Obat Ruam Popok Pada bayi

Obat ruam popok -, Selamat datang kami ucapkan yang tengah berkunjung di portal kesehatan online www.jamuobat.com. Apakah salah satu dari pada Anda kini tengah mencari informasi terkait pengobatan alami ruam popok pada bayi? Jika iya, kini Anda berada di website yang tepat. Lalu, sebenarnya apa itu ruam popok?

obat ruam popok

Ruam popok adalah salah satu jenis penyakit kulit yang terjadi pada bayi. Meski begitu, kondisi ini juga tidak menutup kemungkinan di alami oleh anak, dewasa bahkan lasia. Adapun kondisi ruam popok pada bayi, umumnya menjadi pertanda bahwa sang orang tua kurang cekatan dalam merawat kebersihan kulit anaknya.

Gejala ruam popok khususnya yang terjadi pada bayi, sering kali ditandai dengan munculnya ruam merah hingga luka melepuh di sekitar area dimana popok dipasang. Adapun area tersebut meliputi pantat, organ keintiman dan juga paha bagian atas.

Apa penyebab ruam popok pada bayi?

Pada dasarnya, penyebab utama ruam popok ialah penggunaan popok kotor yang terlalu lama. Dan endapan kotoran dalam popok itulah (baik feses atau urin) dapat mengiritasi kulit bayi. Adapun selain dari pada itu, berikut adalah pemicu ruam popok lainnya.

  • Infeksi bakteri atau jamur
  • Alergi terhadap makanan (pada bayi yang telah dikenalkan dengan makanan padat)
  • Gangguan pencernaan
  • Kulit bayi yang tidak cocok dengan bahan popoknya
  • Popok bayi yang terlalu ketat atau kekecilan.
  • Popok yang kurang bersih saat di cuci.
  • Efek samaping dari antibiotik yang di konsumsi bayi atau ibu menyusui
  • Kulit bayi yang kurang sensitif
  • Cara yang salah salam mengeringkan kulit bayi
  • Bertambahnya usia bayi
  • Tidur dengan popok kotor
  • Bayi mengalami diare

Meski kondisi ini terbilang normal, namun kondisi ini tetap perlu penanganan secara intensif. Karena jika tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan infeksi jamur atau bakteri, sehingga kondisi kulit akan menjadi semakin parah.

Obat ruam popok alami pada bayi karena jamur dan bakteri secara alami

Tak hanya memlulu menggunakan salep yang harus Anda beli di apotik, berikut terdapat beberapa bahan alami rumahan yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat ruam popok pada bayi. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Cuka

Alkalin adalah salah satu sifat dari air urin yang mengendap dalam popok, yang mana menyebabkan iritasi pada kukuli bayi layaknya sifat asam. Maka dari itu, untuk menyeimbangkan pH kulit ini, maka Anda bisa menggunakan cuka.

Untuk cara penggunaan, Anda bisa menggunakan popok kain yang bisa dipakai dan di cuci ulang, maka bilaslah dengan larutan cuka. Atau, Anda juga menambahkan 1 sdt cuka putih ke dalam secangkir air. Kemudian Anda bisa menggunakan larutan ini untuk menyeka bayi ketika sedang mengganti popok.

2. Tepung jagung

Obat ruam popok alami selanjutnya adalah tepung jagung. Maizena atau yang sering disebut dengan tepung jagung ini juga dipercaya mampu menyerap kelembaban berlebih diarea popok sehingga kulit bayi tetap kering, tidak mudah teriritasi serta bebas dari ruam popok. Untuk penggunaannya, bisa langsung Anda taburkan sedikit tepung jagung pada diatas kulit sebelum menggunakan popok baru.

Meski begitu, beberapa ahli mengklaim, bahwasannya proosukini tidak aman. Hal tersebut mengingat tekstur tepung yang sama seperti bedak bayi yang bisa saja terhirup oleh si kecil. Bahkan menurut mereka penggunaan bahan alami ini malah dapat memicu berkembangnya jamur candida. Untuk itu, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memakainya untuk pengobatan masalah kulit ini.

3. Oatmeal

Bahan alami yang satu ini diketahui mengandung protein yang cukup tinggi yang dapat menenangkan dan melindungi kulit lembut buah hati. Selain dari pada itu, menu sarapan pagi ini juga mengndung saponin dan komponen kimia lainnya yang diketahui mampu menghilangkan kelebihan minyak serta kotoran pada pori-pori kulit.

Adapun untuk cara pemakaian outmeal untuk mengatasi ruam popok bisa dilakukan dengan menambahkan 1 sdm oatmeal kering ke air manid. Setelah itu, rendam tubuh bayi dalam air tersebut sekutar 10 menit. Kemudian mandikan bayi dengan air tadi untuk menenangkan kulitnya. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari hingga ruam popoknya sembuh.

4. Minyak kelapa

Obat ruam popok tradisional ini diketahui mengandung anti jamur fdan anti kuman, yang mana baik dalam mengatasi penyebab ruam popok. Selain dari pada itu, manfaat minyak kelapa kuga bisa melembutkan serta melembabkan kulit bayi secara alami.

Adapun untuk cara pemakaiannya, cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada daerah yang dipasangi popok beberapa kali sehari. Anda juga menambhakannya pada beberapa sdm minyak kelapa ke dalam air mandi bayi untuk melembabkan kulitnya. Cara ini juga bisa membunuh ragi seperti candida yang mana merupakan salah satu penyebab munculnya ruam popok.

5. Shea butter

Tak hanya dapat melembabkan kulit secara alami, shea butter juga ternyata memiliki sifat antiradang, antijamur dan antiragi. Kandungan lemaknya juga mampu meningkatkan sirkulasi, membantu regenerasi sel juga membantu menyembuhkan ruam dengan cepat.

Adapun untuk cara pemakaiannya. And bisa bersihkan terlebih dahulu pantat bayi dengan sabun lembut dan air hangat. kemudian keringkan. Setelah itu, gosok shea butter secara perlahan ke pantata dan sekitarnya hingga meleleh. Kemudian, tekan tangan ke area yang terinfeksi dan gosokan shea butter pada daerah tersebut. Diamkan selama beberapa menit, kemudian baru pakaikan pada buah hati Anda.

6. ASI

Tak hanya dapat menangkal infeksi, Air susu ibu juga ternyata mampu menghaluskan kulit bayi. Adapun untuk cara menggunakan obat ruam popok bayi tanpa efek samping ini adalah dengan menggosokan beberapa eets ASI pada area yang terinfeksi sesering mungkin dan angin-anginkan hingga kering sebelum memakaikan popok baru.

7. Baking soda

Bahan alami yang satu ini juga ternyata mengandung agen penyembuh yang juga bisa mengobati ruam popok secara alami. Adapun untuk cara penggunaannya bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut:

  • Larutkan 2 sdm baking soda ke dalam 4 cangkir air. Nantinya, seriap Anda akan mengganti popok si buah hati, maka cuci pantat bayi memakai larutan ini. Gunakan pula handuk kering untuk mengeringkan pantat bayi dengan menepuknya pelan sebelum memakaikan popok yang baru.
  • Selain itu, Anda juga bisa menambahkan 2 sdm baking soda le dalam bak mandi berisi air hangat, dan mandikan buah hati Anda dengan air tersebut. Lakukan cara ini selama 10 menit, 3 kali sehari dan tepuk pelan kulit bayi saat mengeringkannya.

Nah, itulah berbagai obat ruam popok alami pada bayi yang bisa Anda manfaatkan dari bahan alami. Namun, apabila mulai muncul luka melepuh diarea yang didaerah yang dipakaikan popok, demam, kulit kemerahan, bengkak diarea popok, keluar nanah dari area yang dipasangi popok hingga ruam yang tak kunjung hilang atau semakin memburuk maka sebaiknya periksakan ke dokter sesegera mungkin, Salam sehat!