui, tapi ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko, seperti faktor usia, hormon, genetika, lingkungan, obesitas dan kebiasaan merokok.

Bagaimana Cara Pengobatan Rheumatoid Arthritis?

Untuk menangani rehumatoid arthritis yaitu dengan mungunkan obat-obatan seprti mengunakan obat rheumatoid arthritis, terapi, olahrga teratur, dan melakukan aktivitas fisik untuk mencegah kelamahn sendi. Untuk obat anda bisa mengunkan obat lain seprti, obat NSAID, seperti naproxen dan ibuprofen karna ubat itu bisa membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan. Selain itu anda bisa melakukan terapi sperti: terapi fisik, berolahrga khusu untuk mengurangi gejala, seperti berendam dengan air panas, kompresaan panas, dan terapi whirpool.

Selain itu bagi penderita rheumatoid arthritis hanya bisa melakukan perawatan seperti mengubah pola gaya hidup. Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan yang mungkin bisa anda lakukan dirumah yang bisa membantu anda mengatasi rheumatoid arthritis:

  • Biasakan olahraga teratur. Sebulmnya anda harus konsultasikan dulu sama dokter anda untuk mengetahui olahraga yang tepat untuk anda
  • Minum obat sesuai anjuran
  • Kurangi berat badan jika berat badan anda berlebih
  • Jangan mengkonsumsi minuman berakohol berlebih
  • Selalu jaga pola makan anda

Selain itu anda bisa melakukan diet sehat untuk bisa mencegah rehumatoid arthritis. Meskipun belum ditemukan terapi yang dapat menyembuhkan rheumatoid arthritis sepenuhnya. Diet terbaik untuk rheumatoid arthritis dengan mengkonsumsi makan gizi seimbang dengan 2/3 porsi makanan disarankan berasal dari sumber nabati (sayuran dan buah) dan 1/3 sisanya dari produk susu dan sumber protein lainnya. Berikut beberapa makanan yang disinyalir dapat membantu mengurangi peradangan dan gejala pada rheumatoid arthritis:

  • Diet tinggi serat, yang berasl dari buah dan gandum, dapat mengurangi inflamasi dengan menurunkan kadar C-reactive protein dalam darah yang merupakan salah satu penanda inflamasi.
  • Deit tinggi selenium, yang banyak terkandung dalam produk gandum dan kerang-kerangan (kepiting dan tiram), membantu mengontrol inflamasi.
  • Konsumsi Omega-3 yang dapat ditemukan pada ikan air laut, seperti salmon, tuna, herring, trout dan makarel. Diduga memiliki efek mengurangi kekakuan sendi dan dapat mengurangi kekakuan sendi dan dapat mengurangi kebutuhan akan obat medis.
  • Mengkonsumsi zaitun juga dikatakan memilki efek yang hampir sama dengan obat antiinflamsi seperti ibuprofen atau aspirin. Bekerja dengan menghambat kerja enzim yang menyebabkan inflamsi.
  • Makanan yang mengandung vitamin D, seperti telue, susu, dan sereal, membantu mengatur sistem imun sehingga menngurangi resiko rheumatoid arthritis

Selain makanan yang membantu meringankan gejala, beberapa makanan yang sebaiknya dihindari:

  • Hindari makanan yang kaya akan omega-6, seperti biji bunga matahari, jagung, minyak soya, dan makanan yang digoreng, karena dapat meningkatkan resiko infalamsi.
  • Hindari makan Hamburger, daging ayam dan daging lain yang dipanggang pada temperatur tinggi atau grilled meat sebaiknya dihindari karena mengandung AGEs tinggi yang banyak ditemukan pada inflamasi.

Ada Beberapa Jenis Makanan Untuk melawan Arthritis

Meskipun belum ada bukti yang mendukung bahwa makan dapat menyembuhkan  rheumatoid arthritis, menambahkan makanan ini untuk dikonsumsi ditunjukan untuk melawan peradangan dan efektif mencegah rehumatoid arthritis.

Obat Rheumatoid Arthritis

Teh Hijau (Green Tea)

Teh hijau kaya akan polifenol dan antioksidan. Zat kimia ini signifikan untuk mengurangi perdangan dan memperlambat kerusakan tulang rawan. Antioksidan lain dalam teh hijau yang bernama epigallocatechin-3-gallte, juga disarankan untuk memblokir produksi molekul yang menyebabkan kerusakan sendi pada penderita rheumatoid arthritis.

Obat Rheumatoid Arthritis

Bawang Putih 

Ada kabar baik bagi anda yang suka mengkonsumsi bawang putih. Ternyata bawang putih dan makanan lain dari kelurga allium seperti bawang daun dan bawang dapat mengurangi gejala osteoarthritis awal. sebuah senyawa yang disebut diallyl disulfida dalam bawang putih dapat membatsi enzim tulang rawaan yang merusak sel manusia.

Obat Rheumatoid Arthritis

Ikan

Dalam penelitian terbaru menunjukan bawa asam lemak omega-3 dapat membatasi peradangan dalam tubuh da menurunkan gejal rheumatoid arthritis. Karena sejumlah besar asam lemak omega-3 ditemukan dalam beberapa jenis ikan sperti salmon, tuna, mackerel dan herring.Mengkonsumsi setidaknya 85kg iakan dua kali seminggu sangat dianjurkan.

Obat Rheumatoid Arthritis

Minyak Zaitun

Minyak zaitun akan membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada pasien penderita rheumatoid arthritis. Karna minyak zaitun memiliki sofat anti-inflamsi dari asam oleat, yang mana merupakan asam yang sama dalam steroid anti-inflamasi. Selain itu minyak zaitun juga mengandung antioksidan seperti polifenol dan asam lemak omege-3.

Obat Rheumatoid Arthritis

Brokoli

Brokoli, kembang kol, dan sayuran lainnya dapat melindungi perkembangan rheumatoid arthritis. Karena brokoli mengandung banyak vitamin K dan C, dan senyawa yang disebut sulforaphane yang memabantu mencegah atau memperlambat perkembangnya. Brokoli kaya akan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

Mungkin itu pembahasan tentanga artikel Obat Obat Rheumatoid Arthritis Dan Apa Penyebabnya Serta Bagaimana Cara Pengobatanya. Apa bila penyakit ini tak kunjung sembuh sebaiknya and periksakan ke dokter. Semoga artikel ini bisa menjadi salah satu solusi bagi anda untuk selalu menjaga kesehatanya. Apa bila artikel ini sangat bermanfaat bagi, bisa share artikel ini ke kerabat, keluarga atau ke orang-orang tersayang anda. Semoga Bermanfaat. Terimakasih. Salam Sehat.